Rossi Tak Butuh Motor Kencang! Lalu Dia Butuh Apa?

rossi
JEREZ, 26 November 2019 - Entah apa yang terjadi dengan Valentino Rossi. Pembalap bergelar The Doctor ini seolah kehilangan daya sihir yang dimilikinya bertahun-tahun. Ini terlihat saat sesi tes MotoGP di Circuito de Jerez-Angel Nieto. Mengendarai YZR-M1 setengah jam selepas Vinales, Rossi seolah belum menemukan cara yang paling tepat untuk meningkatkan performa miliknya. Melakukan 64 putaran, dia menorehkan waktu 1 menit 38,759 detik. Catatan waktu itu berarti dia terpaut 1,6 detik dari Maverick Vinales rekan satu timnya di posisi pertama. Rossi menguji paket yang sama dengan ia tes di Valencia minggu lalu. Walaupun Rossi menyebut versi awal M1 2020 mengalami peningkatan, ia terus meminta Yamaha menyempurnakannya saat libur musim dingin.
Maverick tak terlihat kesulitan
Sedikit kilas balik, Rossi kesulitan sepanjang musim kompetisi 2019 karena merasa motornya kurang cepat. Dia juga merasa grip ban belakangnya mudah memudar. Hasilnya dia tidak mampu mempertontonkan kemampuan maksimal. Akan tetapi di sisi lain, Viñales dan Quartararo tidak mengalami hal itu. Tak heran jika Rossi menekankan perlunya para insinyur di Iwata membuat mesin yang mampu mengalirkan tenaga dengan baik. "Tidak susah membuat mesin yang lebih cepat, masalahnya adalah pengiriman daya yang baik," sebutnya. Pada hari Selasa pagi waktu setempat, para pembalap kembali melakukan pengetesan di Jerez. Di sesi kedua ini Marc Marquez menunjukkan kekuatan Honda. Dia menempati posisi 1. Duo Suzuki (Rins dan Mir) menempati posisi tercepat kedua dan ketiga. Pembalap Yamaha lainnya seperti Vinales, Quartararo, dan Morbidelli, masing-masing di tempat keempat, lima, dan tujuh. Sementara Rossi membukukan waktu tercepat ke-10. Ini lebih bagus dari sesi tes pertama ketika Rossi hanya berada di posisi tercepat ke-14. REZA ERLANGGA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Touring Berubah Jadi Misi Kemanusiaan, DOCI Salurkan Bantuan Donasi untuk Sumatra
    Touring Berubah Jadi Misi Kemanusiaan, DOCI Salurkan Bantuan Donasi untuk Sumatra
    Anindiyo Pradhono . 05 Des, 2025
  • Detail Perbedaan Varian All New Vario 125, Street Jadi yang Termahal
    Detail Perbedaan Varian All New Vario 125, Street Jadi yang Termahal
    Setyo Adi Nugroho . 02 Des, 2025
  • Honda Vario 125 Street Baru Meluncur, Bisa Dicicil Semurah Ini
    Honda Vario 125 Street Baru Meluncur, Bisa Dicicil Semurah Ini
    Anjar Leksana . 01 Des, 2025
  • Touring Editor on Wheels Vol 2: Yamaha Ajak Pemimpin Redaksi Eksplor Jalur Ikonik Jawa Tengah
    Touring Editor on Wheels Vol 2: Yamaha Ajak Pemimpin Redaksi Eksplor Jalur Ikonik Jawa Tengah
    Zenuar Yoga . 01 Des, 2025
  • Alva Telah Menjual 10.000 Unit, Pengiriman Spesial Dirayakan di Surabaya
    Alva Telah Menjual 10.000 Unit, Pengiriman Spesial Dirayakan di Surabaya
    Zenuar Yoga . 01 Des, 2025
  • Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Zenuar Yoga . 14 Nov, 2025
  • Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride All New Honda Vario 125 Street: Handling Lebih Enak dan Rileks
    Test Ride All New Honda Vario 125 Street: Handling Lebih Enak dan Rileks
    Ardiantomi . 04 Des, 2025
  • First Ride All New Honda Vario 125: Tawaran Agilitas dari Bobot Mesin yang Lebih Ringan
    First Ride All New Honda Vario 125: Tawaran Agilitas dari Bobot Mesin yang Lebih Ringan
    Setyo Adi Nugroho . 02 Des, 2025
  • First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
    First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
    Zenuar Yoga . 10 Nov, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025