Tiap Varian Daihatsu Rocky Punya Fasilitas Menunjang, Begini Detailnya

Daihatsu Rocky dijual dalam rentang harga tak begitu panjang. Paling murah Rp214,2 juta dan titik termahalnya Rp236,1 juta OTR Jakarta. Sehingga hampir semua mendapat perangkat safety dan hiburan menunjang. Formulasi nominal tadi dibagi dalam lima varian utama. Seperti apa detailnya?


1.0 R TC MT dan 1.0 R TC CVT


Segmentasi crossover kompak hari ini benar-benar berperang fitur. Sebutlah KIA Sonet sampai Nissan Magnite, mampu mengemas mobil paling tidak “berisi” di varian termurah. Maka dari itu Daihatsu pun berperilaku sama. Rocky menyediakan fasilitas komplet dari titik termurah.


Varian 1.0 R TC bertransmisi manual misalnya, sudah mendapat sistem kunci pintar. Serta merta Start/Stop Button yang biasanya disiapkan untuk varian atas. Pengaturan dari tombol pun tak terkecuali diaplikasikan ke mekanisme pelipatan spion, atau disebut auto retractable mirror. Menarik bukan?


Tentunya tak terhenti di sana. Begitu Anda duduk dan melihat kokpitnya, mungkin beberapa orang bakal tekejut. Sebab lagi-lagi, di seri termurah sudah ada full digital panel meter menunjukkan semua informasi soal mobil. Dari fundamental sampai data mendetail. Dan menariknya, animasi bisa diganti-ganti dalam empat format berbeda. Menyesuaikan selera tampilan.


Lanjut melirik ke tengah dashboard, masih ada layar pemanja mata. Head unit display digital 9 inci menjadi pusat hiburan dalam kabin. Kemampuannya bukan sekadar memutar format video atau file musik standar. Ia mampu terintegrasi dengan gawai. Sehingga pengoperasian lebih mudah. Termasuk mengaktifkan navigasi. Kontrolnya bisa pula dilakukan dari palang kemudi.


Di samping hiburan, monitor juga bakal memvisualisasi tangkapan lensa dari belakang. Ya, ada kamera mundur. Lengkap dengan sensor parkir sonar agar makin memudahkan saat memarkir dan memantau keadaan di belakang. Cukup melegakan saat hadir di trim rendah.


Oleh karena itu tidak aneh selebihnya modern. Seperti indikator AC, tentunya sudah memakai penerjemah layar. Bukan lagi kenop putar nan usang. Phone charger juga tersedia di row depan, menyesuaikan kebutuhan akan ponsel masa kini.


Nuansa interior Rocky sesuai wujud luar. Sporty, kompak, serta memaksimalisasi ruang. Layout tengah dibuat serba presisi dan banyak diberi tepian heksagonal. Sementara steer memakai model tiga palang kombinasi hitam silver. Dan sebagai aksen menarik, bangku semi sport seat diberi motif serta garis kontras cerah. Tidak terlalu mencolok namun menjauhkan dari kesan monoton.


Cukup banyak kompartemen untuk menyimpan barang. Di sisi penumpang depan tersedia cup holder tersembunyi, alias pakai mekanisme semacam laci. Begitu pula di bawah door trim, masih ada tambahan untuk menyimpan botol. Plus laci kolong kursi, sampai front console storage. Melimpah. Bagasi juga bisa diseting dalam dua format board. Mau rata lantai atau agak tenggelam, tinggal atur. Dan dalam keadaan maksimal, volumenya sekitar 369-liter.


Lanjut lagi bicara safety. Dual SRS Airbag sebagai fitur keamanan pasif sudah tentu hadir, di sisi pengemudi dan penumpang. Plus perangkat aktif semacam ABS+EBD. Tapi bukan cuma itu. Varian ini, turut memiliki VSC (Vehicle Stability Control) sampai Hill Start Assist (HSA). Cukup.


Dari luar, ia tidak terlihat dianaktirikan. Penampilan serta perlengkapannya hampir semua serupa. Pelek alloy 17 inci punya desain seragam dalam balutan ban 205/60 R17. Grille, serta lainnya juga kurang lebih sama. Termasuk pencahayaan lampu utama dioda, serta lampu belakang LED.


Yang seri CVT termurah, tidak ada bedanya. Semua perangkat tadi hadir. Sekadar memiliki penerjemah daya otomatis. Varian R TC MT dijual Rp214,2 juta dan R TC CVT selisih belasan juta lebih mahal, tepatnya Rp227,4 juta OTR Jakarta. Sangat rasional.


Rocky tipe R


1.0 R TC MT ADS dan 1.0 R TC CVT ADS


Masing-masing varian sebelumnya, dihadirkan pula dalam seri tambahan bertajuk ADS. Ini bukan sesuatu yang menambah hal teknis atau bahkan perangkat keamanan. Sama saja. Melainkan dapat tambahan aksesori pemanis eksterior, serta sedikit sentuhan mengoptimalisasi sistem hiburan.


Identitasnya bisa dilihat jelas dari eksterior. Bingkai grille dikelilingi satin krom. Plus garis merah melintang di bagian atas. Menandakan dirinya seri lebih sporty. Skid plate juga masuk dalam paket penjualan. Meliputi depan dan belakang. Side body moulding, sampai garnish krom pula dipasang ke Rocky ADS. Untuk memuaskan selera pasar yang doyan menempel aksesori.


Terlepas pemanis muka, ADS juga menandakan Anda mendapat satu perangkat tambahan audio advance. Kalau standarnya sudah pakai empat speaker dan dua tweeter depan. Dipasang lagi subwoofer 8 inci untuk menerjemahkan suara lebih baik. Mestinya, dengan add on itu translasi bebunyian dari head unit makin powerful.


Sama seperti pembagian di trim non-ADS. Versi manual dan CVT sekadar beda pada transmisi. Tentunya nilai jual juga lain. Yang manual Rp222,2 juta dan CVT Rp235,4 juta OTR Jakarta.


1.0 R TC CVT ASA


Terakhir varian paling mahal. Harganya Rp236,1 juta OTR Jakarta, namun tidak berpenampilan seperti seri ADS. Bahkan tak disediakan oleh Daihatsu dalam penampilan serba aksesori. Justru wujudnya natural. Tapi yang membuat mahal, berkat sederet perangkat keamanan aktif canggih.


Ya, lagi-lagi Daihatsu tak bisa tinggal diam melihat Sonet dan Magnite memberikan banyak perangkat canggih. Di samping safety dasar, ia memiliki Advance Safety Assist (ASA). Terdiri dari serangkai komputasi modern pencegah kecelakaan. Seperti Pre Collision Warning, Pre Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, Sampai Lane Departure Prevention. Ya, ada intervensi komputer di mobil harga segini. Menarik.


Daihatsu Rocky ADS


Pilihan Warna Beda Harga


Tersedia banyak pilihan warna untuk semua varian Rocky. Namun harganya tak diseragamkan. Versi reguler, mencakup hitam, silver, abu-abu dan kuning. Keempatnya tak perlu tambahan uang. Tapi kalau meminta kelir spesial, perlu menambah Rp1,5 juta. Yakni Compagno Red dan Pearl White.


Masih ada kombinasi lain lagi. Yang two tone, tambahannya sekitar Rp2,5 juta. Tersedia dalam pilihan warna hitam dan putih solid. Sementara two-tone special colour (Black dan Compagno Red), perlu menambah Rp3,5 juta dari harga dasar.


Seragam Pakai Mesin 1.0-liter Turbo


Sejauh ini semua varian mencangkok mesin tiga silinder 1.0-liter DOHC 12-katup VVT-i berkode 1KR-VET. Tentunya dengan bantuan turbo. Klaim data kertas menunjukkan tenaga maksimal mencapai 98 PS dan torsi 140 Nm. Bisa ditranslasikan dengan transmisi manual lima percepatan atau CVT.


Agenda berikutnya, dikatakan bahwa bakal muncul tipe mesin tiga silinder 1.2-liter non-turbo. Dengan format serupa: DOHC 12-katup Dual VVT-I. Enjin ini memiliki daya 88 PS dan torsi puncak 113 Nm. Alias lebih kecil dari versi turbo. (Hlm/Odi)

Jelajahi Daihatsu Rocky

Tampak Depan Bawah Daihatsu Rocky
Daihatsu Rocky Rp 214,2 - Rp 236,1 Juta Cicilan Mulai : Rp 4,89 Juta
Lihat Promo

Artikel yang direkomendasikan untuk anda