Tren Konektivitas Gawai Merambah Motor Suzuki

Suzuki connect

Belum lama lini motor Suzuki di India mendapatkan pembaruan. Sesuai regulasi sana, emisi gas buang harus mengikuti standar BS6 atau Euro 6. Kewajiban itu sudah dilakoni di dua motor matik, Burgman Street dan Access  125. Ditambah pembaruan lainnya, misal penggunaan lampu utama LED. Memang terasa minor, apabila tetap mengandalkan panel instrumen analog seperti model lawas.

Namun itu ditepis Suzuki India melalui bocoran terbaru. Akan ada varian tambahan berbasis Burgman dan Access. Yang menarik, keduanya bakal pakai instrumen serbadigital. Berarti penyajian informasi dasar seperti takometer, spidometer, indikator bahan bakar, jarak tempuh dan lainnya bakal tersaji via layar LCD.

Baca Juga: Kawasaki Umbar Enam Model Baru yang Bakal Rilis Bulan Depan

Merujuk penampakan, terlihat jelas penampang menampilkan tanda panah sebagai panduan navigasi turn by turn. Berkaca pada produk sejenis seperti Kymco Like 150 atau Yamaha NMax, kemungkinan besar Burgman maupun Access punya perangkat untuk menghubungkan motor dengan smartphone via jaringan Bluetooth. Menurut sumber serupa, keterkaitan keduanya terintegrasi di dalam sebuah aplikasi bernama Suzuki Ride Connect.

Berkat adanya konektivitas itu, pengendara bakal mendapatkan informasi tambahan. Mulai dari informasi daya gawai atau sinyal, pemberitahuan jika ada panggilan atau pesan masuk, level baterai telepon seluler, mengetahui posisi parkir kendaraan hingga peringatan kecepatan maksimal. Keseluruhan fitur dapat dilihat langsung dari panel instrumen berukuran lumayan besar. Kabarnya, Suzuki juga memberi tambahan daytime running light (DRL) LED pada masing-masing varian atas, sebagai pembeda dengan Burgman dan Access tipe standar.

Baca Juga: Honda Siapkan Forza Baru, Bakal Gunakan Mesin Berkapasitas Besar

Tentu saja untuk mendapatkannya, konsumen harus membayar lebih. Tak terlalu banyak, bedanya berkisar 3,500 sampai 3,800 Rupee atau setara Rp 700 ribuan dari varian terbawah. Dengan selisih tak beda jauh, penawaran ini mestinya menarik untuk pasar domestik India. Apalagi jika Suzuki turut menerjermahkan konsep modern itu pada lini lain semisal Gixxer.

Kendati begitu, motoris sana saja yang bakal merasakan impresi anyar dari motor-motor Suzuki tersebut. Sementara di negara lain, tampak belum ada pergerakan berarti. Sebagai contoh Indonesia. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih mempertahankan perbekalan standar di Suzuki Nex II maupun Address. Andai saja mendapatkan ubahan serupa skutik India tadi, pastilah meningkatkan nilai jual produk tersebut.

Aplikasi di jajaran lain seperti Suzuki Satria atau GSX 150 series, mestinya lebih logis. Toh, masing-masing sudah berpelengkap panel instrumen digital. Bayangkan jika kedapatan peranti penghubung, Suzuki bakal jadi satu-satunya pabrikan yang memiliki motor sport 150 cc berpelengkap konektivitas canggih. Pantas dinanti pergerakan dari Suzuki Indonesia. (Ano/Odi)

Baca Juga: Honda Sediakan CBR 250 RR SP Tanpa Quick Shifter, Harga Mulai Rp 72,7 Juta

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Suzuki Unggulan

Artikel Motor Suzuki dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Pahami Formula dan Teknologi SEP-α di Mesin Suzuki Burgman Street EX125
    Pahami Formula dan Teknologi SEP-α di Mesin Suzuki Burgman Street EX125
    Anjar Leksana . 13 Feb, 2024
  • Rancangan Suzuki Burgman 125 Nyentrik, Ini Perbincangan sama Desainernya
    Rancangan Suzuki Burgman 125 Nyentrik, Ini Perbincangan sama Desainernya
    Anjar Leksana . 02 Feb, 2024
  • Suzuki Rilis GSX-8R, Penantang Baru Motor Sport Kelas Menengah
    Suzuki Rilis GSX-8R, Penantang Baru Motor Sport Kelas Menengah
    Zenuar Yoga . 24 Nov, 2023
  • Alternatif Skutik Selain Burgman Street 125 EX dengan Harga Lebih Murah
    Alternatif Skutik Selain Burgman Street 125 EX dengan Harga Lebih Murah
    Zenuar Yoga . 14 Nov, 2023
  • Cicilan Terendah Suzuki Burgman Street 125EX Tak Sampai Rp1 Juta Sebulan
    Cicilan Terendah Suzuki Burgman Street 125EX Tak Sampai Rp1 Juta Sebulan
    Anjar Leksana . 02 Nov, 2023
  • Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Zenuar Yoga . 12 Feb, 2024
  • Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
    Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
    Zenuar Yoga . 13 Nov, 2023
  • Suzuki Burgman Street 125 EX vs Yamaha Lexi S, Mana Layak Dipilih?
    Suzuki Burgman Street 125 EX vs Yamaha Lexi S, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 01 Nov, 2023
  • Komparasi Motor Ayago Honda Sonic 150R Vs Suzuki Satria F150, Mana Lebih Unggul?
    Komparasi Motor Ayago Honda Sonic 150R Vs Suzuki Satria F150, Mana Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 14 Apr, 2023
  • Mana Layak Dipilih, Suzuki Avenis atau Yamaha Lexi S ABS?
    Mana Layak Dipilih, Suzuki Avenis atau Yamaha Lexi S ABS?
    Zenuar Yoga . 20 Des, 2022
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Avenis 125: Cari Potensi di Balik Tampilan yang Nyeleneh
    First Ride Suzuki Avenis 125: Cari Potensi di Balik Tampilan yang Nyeleneh
    Bangkit Jaya Putra . 31 Okt, 2022
  • Road Test Suzuki Hayabusa: Menjawab Ekspektasi Fanatis yang Skeptis
    Road Test Suzuki Hayabusa: Menjawab Ekspektasi Fanatis yang Skeptis
    Ivan Hermawan . 27 Jul, 2021
  • Test Ride Suzuki Nex Crossover: Tenaga Responsif, Cocok Buat Touring Jarak Dekat
    Test Ride Suzuki Nex Crossover: Tenaga Responsif, Cocok Buat Touring Jarak Dekat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2021