Royal Enfield Tour of Indonesia Beraksi di Erupsi Bromo

Jakarta, 26 Maret 2019 - Etape keempat menjadi salah satu agenda paling ditunggu dalam perjalanan Royal Enfield Tour of Indonesia yang digelar mulai 18-23 Maret silam. Mengapa? Karena pada etape ini, peserta diajak menikmati jalur dari kota Batu, Malang, melintasi Gunung Bromo sebelum finish di Hotel Utama Raya, Paiton, Situbondo Jawa Timur. Gunung Bromo (dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama dalam agama Hindu) atau dalam bahasa Tengger dieja "Brama", adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia. Gunung dengan ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut ini, terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur. Tentu amat menyenangkan sekaligus menantang melakukan kegiatan bermotor di atas hamparan lautan pasir gunung Bromo yang telah lama menjadi magnet para pemotor. Selepas melakukan persiapan dan sarapan, rombongan Royal Enfield Tour of Indonesia yang dipandu oleh Royal Riders Jawa Timur, mulai bergerak keluar kota Batu, Malang. Perjalananan yang sebelumnya terasa monoton, berubah menjadi tantangan penuh adrenalin ketika kami dihadapkan dengan tanjakan terjal dan turunan tajam di jalur Pananjakan sebelum tiba di Bromo. Motovaganza yang menjajal Royal Enfield Himalayan tidak merasa kesulitan menaklukkan jalur Pananjakan Bromo itu. Himalayan yang mengusung mesin baru berkode LS410, berkapasitas 411 cc, SOHC, air cooled, fuel injection dengan bore 78 mm dan stroke 86 mm, menghasilkan tenaga maksimal 24,8 hp di 6.500 rpm dan torsi 32 mm pada 4.250 rpm. Limpahan tenaga dan torsi itu menjadikannya perkasa di tanjakan. Tak terasa Himalayan yang Motovaganza kendarai sampai di lautan pasir Gunung Bromo. Rupanya, gunung berapi aktif tersebut sedang erupsi namun masih aman bagi wisatawan. Waktunya menjajal Himalayan di pasir Gunung Bromo. Motor kami larikan pada kecepatan 40-80 km perjam di atas pasir keras. Aplikasi rangka half-duplex split cradle didukung suspensi depan teleskopik berdiameter 41 mm dengan jarak main 200 mm, dan suspensi monoshock di belakang meredam getaran dengan baik. Masih di atas trek tanah, roda depan berdiameter 21 inci dibalut ban Pirelli MT60 menapak sangat baik di pasir Bromo. Motor ini juga mudah dikendalikan di atas medan berpasir. Bicara soal kaki-kaki, travel suspensi depan RE sepanjang 220 mm (kurang 75 mm dari CRF250 Rally, namun lebih panjang BMW GS310). Travel suspensi belakang sepanjang 180 mm mampu menyerap benturan dengan baik. Kekurangan menurut saya adalah pada peredaman shock belakang yang diatur sangat lembut. Kekurangan lainnya adalah pada resposivitas mesin berkapasitas 411 cc milik Himalayan. Kelebihannya, mesin long stroke miliknya mampu menaklukkan jalanan menanjak dan trek pasir tanpa kesulitan. Mesin ini dilengkapi transmisi 5 kecepatan dengan gear rasio rapat. Alhasil, tidak perlu sering-sering memindahkan transmisi karena nafasnya cukup panjang. Overall, kami puas dengan kinerja Himalayan di atas trek pasir Bromo. Setelahnya, rombongan Royal Enfield Tour of Indonesia melanjutkan perjalanan menuju Hotel Utama Raya untuk beristirahat. Keesokan hari, Tour Of Indonesia akan melanjutkan perjalanan ke Pulau Dewata Bali. MOTOVAGANZA  

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Perkuat Standar Layanan Premium, PT Piaggio Indonesia Gelar AFS Competition 2025
    Perkuat Standar Layanan Premium, PT Piaggio Indonesia Gelar AFS Competition 2025
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2025
  • Grand Final CustoMaxi Yamaha 2025 Resmi Ditutup, Xmax Beremblem Emas 18 Karat Dinobatkan The King of Maxi
    Grand Final CustoMaxi Yamaha 2025 Resmi Ditutup, Xmax Beremblem Emas 18 Karat Dinobatkan The King of Maxi
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2025
  • Yamaha Rev Festival 2025 Jadi Magnet Akhir Tahun Sekaligus Rayakan 1 Dekade Maxi Yamaha
    Yamaha Rev Festival 2025 Jadi Magnet Akhir Tahun Sekaligus Rayakan 1 Dekade Maxi Yamaha
    Zenuar Yoga . 22 Des, 2025
  • Feders Gathering 2025 Jakarta Jadi Puncak Komitmen Federal Oil Dukung Kenyamanan Berkendara
    Feders Gathering 2025 Jakarta Jadi Puncak Komitmen Federal Oil Dukung Kenyamanan Berkendara
    Zenuar Yoga . 22 Des, 2025
  • Yamaha Tegaskan Pentingnya Servis di Bengkel Resmi dan Penggunaan Genuine Part
    Yamaha Tegaskan Pentingnya Servis di Bengkel Resmi dan Penggunaan Genuine Part
    Zenuar Yoga . 19 Des, 2025
  • Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Zenuar Yoga . 14 Nov, 2025
  • Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride All New Honda Vario 125 Street: Handling Lebih Enak dan Rileks
    Test Ride All New Honda Vario 125 Street: Handling Lebih Enak dan Rileks
    Ardiantomi . 04 Des, 2025
  • First Ride All New Honda Vario 125: Tawaran Agilitas dari Bobot Mesin yang Lebih Ringan
    First Ride All New Honda Vario 125: Tawaran Agilitas dari Bobot Mesin yang Lebih Ringan
    Setyo Adi Nugroho . 02 Des, 2025
  • First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
    First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
    Zenuar Yoga . 10 Nov, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025