Begini Cara Mengatur Bukaan Pedal Gas dan Kopling Mobil Manual yang Benar

https://press.kia.com/

 

KEY TAKEAWAYS

  • Mengemudikan mobil manual bukan berarti sekadar bisa

    Kalau salah penerapannya, bisa mempercepat umur kopling
  • Mobil bertransmisi manual masih sering digunakan dan diandalkan banyak masyarakat. Sebab durabilitas terkenal baik. Namun demikian, cara pakainya harus sesuai aturan, tidak bisa asal-asalan. Sehingga jangka waktu pemakaian bisa semakin panjang dan kampas kopling bisa semakin awet. Simak tips cara mengatur pedal kopling dan bukaan pedal akselerator di berbagai kondisi.

     

    Injak Akselerator Perlahan

    Saat melaju dengan kecepatan rendah di gigi percepatan lebih tinggi. Sebaiknya hindari perilaku menginjak pedal akselerator secara dalam dan mendadak. Karena hal ini sama saja memaksa mesin untuk bekerja sangat keras. Lantas menyebabkan tekanan dan beban yang tidak semestinya terjadi. Akhirnya dapat berdampak terhadap performa dan keawetan mesin.

    Jika pengendara memerlukan penambahan kecepatan. Lebih baik menginjak pedal akselerator dengan perlahan atau dengan menurunkan gigi percepatan transmisi terlebih dahulu sebelum berakselerasi.

    Baca Juga: Cek Sumber Kebisingan Mesin dan Cara Penanganannya

     

    Engine Brake

    Dalam kondisi tertentu yang masih aman. Penurunan kecepatan atau deselerasi dapat saja terjadi secara efisien tanpa banyak menginjak pedal rem dalam-dalam. Asalkan urutan sudah benar. Maksudnya, perpindahan dari gigi percepatan tinggi ke gigi percepatan lebih rendah harus dilakukan. Misalnya saja Anda sedang berkendara di gigi 4. Maka tidak boleh langsung pindah ke gigi 2 apalagi gigi 1.

    Perpindahan harus melalui gigi 3 terlebih dahulu sehingga lebih halus dan menjaga kualitas mesin. Kecuali dalam kondisi darurat guna menurunkan kercepatan kendaraan. Saat terjadi engine brake maka konsumsi bahan bakar berkurang dan kendaraan melambat. Jika dilakukan, maka penggunaan rem juga dapat diminimalisir, sehingga kanvas rem lebih awet.

    Lalu putaran yang terjadi di mesin bakal menahan kecepatan mobil dan jika sudah diperlukan pengendara bisa kembali menginjak pedal akselerator. Teknik ini digunakan agar mobil lebih mudah dikendalikan, baik pada kondisi jalanan menurun, pada saat hujan dan saat melaju di jalan raya.

     

    Atur Pedal Kopling

    Melepas pedal kopling secara cepat akan membuat kendaraan tersentak. Sekaligus memberikan tekanan lebih pada mesin dan transmisi. Hal ini menyebabkan kopling menjadi panas. Bila hal ini diteruskan atau menjadi kebiasaan akan menyebabkan umur pakai komponen kopling lebih cepat. Maka dari itu pengendara harus memperhatikan cara melepaskan kopling secara perlahan agar mobil tidak berjalan dengan menyentak.

    “Dengan informasi yang diberikan ini. Kami berharap konsumen dapat memahami sepenuhnya mengenai cara berkendara yang baik. Sehingga dapat mempengaruhi performa dan umur pakai mesin mobil. Kebiasaan ini, sebisa mungkin diterapkan maupun dihindari untuk yang negatifnya. Jadi, perjalanan tetap terasa aman dan nyaman ketika berkendara jarak dekat maupun jauh. Pengendara juga harus memastikan untuk selalu melakukan perawatan rutin supaya menghindari kerusakan,” tutup Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Cara Bawa Mobil Bertransmisi Manual yang Benar Agar Komponen Awet

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Tak Cuma Kaya ADAS, Suzuki Fronx Bisa Diajak Seirit LCGC
      Tak Cuma Kaya ADAS, Suzuki Fronx Bisa Diajak Seirit LCGC
      Tomi Tomi . Hari ini
    • Bentuknya Mungil, Tapi GWM Ora 03 Dijejali 15 Fitur ADAS
      Bentuknya Mungil, Tapi GWM Ora 03 Dijejali 15 Fitur ADAS
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Eksplorasi dan Impresi Awal GAC Aion UT Sebelum Rilis di Indonesia, Hatchback Listrik Stylish
      Eksplorasi dan Impresi Awal GAC Aion UT Sebelum Rilis di Indonesia, Hatchback Listrik Stylish
      Setyo Adi . Hari ini
    • Tips Merawat Kaki-Kaki Mobil ala Garasi Oase untuk Performa Maksimal
      Tips Merawat Kaki-Kaki Mobil ala Garasi Oase untuk Performa Maksimal
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • Harga Chery Makin Terjangkau Lewat Dua Produknya Ini
      Harga Chery Makin Terjangkau Lewat Dua Produknya Ini
      Setyo Adi . 27 Jun, 2025

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Mazda Tampilkan Nuansa Jepang Modern di GIIAS 2025, Dua Model Baru Jadi Sorotan
      Mazda Tampilkan Nuansa Jepang Modern di GIIAS 2025, Dua Model Baru Jadi Sorotan
      Anindiyo Pradhono . Hari ini
    • Spesifikasi Mobil Listrik Jetour X50e yang Siap Meluncur di GIIAS 2025
      Spesifikasi Mobil Listrik Jetour X50e yang Siap Meluncur di GIIAS 2025
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Xiaomi Resmi Jual YU7 Mulai Rp500 Jutaan, Ada Fitur Pereda Mabuk Kendaraan
      Xiaomi Resmi Jual YU7 Mulai Rp500 Jutaan, Ada Fitur Pereda Mabuk Kendaraan
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Awal Juli 2025, Daftar Harga Bahan Bakar Berkualitas Kompak Naik
      Awal Juli 2025, Daftar Harga Bahan Bakar Berkualitas Kompak Naik
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Buat Mobilitas Harian, Ini Fitur Pendukung Kenyamanan GWM Ora 03
      Buat Mobilitas Harian, Ini Fitur Pendukung Kenyamanan GWM Ora 03
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Bukan Gaya Belaka, Peningkatan Interior New Xpander Cross 2025 Juga Fungsional
      Bukan Gaya Belaka, Peningkatan Interior New Xpander Cross 2025 Juga Fungsional
      Ardiantomi . 30 Jun, 2025
    • Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Fronx Bisa Seirit LCGC!
      Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Fronx Bisa Seirit LCGC!
      Ardiantomi . 30 Jun, 2025
    • Berkat AYC, Mitsubishi Xpander Jadi Lebih Enak, Aman dan Nyaman!
      Berkat AYC, Mitsubishi Xpander Jadi Lebih Enak, Aman dan Nyaman!
      Ardiantomi . 30 Jun, 2025
    • Impresi GAC Aion UT: Hatchback EV Futuristik dengan Sentuhan Eropa
      Impresi GAC Aion UT: Hatchback EV Futuristik dengan Sentuhan Eropa
      Setyo Adi Nugroho . 28 Jun, 2025
    • Tawaran Model Low MPV Terkini, Harga Mulai Rp180 Jutaan
      Tawaran Model Low MPV Terkini, Harga Mulai Rp180 Jutaan
      Setyo Adi Nugroho . 24 Jun, 2025
    • Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
      Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
      Zenuar Yoga . 30 Jun, 2025
    • Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
      Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
      Setyo Adi Nugroho . 04 Jun, 2025
    • Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
      Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
      Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2025
    • Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
      Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
      Setyo Adi Nugroho . 29 Apr, 2025
    • Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
      Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
      Muhammad Hafid . 15 Apr, 2025
    • Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
      Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
      Setyo Adi Nugroho . 24 Jun, 2025
    • Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
      Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
      Wahyu Hariantono . 18 Jun, 2025
    • Road Test Volvo EX30: Mobil Listrik Minimalis dengan Ambisi Maksimal
      Road Test Volvo EX30: Mobil Listrik Minimalis dengan Ambisi Maksimal
      Wahyu Hariantono . 16 Jun, 2025
    • Test Drive Xpeng X9: MPV Listrik Canggih dengan Rasa Mewah dan Fitur Masa Depan
      Test Drive Xpeng X9: MPV Listrik Canggih dengan Rasa Mewah dan Fitur Masa Depan
      Setyo Adi Nugroho . 04 Jun, 2025
    • Test Drive BYD Seal Performance di Mandalika: Sedan Listrik 522 HP dengan Teknologi DiSus-C
      Test Drive BYD Seal Performance di Mandalika: Sedan Listrik 522 HP dengan Teknologi DiSus-C
      Alvando Noya . 26 Mei, 2025