Yamaha XSR900 2022 Mengambil TZ250 sebagai Inspirasi

Yamaha XSR900 2022

Yamaha XSR900 mengikuti jejak pembaruan New MT-09. Perubahannya mirip sang saudara, dari teknologi maupun penampilan. Yamaha juga beralih ke bingkai Deltabox sebagai isyarat untuk membawa penampilan motor satu dekade ke depan. Kesan klasik masih didapat. Model 2022 ini justru terinspirasi motor 1980-an.

Rangka Deltabox serupa MT-09. Tetapi secara estetika lebih cocok untuk lini XSR900 daripada motor yang tampak modern. Bingkai aluminium baru lebih kompak dari desain sebelumnya, dan Yamaha mengklaim ada peningkatan kekakuan longitudinal, lateral dan torsional.

Yamaha XSR900

Headlight mengusung model baru, braket lampu depan berlubang tapi telah direvisi, dan spion tipe bar end memperbarui tampilan wajah XSR. Bentuk tangkinya mengingatkan pada motor Yamaha lama, sambil menyembunyikan kotak udara yang disetel secara akustik seperti pada MT-09. Di bawahnya, knalpot juga tidak berubah. Setidaknya tidak ada knalpot besar yang dipasang di samping untuk merusak penampilan motor.

Di bagian belakang, panel samping menutupi subframe yang sebelumnya terbuka. Kursi pengendara dipasang lebih jauh ke belakang. Dengan posisi setang sedikit lebih rendah, Yamaha mengatakan tata letak ini berkontribusi pada karakter berkendara XSR900 sambil memberikan ergonomi lebih nyaman. Selain itu, lengan ayun juga lebih panjang untuk memastikan pusat gravitasi tidak terlalu jauh ke belakang.

Baca Juga: Yamaha Zuma 125 Model 2022 Tampil Makin Bergaya Adventure

 

Yamaha XSR900

Desain keseluruhan ditata rapi mirip motor balap Yamaha dari tahun 80-an. Secara gamblang terinspirasi TZ250. Bentuk sadel atau bagian ekornya memiliki siluet yang sama motor tunggangan Christian Sarron.

Salah satu skema cat yang ditawarkan memakai warna biru dan emas. Livery itu pernah digunakan Christian Sarron saat memenangkan Grand Prix kelas 250 cc dengan TZ250. Untuk memberi penghormatan kepada rider Perancis itu, pabrikan memberi XSR900 baru dengan motif yang dikenal sebagai Legend Blue. Pilihan kelir lainnya ada Midnight Black.

Di bawah kosmetik baru, XSR900 lebih kuat dari sebelumnya. Sekarang menampilkan mesin CP3 Euro 5 yang memulai debutnya di MT-09 2021. Menawarkan enjin 889 cc DOHC inline-triple berpendingin cairan. Ia dapat menghasilkan 117 hp pada 10.000 rpm dan torsi 93 Nm pada 7.000 rpm. Powernya mengalami peningkatan sekitar 4 hp, dengan torsi maksimum meningkat sebesar 6 persen dan mencapai 1.500 rpm lebih awal. Untuk menangani kenaikan torsi, XSR900 menerima assist dan slipper clutch serta rasio gigi yang direvisi.

2022 Yamaha XSR900

Selain mesin dan sasis ditingkatkan, pabrikan juga memasang quickshifter, cruise control dan anti-wheelie. Teknologinya juga sama seperti MT-09. Dikemas dengan IMU enam sumbu yang diturunkan dari R1. Memungkinkan penggunaan cornering traction control, cornering ABS, dan Yamaha slide control system dengan berbagai pilihan pengaturan. Pengiriman daya juga dapat disesuaikan, dengan empat mode untuk dipilih. XSR900 anyar juga menerima layar warna TFT 3,5 inci.

Sistem suspensi dan pengereman juga mirip dengan MT-09. Fork upside down dari KYB yang dapat disetel sepenuhnya dan shock belakang KYB dengan preload yang dapat disesuaikan dan redaman rebound. bersekutu dengan kaliper radial yang dioperasikan melalui master silinder radial Brembo. Pelek aluminium palang 10 juga sama seperti pada MT-09.

Di Eropa, motor ini mencapai diler pada Februari tahun depan, bersama dengan berbagai aksesori termasuk fly screen opsional dan knalpot Akrapovic. Pabrikan memang belum mengumumkan ketersediaan atau harga, tetapi diperkirakan bakal diniagakan sebesar $9,399 (Rp134 jutaan) atau lebih mahal dari New MT-09. (Bgx/Odi)

 

Baca Juga: Yamaha MT-10 2022 Bersiap Debut di EICMA 2021

Jelajahi Yamaha XSR 155

Model Motor Yamaha

Motor Yamaha
  • Yamaha Nmax
    Yamaha Nmax
  • Yamaha XSR 155
    Yamaha XSR 155
  • Yamaha Gear 125
    Yamaha Gear 125
  • Yamaha MX King
    Yamaha MX King
  • Yamaha WR155 R
    Yamaha WR155 R
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Cafe Racer

Artikel Motor Yamaha XSR 155 dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Wadahi Pecinta XSR155, Yamaha Berkolaborasi dengan Parjo
    Wadahi Pecinta XSR155, Yamaha Berkolaborasi dengan Parjo
    Zenuar Yoga . 28 Agu, 2024
  • Yamaha Motor Luncurkan XSR Versi 125 cc Seharga Rp52 Jutaan
    Yamaha Motor Luncurkan XSR Versi 125 cc Seharga Rp52 Jutaan
    Anjar Leksana . 13 Nov, 2023
  • Yamaha XSR 155 Ramaikan Acara BBQ Ride
    Yamaha XSR 155 Ramaikan Acara BBQ Ride
    Zenuar Yoga . 14 Mar, 2023
  • Yamaha XSR 155 2023 Punya Empat Warna Baru
    Yamaha XSR 155 2023 Punya Empat Warna Baru
    Zenuar Yoga . 07 Jan, 2023
  • Bedah Lagi Keunggulan Yamaha XSR 155 Lengkap dengan Cicilan Terbarunya
    Bedah Lagi Keunggulan Yamaha XSR 155 Lengkap dengan Cicilan Terbarunya
    Bangkit Jaya Putra . 15 Jul, 2022
  • Komparasi Motor Gaya Klasik, Pilih Benelli Motobi 200 Evo atau Yamaha XSR155?
    Komparasi Motor Gaya Klasik, Pilih Benelli Motobi 200 Evo atau Yamaha XSR155?
    Zenuar Yoga . 15 Jun, 2023
  • Bagi Penyuka Motor Retro, Pilih Kawasaki W175 Cafe atau Yamaha XSR 155?
    Bagi Penyuka Motor Retro, Pilih Kawasaki W175 Cafe atau Yamaha XSR 155?
    Zenuar Yoga . 08 Mei, 2023
  • Motor Buat Hobi Rp30 jutaan, Yamaha XSR 155 atau Honda CB150X?
    Motor Buat Hobi Rp30 jutaan, Yamaha XSR 155 atau Honda CB150X?
    Zenuar Yoga . 24 Jan, 2023
  • Mau Modifikasi Yamaha XSR155? Simak 4 Kreasi Builder Lokal Ini
    Mau Modifikasi Yamaha XSR155? Simak 4 Kreasi Builder Lokal Ini
    Helmi Alfriandi . 24 Nov, 2020
  • Pilihan Naked Bike, Yamaha XSR 155 atau Suzuki GSX150 Bandit?
    Pilihan Naked Bike, Yamaha XSR 155 atau Suzuki GSX150 Bandit?
    Zenuar Yoga . 06 Mei, 2020
  • Test Ride Yamaha XSR155: Sensasi Motor Sport Bergaya Klasik
    Test Ride Yamaha XSR155: Sensasi Motor Sport Bergaya Klasik
    Zenuar Yoga . 27 Jul, 2020