Simak Beda Suspensi Ohlins NMax Lama dan Baru

JAKARTA, Motovaganza.com – Ohlins sudah menyiapkan shock baru untuk All New Yamaha NMax generasi anyar. Memang Anda masih harus sedikit bersabar. Diproduksi di Thailand, peredam ini diperkirakan akan masuk ke Indonesia sekitar Juni-Juli mendatang. Penampakan produk terbaru ini sudah dimunculkan melalui website Yamaha Thailand. Unit ini hadir sebagai opsi untuk All New Yamaha NMax, yang sudah meluncur di negeri itu. Menariknya terdapat perbedaan signifikan dengan produk eksis. Peredam kejut Ohlins baru ini punya desain yang tak sama dibanding versi lama. Di mana saja perbedaannya? Bagi Anda pemilik NMax generasi pertama, pasti akrab dengan suspensi belakang Ohlins yang menggunakan tabung bawah. Perangkat ini berisikan balon untuk mengatur aliran oli agar naik-turunnya suspensi menjadi lebih lambat. Dengan begitu, roda belakang NMax mendapatkan cengkeraman ke aspal lebih baik. Alhasil berdampak positif terhadap handling dan stabilitas, terutama di tikungan. Item itu sebenarnya juga dapat ditemui pada produk terbaru Ohlins. Hanya saja sekarang peletakan tabung alias subtank berada di bagian atas. Fungsinya pun sama untuk pengendara dan tak ubahnya dengan penampilan suspensi bawaan All New NMax.

Tipe Spring

Perbedaan selanjutnya terletak pada jenis spring atau per. Jika menilik dari tampilan pada website Yamaha Thailand, sok Ohlins anyar memakai per linear. Kentara dengan pola jarak antar per yang sama dari atas sampai bawah. Meskipun pasar Indonesia tampak bakal punya spek berbeda. Terlebih melihat detail yang dibocorkan pihak Ohlins Indonesia kepada kami. Jelas sekali mereka memilih per progresif. Yakni tipe dengan desain per rapat di atas dan renggang pada bagian bawah. Lantas diperkuat lagi dengan informasi spring rate-nya. Dari data yang diberikan, terdapat dua ukuran terkait kekakuan per baru ini yaitu rentang 14-21 N/mm dan 16-25 N/mm. Kendati begitu, kami pikir mereka bakal menerapkan spring rate pertama (14-21 N/mm). Terlebih jika mengacu kepada data yang dipakai sok Ohlins lama dengan ukuran 14-16 N/mm. Sama-sama punya batas terbawah 14 N/mm, namun sok baru paling baru ini memiliki batas atas lebih besar. Dapat diartikan, lebih empuk ketimbang model yang ada sekarang. Baca juga: Ohlins Yamaha NMax dengan Tabung Atas, Lebih Empuk dan Murah

Dimensi dan Jarak Main

Shock belakang Ohlins di pasaran sekarang ini berukuran 335 mm dengan diameter piston 36 mm. Rancang bangun demikian dibuat sebagai toleransi dari suspensi NMax lawas keluaran pabrikan yang memiliki ketinggian 333,9 mm. Sementara peredam kejut All New NMax didesain 310,8 mm. Mengacu pada hal itu, ukuran suspensi baru Ohlins dibuat menjadi 314,5 mm. Otomatis berbeda pula ukuran antara sok lama dengan yang baru dari Ohlins ini. Termasuk soal catatan travel suspension keduanya. Jika model lama memiliki jarak main 99 mm, maka untuk model terbaru hanya 84,5 mm.
Yamaha NMax Yamaha NMax (Subtank)
Length (mm) 335 314.5
Stroke (mm) 99 84.5
Compression (click) 16 -
Rebound (click) - 16
Spring Rate (N/mm) 14-16 14-21/16-25

Fitur dan Harga

Seperti kami bahas sebelumnya, sok lama Ohlins memiliki fitur compression. Terintegrasi di area subtank dengan penyetelan mudah berjumlah 16 klik. Namun, produk itu tidak memiliki setelan rebound. Sebaliknya, perangkat itu tersedia di shock baru Ohlins. Dilihat dari konstruksi yang ada, pengaturan berada di bagian terbawah shock dan jumlahnya 16 klik. Meski tanpa adanya kompresi. Meski begitu keduanya tetap mempunyai fitur preload. Lantas perbedaan terakhir yang tak kalah menarik, ialah harga. Ohlins menjanjikan harga produk anyar mereka bakal dijual sangat kompetitif. Tidak hanya itu, banderolnya pun lebih murah dari produk eksis Ohlins sekarang. Ohlins peruntukan NMax lama (tipe YA-776) dipasarkan Rp 7,75 juta. Sementara itu, sok Ohlins All New NMax kemungkinan dipatok Rp 7,5 juta. Menarik? Kita tunggu peredarannya di Tanah Air. Baca juga: Ini Bedanya Spesifikasi Suspensi Ohlins untuk NMax Lama dan Baru ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Kembali Gebrak Pasar Indonesia, Harley-Davidson Rilis Tujuh Motor Baru Model 2025
    Kembali Gebrak Pasar Indonesia, Harley-Davidson Rilis Tujuh Motor Baru Model 2025
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Muhammad Kiandra Ramadhipa Cetak Sejarah: Podium Perdana untuk Indonesia di European Talent Cup 2025
    Muhammad Kiandra Ramadhipa Cetak Sejarah: Podium Perdana untuk Indonesia di European Talent Cup 2025
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Ducati Panigale V2 S Resmi Meluncur di Mandalika: Supersport Andal untuk Jalan Raya dan Sirkuit
    Ducati Panigale V2 S Resmi Meluncur di Mandalika: Supersport Andal untuk Jalan Raya dan Sirkuit
    Zenuar Yoga . 05 Mei, 2025
  • Yamaha Jog Bermesin 125 cc, tapi Efisiensi Mendekati Honda Beat 110
    Yamaha Jog Bermesin 125 cc, tapi Efisiensi Mendekati Honda Beat 110
    Anjar Leksana . 05 Mei, 2025
  • We Ride As One 2025: Perpaduan Motor Legendaris, Alam Eksotis, dan Semangat Kebersamaan
    We Ride As One 2025: Perpaduan Motor Legendaris, Alam Eksotis, dan Semangat Kebersamaan
    Zenuar Yoga . 05 Mei, 2025
  • Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2025
  • Ketahui Harga Promo CFMoto Papio XO-2 dan Detail Spesifikasinya
    Ketahui Harga Promo CFMoto Papio XO-2 dan Detail Spesifikasinya
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2025
  • 8 Fitur Unggulan Yamaha Gear Ultima yang Layak Dipertimbangkan
    8 Fitur Unggulan Yamaha Gear Ultima yang Layak Dipertimbangkan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2025
  • WMoto Swiftbee 125 cc Desainnya Menarik! Harga Lebih Murah dari Scoopy
    WMoto Swiftbee 125 cc Desainnya Menarik! Harga Lebih Murah dari Scoopy
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025