Triumph Trident Bakal Masuk Pasar Indonesia

Triumph Trident

Penantian hadirnya Triumph Trident tak akan lama lagi. Kabar terbaru dikabarakan meluncur 30 Oktober 2020. Belum jelas bakal dikenalkan di mana. Bisa jadi di Inggris atau pabrik baru Thailand. Berita gembiranya, Trident juga akan dijual di Indonesia.

Bila berselancar di website resmi Triumph Indonesia, Trident sudah terpampang. Masuknya sebagai segmen roadster yang kemungkinan dijual dalam status CBU (Completely Build Up). Akan sangat menarik jika banderolnya tak lebih dari Rp 300 juta, tentu amat kompetitif.

Pabrik baru di Thailand khusus berdiri untuk memenuhi permintaan pasar Asia Tenggara. Sudah dapat dipastikan, dari sanalah Trident bakal disebar secara global. Posisinya mampu menggoda calon peminat Honda CB650R atau Yamaha MT-07 yang jua dipasarkan selevel. Tampilan tawarkan sajian konsep ala neo-klasik. Terpancar jelas lewat penggunaan rumah lampu bulat, disertai penerangan jenis LED. Penyelarasan tema klasik kemudian digoreskan lewat panel instrumen. Penampang bundar berisi informasi dasar seputar kendaraan. Hanya saja ditampilkan secara digital via layar TFT.

Baca Juga: Bajaj-Triumph Siapkan Lawan Royal Enfield Meteor 350 dan Honda CB350

Melalui penampakan utuhnya beberapa waktu lalu, identitas Trident sebagai naked bike berotot dituangkan lugas melalui bentuk tangki bensin nan besar. Tak lupa pula diimbuhi perangkat pendukung, semisal cover pengapit radiator serta skid plate dengan bentuk terpisah. Namun terkesan ramping di buritan, lantaran tak ada sepatbor mengekor setelah bodi belakang. Sebaliknya, pelindung roda justru berdampingan langsung dengan ban berukuran gambot. Item ini juga terintegrasi lampu sein. Lantas untuk saluran buang, memakai jenis under belly alias knalpot kolong.

Triumph trident

Suspensi Trident ditopang peredam kejut buatan Showa. Lalu untuk sistem pengereman mengandalkan kepunyaan kaliper Nissin disertai cakram ganda. Untuk bagian belakang, laju roda diredam oleh kaliper merek serupa namun single disc brake saja. Sudah semestinya pula sistem pengeremannya berpelengkap anti-lock braking system (ABS). Kabar paling baru, sensor ABS bisa di non-aktifkan. Termasuk sematan berupa mode berkendara dan traction control.

Baca Juga: Paten Mesin Supercharger Honda Terbaru, Inikah Africa Twin Generasi Mendatang?

Mesin Trident sepertinya pun bakal mewarisi DNA Triumph selaku pengguna mesin tiga silinder. Tentu akan ada penganibalan jikalau dia menggendong kepunyaan Street Triple. Itu kenapa muncul prediksi kalau Trident bakal dipasok kubikasi mesin lebih kecil. Sumber serupa menerka dapur pacunya memiliki kubikasi 600 hingga 675 cc. Konon, dapur pacunya mampu menorehkan kisaran daya 78,9 sampai 83,8 daya kuda. Upaya mengoptimasi pastilah menyangkut seperti apa penetapan bore x stroke-nya.

Pihak Triumph sendiri pernah berujar, motor baru mereka akan punya output (torsi dan tenaga) yang seimbang. Dengan begitu, Trident bakal menempati ruang baru di bawah Street Triple yang notabane punya bekalan 765 cc. Untuk informasi, di luar Triumph Street Triple saat ini dipasarkan dengan harga $ 9,950 atau sekitar Rp 147 jutaan. Kami memprediksi penyebarannya baru akan dilangsungkan tahun depan. Bagaimana dengan Indonesia? Kita tunggu update-nya! (Ano/Odi)

Sumber: Triumph Indonesia

Baca Juga: Kawasaki Versys 1000 S Lengkapi Versi Special Edition

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Triumph Unggulan