Suzuki GSX-R1000 Generasi Baru Sedang Disiapkan, Bakal Turun di WorldSBK?

suzuki GSX-R1000

Pasar moge 1.000 cc mulai dibanjiri model baru. Suzuki pun dikabarkan tak mau tinggal diam. Mereka sedang menggarap GSX-R1000 generasi baru yang tak hanya berubah dari sisi tampilan. Diekspektasikan sudah memenuhi standar emisi Euro 5 dan mendapat beberapa perangkat elektronik anyar.

Hingga saat ini keluarga GSX-R masih bertahan dengan tampilan dan spesifikasi sama seperti model sebelumnya. Namun, ada informasi yang menunjukkan rencana pabrikan Jepang bakal merilis GSX-R1000 serbabaru untuk model 2022. Dengan generasi saat ini memasuki tahun kelima (dan revisi kedua), memang waktunya untuk berubah total.

suzuki GSX-R1000

Walau belum ada konfirmasi dari pabrikan yang bermarkas di Hamamatsu, peningkatan ekstensif perlu dilakukan. Banyak yang beranggapan bahwa motor baru ini adalah bagian dari rencana Suzuki untuk kembali berkompetisi di WorldSBK.

Kurangnya Suzuki di kelas berbasis produksi terlihat nyata, meski perusahaan saat ini sukses di MotoGP. Mereka telah membuat prestasi besar lewat Joan Mir yang memenangkan kejuaraan pada 2020. Di lain sisi, pasar superbike khususnya Suzuki GSX-R1000 masih kalah dengan para pesaingnya sesama pabrikan Jepang dan Eropa. Meski begitu, mereka tetap diakui sebagai moge dengan mesin berperforma tinggi.

Baca Juga: Hadapi Honda CBR150R dan Yamaha R15, Suzuki Siapkan GSX-R150 Baru

suzuki GSX-R1000

Dalam hal harapan, banyak yang menginginkan Suzuki dapat menyesuaikan homologasi Euro5 di GSX-R1000. Selain itu, juga harus bisa menjadi penghalang bagi musuhnya seperti Honda CBR1000RR-R SP Fireblade, Kawasaki ZX-10RR, Ducati Panigale V4R dan BMW M 1000 R. Setidaknya mesin baru bisa menghasilkan 200 Hp. Perangkat elektronik gres juga menjadi salah satu aspek paling utama. Pasalnya ia sudah tertinggal jauh oleh para pesaingnya.

Seperti kita ketahui, Suzuki GSX-R1000R masih mengandalkan mesin berkapasitas 999 cc, 4 slinder segaris, DOHC, berpendingin cairan. Ia sanggup mencatatkan power maksimum sebesar 194 Hp di putaran mesin 13.200 rpm dan torsi 117 Nm di 10.800 rpm.

suzuki GSX-R1000

Perangkat elektronik yang ada berupa Variable Valve Timing (VVT), Suzuki Exhaust Tuning-Alpha (SET-A), Suzuki Drive Mode Selector (S-DMS), Motion Track TCS (Traction control system) dan launch control & Bi-directional quick shift system, yang memudahkan para pengguna ketika berkendara dalam kecepatan tinggi. Serta Suzuki Top Feed Injector (S-TFI) yang meningkatkan performa pada putaran rendah maupun tinggi.

Rangkanya yang kokoh ditopang oleh upside down Showa BBF (Balance Free Front Fork) dan belakang monoshock Showa BFRC (Balance Free Rear Cushion lite). Untuk pengeremannya memakai kaliper rem radial mount monoblock empat piston ditambah dengan cakram rem dan T-drive floating mount dari Brembo. Tak lupa juga disematkan perangkat ABS (Anti-lock Braking System) Dual Channel. (Bgx/Odi)

Sumber: Aspalt and Rubber, Bikes Republic

Baca Juga: Desain Baru Sangat Futuristik, Intip Spesifikasi Detail Suzuki GSX-S1000 MY 2021

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Suzuki Unggulan

Artikel Motor Suzuki dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Pahami Formula dan Teknologi SEP-α di Mesin Suzuki Burgman Street EX125
    Pahami Formula dan Teknologi SEP-α di Mesin Suzuki Burgman Street EX125
    Anjar Leksana . 13 Feb, 2024
  • Rancangan Suzuki Burgman 125 Nyentrik, Ini Perbincangan sama Desainernya
    Rancangan Suzuki Burgman 125 Nyentrik, Ini Perbincangan sama Desainernya
    Anjar Leksana . 02 Feb, 2024
  • Suzuki Rilis GSX-8R, Penantang Baru Motor Sport Kelas Menengah
    Suzuki Rilis GSX-8R, Penantang Baru Motor Sport Kelas Menengah
    Zenuar Yoga . 24 Nov, 2023
  • Alternatif Skutik Selain Burgman Street 125 EX dengan Harga Lebih Murah
    Alternatif Skutik Selain Burgman Street 125 EX dengan Harga Lebih Murah
    Zenuar Yoga . 14 Nov, 2023
  • Cicilan Terendah Suzuki Burgman Street 125EX Tak Sampai Rp1 Juta Sebulan
    Cicilan Terendah Suzuki Burgman Street 125EX Tak Sampai Rp1 Juta Sebulan
    Anjar Leksana . 02 Nov, 2023
  • Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Zenuar Yoga . 12 Feb, 2024
  • Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
    Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
    Zenuar Yoga . 13 Nov, 2023
  • Suzuki Burgman Street 125 EX vs Yamaha Lexi S, Mana Layak Dipilih?
    Suzuki Burgman Street 125 EX vs Yamaha Lexi S, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 01 Nov, 2023
  • Komparasi Motor Ayago Honda Sonic 150R Vs Suzuki Satria F150, Mana Lebih Unggul?
    Komparasi Motor Ayago Honda Sonic 150R Vs Suzuki Satria F150, Mana Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 14 Apr, 2023
  • Mana Layak Dipilih, Suzuki Avenis atau Yamaha Lexi S ABS?
    Mana Layak Dipilih, Suzuki Avenis atau Yamaha Lexi S ABS?
    Zenuar Yoga . 20 Des, 2022
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Avenis 125: Cari Potensi di Balik Tampilan yang Nyeleneh
    First Ride Suzuki Avenis 125: Cari Potensi di Balik Tampilan yang Nyeleneh
    Bangkit Jaya Putra . 31 Okt, 2022
  • Road Test Suzuki Hayabusa: Menjawab Ekspektasi Fanatis yang Skeptis
    Road Test Suzuki Hayabusa: Menjawab Ekspektasi Fanatis yang Skeptis
    Ivan Hermawan . 27 Jul, 2021
  • Test Ride Suzuki Nex Crossover: Tenaga Responsif, Cocok Buat Touring Jarak Dekat
    Test Ride Suzuki Nex Crossover: Tenaga Responsif, Cocok Buat Touring Jarak Dekat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2021