Spy Shot BMW R 1300 GS, Generasi Anyar Motor Penjelajah Siap Meluncur Tahun Depan?

BMW R 1300 GS

Sebuah foto yang diduga BMW R 1300 GS tertangkap. Kemungkinan generasi penerus R 1250 GS. Kabar lainnya soal rencana meluncur tahun depan dan menjadi model 2023. Pastinya bakal ada kelengkapan baru di rajanya motor adventure ini.

Motor yang lagi diuji kemungkinan merupakan prototipe awal. Terlihat tidak dilengkapi dengan komponen seperti motor yang siap diproduksi. Sebagian besar bagian mesin dan subframe ditutup dengan bahan hitam. Tetapi bodywork, tampak sedikit menyimpang secara signifikan dari gaya GS saat ini.

Dari bocoran gambar yang beredar, R 1300 GS ada beberapa revisi di sektor desain. Sedikit memiliki perbedaan idealisme dengan seri GS sebelumnya. Bagian paling terpolarisasi yaitu bagian wajahnya. Masih memiliki paruh, tetapi lampu depan sekarang terintegrasi dengan snort, lebih kecil dan lebih jauh dari kaca depan. Ada bodywork datar dan menghadap ke depan, terlihat seperti tempat yang baik untuk meletakkan sensor radar untuk kontrol jelajah adaptif. Dudukan plat nomor juga memiliki bagian datar, jadi dapat menampung sensor radar belakang untuk pendeteksian titik buta.

BMW R 1300 GS

Penutup tangki terlihat seperti satu bagian yang terintegrasi dengan selubung radiator. Berbicara pendingin cairan, unit di sini dimiringkan ke belakang di bagian bawah yang menonjol dari bodywork. Dimensinya jauh lebih besar dari pada sistem pendingin GS saat ini. Sedikit mengarah ke perubahan lain yang berpotensi signifikan.

Dari gambar yang beredar, kepala silinder mendapat penutup. Kami pikir BMW sedang mencoba untuk menyembunyikan sesuatu. Jika silinder ditutupi dengan beberapa bahan, itu berarti mesin tidak dapat didinginkan dengan udara. Bersama dengan radiator yang lebih besar, kesimpulan logisnya adalah jantung mekanis sepenuhnya berpendingin cairan. Mesin 1250 ShiftCam saat ini, meskipun dianggap berpendingin air, sebenarnya hanya menggunakan pendingin air selektif untuk bagian ujung atas yang sangat panas.

Baca Juga: BMW Motorrad Resmi Hadirkan R 18 Classic, Cruiser dengan Perlengkapan Jelajah Jauh

BMW R 1300 GS

Sementara dari sistem suspensi masih menggunakan paralever dan telever. Tapi sepertinya berkat radiator yang besar, kedua peredam kejut mungkin didesain ulang. Sedang sistem pembuangan baru, peredamnya jauh lebih kecil, dan catalytic converter mungkin terletak di bawah motor.

Dari sektor dapur pacu, mesin yang digunakan R 1300 GS ini sudah memenuhi aturan anti-polusi Euro 5. Tentunya dengan penyempurnaan di beberapa bagian. Kemudian gearbox-nya juga dikabarkan sudah mendapatkan peningkatan, sehingga memaksimalkan tenaga dan torsi mesin. Tentunya output lebih bertenaga dibanding mesin R 1250 GS.

Secara keseluruhan, R 1300 GS punya banyak perbedaan. Mesin berpendingin udara, sistem pembuangan, wajah, dan mungkin rangka semua baru. Mungkin satu-satunya hal yang tidak berubah adalah swing arm satu sisi dengan roda dan poros penggerak.

Sayangnya belum ada informasi lebih lanjut mengenai generasi terbaru dari BMW R 1250 GS ini. Bila dilihat dari perubahan yang didapat, R 1300 GS baru tidak mungkin siap untuk 2022. Menurut kami, 2023 adalah target yang lebih realistis. (Bgx/Odi)

Sumber: Motorcycle, Ride Apart, Auto Bala

Baca Juga: Rumor BMW Motorrad Tengah Mengembangkan Adik R 18, Seberapa Masuk Akal?

Jelajahi BMW R 1250 GS

  • Tampak belakang serong BMW R 1250 GS
  • Mesin BMW R 1250 GS
  • Power outlet BMW R 1250 GS
  • Lampu depan BMW R 1250 GS
  • Suspensi belakang BMW R 1250 GS
  • Ban depan BMW R 1250 GS
  • ban belakang BMW R 1250 GS
  • Speedometer BMW R 1250 GS
  • Tampak depan serong atas BMW R 1250 GS
BMW R 1250 GS
Rp 805 - Rp 855 Juta Cicilan : Rp 18,37 Juta

Model Motor BMW

Motor BMW
  • BMW F 750 GS
    BMW F 750 GS
  • BMW F 850 GS
    BMW F 850 GS
  • BMW G 310 GS
    BMW G 310 GS
  • BMW R 1250 GS
    BMW R 1250 GS
  • BMW R 1250 GS Adventure
    BMW R 1250 GS Adventure
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor BMW Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Adventure Touring