Toyota GR Supra Sport Top Bersolek Gaya A80 Original

GR Supra SEMA

Kelegendarisan Toyota Supra (A80) tak diragukan lagi. Sampai-sampai Toyota membawa nuansa MKIV itu untuk diadaptasi ke model termutakhir. Toyota Supra Heritage Edition oun tampil di gelaran SEMA (Specialty Equipment Market Association) 2019. Belum puas, di ajang tahun ini mereka angkat kembali ide serupa dengan GR Supra Sport Top.

Lanskap modifikasi hingga dunia perfilman mengangkat popularitas sports car asal Jepang itu. Supra MKIV beratap setengah terbuka alias targa pun menjadi salah satu ikon. Mejeng di waralaba Fast & Furious sebagai “10 second car”-nya Brian O’Connor. Varian targa yang absen di versi modern mungkin membuat sebagian fans kecewa. Namun setidaknya proyek GR Supra Sport Top menggambarkan kemungkinan bagaimana bila keturunan ke-lima menganut targa top.

Supra targa top

Hasilnya terbilang impresif, terlihat natural seakan ada opsi varian targa dari pabrikan. Melansir Motor1, atapnya dipotong lalu dibuat sepasang panel komposit serupa lekuk kepala orisinal yang dicetak melalui printer 3D. Ketika dipasang, sulit untuk membedakan dari model kupe. Meski begitu, eksekusinya bukan sekadar memotong dan mengganti kulit. Tim di balik layar mempertahankan rigiditas struktur mobil dari ruang mesin sampai ke belakang. Sebagai tambahan, bagian luar turut diperkuat demi mempertahankan kekakuan GR Supra meski atapnya terbuka.

“Sangat senang melihat reaksi terhadap Heritage Edition kami di tahun lalu dan saya pikir sangat sukses sebagai tribut modern terhadap sang ikon MKIV dari akhir 90-an,” komentar Ed Laukes, Groupe Vice President Toyota Marketing. Ia menambahkan,”Kami memutuskan untuk membawanya kembali tahun ini dan dipasangkan dengan Sport Top demi menyuguhkan ide kepada fans terkait bagaimana Supra kami terlihat untuk menghirup udara segar dengan atap terpisah.”

Baca Juga: Mazda Rencanakan Hatchback Hybrid Berbasis Toyota Yaris di Eropa

Toyota GR Supra Heritage Edition

Rancangan Sport Top sebetulnya menyerupai Heritage Edition dari tahun lalu. Didesain sebagai penghormatan generasi sebelum. Untuk Heritage Edition, Toyota Motorsports Garage bekerja sama dengan Beree Cox Design demi mendapatkan rendering prototipe bernuansa visual MKIV. Baru dari situ digabungkan elemen tua ke tubuh baru.

Banyak komponen adaptasi dijebloskan ke tubuh GR Supra. Misal untuk urusan lampu, pemimpin proyek Marty Schwerter harus menyelaraskan rancangan anyar sekaligus membawa aura model A80. Ujungnya, rumah lampu custom diusung berisi set lensa lingkaran yang terbentuk dari blok akrilik. Bisa dilihat kemiripannya, tertanam komposisi jeroan lampu lingkaran serupa A80.

GR supra heritage

Di samping itu, sayap belakang MKIV dimodifikasi agar proporsinya selaras tubuh A90. Merupakan hasil karya LG Motorsports yang turut menciptakan splitter depan terintegrasi. Balans aerodinamika lanjut diotak-atik oleh Toyota dan Cripworks. Mereka desain diffuser belakang gahar dan ganti ventilasi fender depan untuk mengurangi tekanan udara di belakang ban.

Tak ketinggalan sektor pemacu kena sentuhan modifikasi. Potensi turbo standar diolah lagi oleh Precision Turbo & Engine sehingga dapat memadatkan udara 18 persen lebih banyak ke jantung enam silinder B58. Sistem manajemen mesin lanjut dikalibrasi ulang Mission Performance, dibarengi penyematan intake custom dan buangan knalpot 3 inci agar napasnya lebih plong. Atas modifikasi ini, diklaim sanggup memuntahkan tenaga lebih dari 500 hp.

Baca Juga: Toyota Innova Crysta 2.7L Pakai Mesin Buatan Indonesia

GR supra

Hal menarik ada di sektor suspensi. Toyota dan Scarbo Performance rombak sistem suspensi belakang menjadi model rocker arm yang memisahkan shock dan per ke dalam bagasi. Hal ini memungkinkan tim untuk memasang ban lebar tanpa perlu merombak bodi. Ya, sepatunya lebar dan berdiameter besar. di belakang terpasang pelek HRE P107SC 5 palang berukuran 19x11 inci dibalut ban kompetisi Toyo Proxes R888R 305/30R19. Di depan, ia mengenakan pelek 19x10,5 inci dibungkus ban 295/30R19. Kuda-kudanya kemudian dibikin semakin sangar lewat adjustable coilover TEIN dan rem Brembo Monobloc berdiameter besar.

Tidak ada informasi terkait varian baru GR Supra beratap terpisah seperti ini. Mengembalikan format yang hanya eksis di dua generasi (A70 dan A80). Kemungkinannya kecil, bisa jadi BMW tidak suka langkah ini lantaran berpotensi melahap pasar sang roadster Z4 sebagai basis platform. Untuk saat ini GR Supra Sport Top sendiri dibuat sebagai model ‘one-off’ untuk menggambarkan bagaimana bila pabrikan merealisasikan ide targa. (Krm/Odi)

Baca Juga: Toyota Customization Option Luaskan Jangkauan Model serta Jenis Aksesorinya

Jelajahi Toyota Supra

  • Tampak Depan Bawah Toyota GR Supra
  • Tampak Depan Toyota GR Supra
  • Tampak belakang GR Supra
  • Tampak Grille GR Supra
  • Lampu depan GR Supra
  • lampu belakang GR Supra
  • Toyota GR Supra Drivers Side Mirror Front Angle
  • handle pintu GR Supra
  • Pelek GR Supra
  • Knalpot GR Supra
  • Tampak belakang GR Supra
  • Toyota GR Supra Front Side View
  • Toyota GR Supra Front Cross Side View
Toyota Supra
Rp 2,24 Milyar Cicilan : Rp 51,05 Juta

Model Mobil Toyota

Mobil Toyota
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
  • Toyota Kijang Innova
    Toyota Kijang Innova
  • Toyota Avanza
    Toyota Avanza
  • Toyota Fortuner
    Toyota Fortuner
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Toyota Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Coupe

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Toyota GR Supra dari Carvaganza

  • Rayakan Produksi 100 Unit, Edisi Toyota GR Supra GT4 Ini Super Terbatas
    Rayakan Produksi 100 Unit, Edisi Toyota GR Supra GT4 Ini Super Terbatas
    Muhammad Hafid . 12 Sep, 2023
  • Toyota GR Supra 45th Anniversary Edition Rayakan 4 Dekade Eksis di Amerika
    Toyota GR Supra 45th Anniversary Edition Rayakan 4 Dekade Eksis di Amerika
    Wahyu Hariantono . 28 Jun, 2023
  • Modifikasi Toyota GR Supra Ini Makin Agresif Pakai Widebody dan Spoiler Raksasa
    Modifikasi Toyota GR Supra Ini Makin Agresif Pakai Widebody dan Spoiler Raksasa
    Muhammad Hafid . 04 Jan, 2023
  • Toyota GR Supra Edisi 2022 Meluncur di Indonesia, Punya Gearbox Baru & Handling Ditingkatkan
    Toyota GR Supra Edisi 2022 Meluncur di Indonesia, Punya Gearbox Baru & Handling Ditingkatkan
    Anjar Leksana . 10 Des, 2022
  • Speknya Lebih Mantap Untuk Balap, Toyota GR Supra GT4 EVO Debut Tahun Depan
    Speknya Lebih Mantap Untuk Balap, Toyota GR Supra GT4 EVO Debut Tahun Depan
    Anjar Leksana . 01 Nov, 2022

Artikel Mobil Toyota GR Supra dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Toyota GR Supra 45th Anniversary Edition Hanya 900 unit dengan Sentuhan Warna Khusus
    Toyota GR Supra 45th Anniversary Edition Hanya 900 unit dengan Sentuhan Warna Khusus
    Setyo Adi Nugroho . 26 Jun, 2023
  • Toyota GR Supra Terbaru Mengaspal di Indonesia, Intip Ubahan dan Harganya
    Toyota GR Supra Terbaru Mengaspal di Indonesia, Intip Ubahan dan Harganya
    Bangkit Jaya Putra . 08 Des, 2022
  • Toyota GR Supra Kini Punya Transmisi Manual, Lebih Bertenaga
    Toyota GR Supra Kini Punya Transmisi Manual, Lebih Bertenaga
    Setyo Adi Nugroho . 30 Apr, 2022
  • Filosofi Genchi Genbutsu di Balik Pengembangan Toyota GR Supra
    Filosofi Genchi Genbutsu di Balik Pengembangan Toyota GR Supra
    Wahyu Hariantono . 05 Sep, 2021
  • Carvaganza Editors Choice Award 2021 Best Sportscar Award: Toyota GR Supra
    Carvaganza Editors Choice Award 2021 Best Sportscar Award: Toyota GR Supra
    Ivan Hermawan . 05 Agu, 2021
  • Mengenal Seluk-Beluk Toyota Gazoo Racing, Beberapa Produknya Dijual di Indonesia
    Mengenal Seluk-Beluk Toyota Gazoo Racing, Beberapa Produknya Dijual di Indonesia
    Anjar Leksana . 14 Jun, 2021
  • First Drive Toyota GR Supra: The Legend Returns
    First Drive Toyota GR Supra: The Legend Returns
    Anindiyo Pradhono . 28 Nov, 2019