Suzuki GSX-R1000 Generasi Baru Sedang Disiapkan, Bakal Turun di WorldSBK?

Pasar moge 1.000 cc mulai dibanjiri model baru. Suzuki pun dikabarkan tak mau tinggal diam. Mereka sedang menggarap GSX-R1000 generasi baru yang tak hanya berubah dari sisi tampilan. Diekspektasikan sudah memenuhi standar emisi Euro 5 dan mendapat beberapa perangkat elektronik anyar.


Hingga saat ini keluarga GSX-R masih bertahan dengan tampilan dan spesifikasi sama seperti model sebelumnya. Namun, ada informasi yang menunjukkan rencana pabrikan Jepang bakal merilis GSX-R1000 serbabaru untuk model 2022. Dengan generasi saat ini memasuki tahun kelima (dan revisi kedua), memang waktunya untuk berubah total.


suzuki GSX-R1000


Walau belum ada konfirmasi dari pabrikan yang bermarkas di Hamamatsu, peningkatan ekstensif perlu dilakukan. Banyak yang beranggapan bahwa motor baru ini adalah bagian dari rencana Suzuki untuk kembali berkompetisi di WorldSBK.


Kurangnya Suzuki di kelas berbasis produksi terlihat nyata, meski perusahaan saat ini sukses di MotoGP. Mereka telah membuat prestasi besar lewat Joan Mir yang memenangkan kejuaraan pada 2020. Di lain sisi, pasar superbike khususnya Suzuki GSX-R1000 masih kalah dengan para pesaingnya sesama pabrikan Jepang dan Eropa. Meski begitu, mereka tetap diakui sebagai moge dengan mesin berperforma tinggi.


suzuki GSX-R1000


Dalam hal harapan, banyak yang menginginkan Suzuki dapat menyesuaikan homologasi Euro5 di GSX-R1000. Selain itu, juga harus bisa menjadi penghalang bagi musuhnya seperti Honda CBR1000RR-R SP Fireblade, Kawasaki ZX-10RR, Ducati Panigale V4R dan BMW M 1000 R. Setidaknya mesin baru bisa menghasilkan 200 Hp. Perangkat elektronik gres juga menjadi salah satu aspek paling utama. Pasalnya ia sudah tertinggal jauh oleh para pesaingnya.


Seperti kita ketahui, Suzuki GSX-R1000R masih mengandalkan mesin berkapasitas 999 cc, 4 slinder segaris, DOHC, berpendingin cairan. Ia sanggup mencatatkan power maksimum sebesar 194 Hp di putaran mesin 13.200 rpm dan torsi 117 Nm di 10.800 rpm.


suzuki GSX-R1000


Perangkat elektronik yang ada berupa Variable Valve Timing (VVT), Suzuki Exhaust Tuning-Alpha (SET-A), Suzuki Drive Mode Selector (S-DMS), Motion Track TCS (Traction control system) dan launch control & Bi-directional quick shift system, yang memudahkan para pengguna ketika berkendara dalam kecepatan tinggi. Serta Suzuki Top Feed Injector (S-TFI) yang meningkatkan performa pada putaran rendah maupun tinggi.


Rangkanya yang kokoh ditopang oleh upside down Showa BBF (Balance Free Front Fork) dan belakang monoshock Showa BFRC (Balance Free Rear Cushion lite). Untuk pengeremannya memakai kaliper rem radial mount monoblock empat piston ditambah dengan cakram rem dan T-drive floating mount dari Brembo. Tak lupa juga disematkan perangkat ABS (Anti-lock Braking System) Dual Channel. (Bgx/Odi)


Sumber: Aspalt and Rubber, Bikes Republic

Artikel yang direkomendasikan untuk anda