REVIEW: Triumph Scrambler 1200 XE, Most Badass Scrambler

JAKARTA, 26 Februari 2019 -- SCRAMBLER menurut Oxford Dictionaries berarti A motorcycle for racing over rough and hilly ground’. Sepeda motor yang digunakan untuk balapan di jalur kasar dan perbukitan. Dari namanya jelas jika Scrambler adalah motor yang mengkombinasikan kemampuan adventure dengan scrambler style. Triumph Motorcycles -- lewat PT Garda Andalan Selaras (GAS) sebagai authorized dealer Triumph di Indonesia -- punya andalan baru dengan menghadirkan Triumph Scrambler 1200 XE di Indonesia. Acara peluncuran dilangsungkan di dealer PT GAS Jl. Kemang Raya No.19, Jakarta Selatan, Minggu (24/2/2019) kemarin. Tampangnya ganteng banget, bandel, dan siap diajak ke jalan model apa saja. Tapi yang bikin saya ngiler adalah bagian mesinnya. Scrambler 1200 XE mengusung mesin 1.200 cc High-Power paralel-twin yang khusus disetel untuk off-road. Mesin ini milik Triumph Thruxton yang sudah dituning ulang, serta dibarengi dengan firing order pembakaran serta crankshaft  270 derajat yang juga digunakan oleh T120 Bonneville anyar. Hasilnya, mesin ini menggelontorkan tenaga 90 hp pada 7.400 rpm dan torsi 110 Nm pada 3.950 rpm menjadikan motor ini sangat asik diajak kemana saja.
Cobalt Blue / Jet Black
Triumph mengatakan mesin telah disetel untuk rentang rendah dan menengah yang kuat dan sementara gigi-gigi internal pada gearbox enam kecepatan tetap sama, rasio final drive-nya telah dimodifikasi. Slip dan assist clutch lebih mudah dikontrol untuk kondisi lalu lintas padat di perkotaan. Yudi Yulianto, Direktur PT GAS mengatakan tenaga yang dihasilkan mesin Triumph Scrambler 1200 ini 12,5% lebih besar daripada motor retro Bonneville T120 dan torsinya bahkan 38% lebih banyak dibandingkan 900 cc 2019 Street Scrambler. Mudah-mudahan saya bisa mendapat kesempatan menjajalnya dan merasakan beda performanya dengan Triump Bobber yang juga bermesin 1200 cc. Untuk mengantisipasi tenaga besarnya, Triumph memasang kaliper Brembo Monobloc M50 pada cakram dengan disc 320 mm kembar di bagian depan. Sementara single Brembro piston ganda yang menjepit cakram 255 mm menjadi andalan di bagian belakang. Monobloc M50 adalah rem utama Brembo dan digunakan pada Triumph Street Triple 765 RS. Triumph Scrambler XE juga meningkatkan standar perlengkapan. Riding mode untuk tipe XE berjumlah 6 yaitu Road, Rain, Off-road, Sport, termasuk Pro Off-road yang mematikan ABS dan kontrol traksi. Kemudian ada Optimized Cornering ABS dan Cornering Traction Control. Pencahayaan lampu utama sudah menggunakan LED, termasuk DRL LED dan sakelar instrumen back-lit LED. Paket elektronik pada Scrambler 1200 cukup lengkap. Sebagai permulaan, ada layar TFT generasi kedua yang dilengkapi beberapa fitur unik. Pertama sistem kontrol GoPro yang terintegrasi dengan sepeda motor. Triumph mengklaim terobosan ini menjadi yang pertama kali di dunia. Dikembangkan bersama dengan GoPro, fitur keren ini yang memungkinkan Anda mengontrol beberapa fungsi kamera aksi GoPro. Selain itu, tersedia pula fitur navigasi hasil kerjasama dengan Google Maps, dan Bluetooth. Kenyamanan pengendara meliputi keyless ignition, USB port di bawah kursi dan cruise control. Turn-by-turn navigation disediakan oleh Google dan menjadi yang pertama di dunia bagi sepeda motor, yang diaktifkan dengan modul Bluetooth opsional dan menghubungkan ponsel pintar pengendara melalui aplikasi Triumph. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk operasi telepon dan musik terintegrasi dan kontrol kamera GoPro, yang pertama di dunia. Suspensi untuk Triumph Scrambler 1200 XE ini merupakan kolaborasi dengan spesialis suspensi Swedia Ohlins untuk belakang serta dan Showa berkelir emas untuk garpu depan. Penasaran, saya mencoba duduk di jok Scrambler 1200 ini. Sangat tinggi bahkan saya dengan tinggi 171 cm saja, kaki harus jinjit. Dalam spesifikasi disebutkan jika jok motor berada di ketinggian 870 mm atau lebih tinggi dari Tiger 800 XC yang pernah saya coba beberapa kali. Posisi tinggi karena Scrambler 1200 XE menggunakan shock twin spring Ohlins, tidak seperti Tiger 800 yang menggunakan model monoshock. Plus, Scrambler 1200 XE menggunakan roda jari-jari 36 palang berukuran 21-inci di depan dan 32-spoke 17-inci di belakang. Velg ini ukurannya seperti Triumph Tiger. Velg dibalut ban tubeless Metzeler Tourance.
Fusion White / Brooklands Green
Satu lagi, ketika mencoba menggerakkan motor ini maju mundur terasa cukup berat. Bobot Scrambler 1200 disebutkan sekitar 230 kg, lebih berat dari Tiger 800. PT GAS membawa Scrambler 1200 XE dari Thailand. Ada dua pilihan warna Fusion White / Brooklands Green dan Cobalt Blue / Jet Black. Sedangkan harga dibanderol Rp 545 juta (off the road Jakarta). Mahal? Nggak juga sih. Buktinya 5 unit yang masuk di term pertama sudah ada pemiliknya. Yudi Yulianto mengatakan pada term kedua aka nada lagi beberapa unit dan itupun sudah ada pemesannya. [gallery columns="4" td_select_gallery_slide="slide" ids="35003,34999,35000,34986,35002,34989,34990,34991,35001,34988,34993,34994,34992,34996,34998,34995,34997,34987,34977,34976"> RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Can-Am Rilis 2 Motor Listrik Premium di Indonesia, Harga Rp400 Jutaan
    Can-Am Rilis 2 Motor Listrik Premium di Indonesia, Harga Rp400 Jutaan
    Bangkit Jaya Putra . 03 Mei, 2025
  • Rayakan 79 Tahun Vespa, Piaggio Indonesia Tawarkan Promo Hingga Rp15 Juta
    Rayakan 79 Tahun Vespa, Piaggio Indonesia Tawarkan Promo Hingga Rp15 Juta
    Zenuar Yoga . 03 Mei, 2025
  • Deret Motor Listrik yang Bisa Dicoba di PEVS 2025
    Deret Motor Listrik yang Bisa Dicoba di PEVS 2025
    Zenuar Yoga . 02 Mei, 2025
  • United E-Motor Serah Terima MX1200 Edisi Khusus ke Ojol, Sekali Cas 180 Km
    United E-Motor Serah Terima MX1200 Edisi Khusus ke Ojol, Sekali Cas 180 Km
    Bangkit Jaya Putra . 02 Mei, 2025
  • Beli Maka Motors di PEVS 2025 Ada Cashback Rp2 Juta
    Beli Maka Motors di PEVS 2025 Ada Cashback Rp2 Juta
    Zenuar Yoga . 02 Mei, 2025
  • Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2025
  • Ketahui Harga Promo CFMoto Papio XO-2 dan Detail Spesifikasinya
    Ketahui Harga Promo CFMoto Papio XO-2 dan Detail Spesifikasinya
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2025
  • 8 Fitur Unggulan Yamaha Gear Ultima yang Layak Dipertimbangkan
    8 Fitur Unggulan Yamaha Gear Ultima yang Layak Dipertimbangkan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2025
  • WMoto Swiftbee 125 cc Desainnya Menarik! Harga Lebih Murah dari Scoopy
    WMoto Swiftbee 125 cc Desainnya Menarik! Harga Lebih Murah dari Scoopy
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025