Separuh Penjualan Toyota di Indonesia Sepanjang 2022 Berjenis MPV

test drive toyota avanza

 

KEY TAKEAWAYS

  • Avanza lagi-lagi mendominasi

    Jika digabung dengan Veloz, terjual 92.641 unit
  • Kinerja bisnis Toyota Astra Motor masih menancap sebagai penguasa pasar 2022. Mereka puas, mengumpulkan volume penjualan wholesales 331.410 unit. Performa terungkit 12,1 persen dari 2021 yang cuma 295.000 unit. Separuh lebih didominasi MPV. Dengan hasil terbaru, perusahaan menggenggam pasar 31,6 persen. Menurut TAM, pertumbuhan ini dipengaruhi pulihnya perekonomian nasional. Termasuk peningkatan daya beli masyarakat.

    “Sejalan dengan pemulihan ekonomi nasional dan peningkatan daya beli masyarakat. Ini memberikan dampak positif terhadap kinerja penjualan industri otomotif, termasuk Toyota. Kami bersyukur hingga saat ini masih bisa berjalan selaras dengan market. Serta mempertahankan tren positif pertumbuhan penjualan sepanjang 2022 mencapai lebih dari 331.000 unit. Kami berharap, tren ini akan terus berjalan ke arah positif. Sehingga Toyota berkontribusi meningkatkan perekonomian, sekaligus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan,” ungkap Henry Tanoto, Vice President Toyota Astra Motor (TAM).

    Jika dibedah lebih detail. Penjualan Toyota 2022 didominasi MPV sebesar 57,6 persen. Beberapa lini produk MPV & SUV Toyota seperti Avanza, Kijang Innova & Kijang Innova Zenix, serta Rush masih menjadi pilihan utama. Bahkan sebagai tiga mobil paling laku dari Toyota.

    Baca Juga: Beda Toyota Kijang Innova Zenix G CVT dengan G Hybrid Cuma Rp39 Juta, Ambil Mana?

    toyota veloz handling

    Hal ini tercermin dari angka penjualan Avanza berhasil mencapai 60.619 unit, meningkat 49 persen. Bila digabung dengan Veloz, angkanya mencapai 92.641 unit.

    Mobil legendaris keluarga Indonesia, Kijang Innova yang baru saja memiliki generasi menjadi Innova Zenix, berhasil mencatatkan penjualan total 46.933 unit. Jika digabung, total penjualan segmen MPV Toyota menguasai lebih dari 52 persen market MPV nasional. Kendaraan elektrifikasi juga menunjukkan tren baik. Total penjualannya secara wholesales telah melebihi 4.463 unit. Naik sangat signifikan 130 persen dari tahun sebelumnya 1.935 unit. Untuk model dari brand Gazoo Racing. Komposisi penjualan rata-rata mencapai hampir 72 persen.

    "Penjualan Toyota tahun ini masih didominasi oleh model-model MPV. Menyumbang lebih dari 50 persen total penjualan 2022 sebanyak 191.010 unit, naik 21 persen dari 2021. Angka penjualan sepanjang tahun lalu cukup merefleksikan kultur masyarakat Indonesia yang mengarah ke sana ya. Kemampuan akomodasi barang dan orang dari model MPV yang optimal menjadi favorit masyarakat. Kendaraan elektrifikasi juga mengalami peningkatan cukup signifikan tahun lalu. Apalagi dengan kehadiran Kijang Innova Zenix Hybrid. Hasil ini tentu akan menjadi basis bagi Toyota dalam melakukan pengembangan teknologi. Yakni selaras dengan kebutuhan mobilitas masyarakat serta lebih ramah lingkungan,” imbuh Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Cegah Produk Palsu, Oli Toyota Kini Punya Fitur QR Code Anticounterfeit

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Toyota Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Toyota dari Carvaganza

    Artikel Mobil Toyota dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test