REVIEW: Yuk Kenali Fitur Unggulan Honda Genio

honda genio
JAKARTA, Motovaganza.com – Kehadiran Honda Genio membuat PT Astra Honda Motor (AHM) kini punya model lengkap di segmen skutik 110 cc. Meski datang belakangan, model siap mengkuti langkah Honda BeAT atau Scoopy. Genio punya modal yang cukup menjanjikan. Sebagai contoh desain yang lain dari skutik Honda kebanyakan. Bentukan tubuh melengkungnya tentu tak bisa disamakan dengan Scoopy, karena desain Genio dipercaya merujuk kepada konsep Project G yang dipamerkan pada IMOS 2018. Pendaran lampu utama LED hadir dengan desain modern. Namun fitur tersebut tidak diikuti dengan lampu rem dan sein yang masih berupa bohlam. Suguhan paling menarik justru merujuk pada tampilan panel meter. Bagian ini berbentuk bulat dengan sajian informasi full digital. Ragam data dasar ditampilkan, mulai dari spidometer, odometer, hingga fuel meter. Satu lagi, ada Eco Indicator sebagai pemandu berkendara irit. Dari layar bulat tadi pula Anda dapat melihat kinerja perangkat Idling Stop System (ISS). Memang untuk menggunakannya, Anda mesti membeli unit tertinggi (Genio CBS-ISS). Jika tombol ISS di setang sebelah kanan aktif (On), maka mesin bakal mati otomatis saat idle 3-5 detik. Fitur ini pula yang diklaim menyokong efisiensi Genio. Seperti dituliskan, konsumsi BBM Honda Genio mencapai 59,1 km/liter. Berdasarkan pengujian ECE R40, skutik ini dapat berjalan sejauh 248 km dengan kondisi tangki full tank (4,2 liter). Untuk Genio CBS memang tak punya itu. Namun versi ini juga sudah mengaplikasi sistem pengereman CBS alias Combi Brake System. Cukup membantu, pasalnya pengendara dapat mengoperasikan kedua rem secara simultan hanya dengan satu tuas rem saja. Saat menekan tuas rem kiri, rem belakang akan bekerja dan diikuti kemudian oleh rem depan. Sebagai perangkat tambahan, disematkan pula brake lock berukuran lumayan besar. Dengan begitu, mudah dijangkau oleh jari. Untk penyimpanan, ada bagasi bermuatan total 14 liter. Untuk mengakses, Genio menyediakan tombol pembuka jok yang berdampingan dengan sistem kunci berpengaman magnet. Di situ juga tersedia power outlet untuk mengisi daya gawai. Jangan lupa sediakan konektor tambahan. Baca juga: Test Ride Honda Genio, Motor Harian yang Gesit

Sasis Baru

Itulah fitur yang Anda dapatkan dengan membeli skutik Rp 17,86 juta (CBS) dan Rp 18,15 juta (CBS-ISS). Menilik banderolnya, Genio sengaja menempati ruang antara Honda Beat dan Scoopy. Genio justru merupakan pionir dari skutik terkini Honda. Dialah skutik pertama sayap kepak yang mengaplikasi sasis berbahan baja. Pembentukannya dilakukan oleh alat tempa, lantas menyatukan antar bagian dengan sistem laser welding. Alhasil lahirlah rangka eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame). Keunggulannya, sasis Genio punya bobot yang ringan (11 kg). Sekaligus berdampak positif terhadap kemudahan pengendalian. Namun tetap stabil dan kuat. Kebaruan juga menyasar pada sektor jantung mekanik, Honda Genio lebih kompak. AHM meyakini dengan bentuk demikian (lebih kecil), kinerja mesin semakin optimal. Bila dibandingkan Honda Beat lama, berat blok mesin Genio lebih enteng 10 persen. Lalu langkah piston lebih panjang dan kompresi tinggi hingga penggunaan belt jenis W-Cog. Baca juga: KOMPARASI: Honda BeAT CBS ISS Deluxe Vs Genio CBS, Pilih Mana?

Tenaga

Berkat kombinasi dua modal utama tersebut, Honda Genio mampu menorehkan daya 8,8 Hp/7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm pada putaran 5.500 rpm. Akselerasinya dari 0-200 meter, dicapai dalam waktu 12,4 detik dan kecepatan maksimal tercatat yaitu 94 km/jam. Catatan ini dalam dibuat berkat bobot tubuh keseluruhan Genio yang terbilang ringan, 89 kg (tipe CBS) dan 90 kg untuk Genio CBS-ISS. Wajar bila dampak positif itu (penggunaan rangka eSAF dan mesin kompak) ingin ditularkan AHM terhadap skutik Honda lainnya. Hal sudah diperlihatkan melalui transformasi All New Honda Beat yang diluncurkan beberapa waktu lalu. Bukan tidak mungkin juga dilakukan terhadap Honda Scoopy. Kita tunggu saja. Baca juga: Kenali Fitur Honda Genio Beserta Perannya bagi Kelangsungan Beat dan Scoopy ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Maxi Yamaha Day 2025 "Ride A Decade" Dimulai: Kudus Jadi Kota Pembuka
    Maxi Yamaha Day 2025 "Ride A Decade" Dimulai: Kudus Jadi Kota Pembuka
    Zenuar Yoga . 23 Jun, 2025
  • Honda Pamerkan 8 Zona Motor dan Promo Spesial di Jakarta Fair 2025
    Honda Pamerkan 8 Zona Motor dan Promo Spesial di Jakarta Fair 2025
    Zenuar Yoga . 23 Jun, 2025
  • Kawasaki Indonesia Luncurkan KLX230 Sherpa, Ini Spesifikasinya
    Kawasaki Indonesia Luncurkan KLX230 Sherpa, Ini Spesifikasinya
    Zenuar Yoga . 23 Jun, 2025
  • MotoGP Italia 2025: Duel Sengit Marquez Bersaudara, Diggia Curi Podium!
    MotoGP Italia 2025: Duel Sengit Marquez Bersaudara, Diggia Curi Podium!
    Zenuar Yoga . 23 Jun, 2025
  • Dua Pembalap Muda Astra Honda Kibarkan Merah Putih di Kancah Balap Internasional
    Dua Pembalap Muda Astra Honda Kibarkan Merah Putih di Kancah Balap Internasional
    Zenuar Yoga . 23 Jun, 2025
  • Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 10 Jun, 2025
  • Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Zenuar Yoga . 09 Jun, 2025
  • 5 Hal Kenapa Yamaha Gear Ultima Menarik Dijadikan Skutik Cari Cuan
    5 Hal Kenapa Yamaha Gear Ultima Menarik Dijadikan Skutik Cari Cuan
    Bangkit Jaya Putra . 27 Mei, 2025
  • New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
    New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 15 Mei, 2025
  • Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Zenuar Yoga . 14 Mei, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025