Cara Mudah Menjaga Keawetan Mekanikal Motor Tanpa Perlu ke Bengkel

oli motor

Sepeda Motor adalah moda transportasi multiguna dan simple dikendarai. Selain harganya lebih terjangkau jika dibanding mobil, biaya perawatannya pun relatif murah. Namun tak ada salahnya bila merawat sendiri bagian-bagian mekanikal motor. Hal itu dilakukan agar kondisi kuda besi kesayangan tetap prima. Bukan servis berat tapi ringan saja, dan bisa dilakukan sendiri tanpa harus menggunakan jasa mekanik. Berikut cara merawat motor yang bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke bengkel.

Ganti Oli dan Cairan Lain

Oli mesin, cairan pendingin mesin, dan minyak rem adalah beberapa jenis cairan pada motor yang harus tercukupi jumlahnya. Jika motor selalu digunakan setiap hari, ganti oli wajib dilakukan minimal satu bulan sekali. Pada umumnya pergantian pelumas dianjurkan setelah 2.000 km.

Sebelum berpergian, cek kondisi oli dengan membuka dipstick untuk mengetahui kondisi dan kapasitasnya. Peran pelumas sangatlah penting untuk menjaga komponen di dalamnya. Hal itu agar enjin tidak mengalami gesekan berlebih sehingga usia dari piranti lebih awet.

Bagi pengguna motor dengan mesin berpendingin cairan, kondisi radiator coolant perlu diperiksa secara rutin. Normalnya, cairan harus berada di antara batas lower dan upper, baik saat mesin mati dan beroperasi. Jika berkurang, bisa tambahkan namun jangan berlebihan atau melewati batas atas, karena berisiko meluap keluar. Komponen ini wajib dirawat untuk menjaga performa mesin dan mengoptimalkan pendinginan.

Sementara minyak rem disarankan untuk diganti dua tahun sekali. Ini dilakukan karena ia berperan seperti oli, ada batas masa pakainya. Kalau terus digunakan tanpa diganti, maka kejadian seperti rem blong atau rem ngempos bakal terjadi.

Baca Juga: Pelajari Teknik Pengereman saat Berkendara Motor dalam Kecepatan Tinggi

ganti oli

Cek Rantai atau Drive Belt

Rantai juga membutuhkan perhatian khusus, karena komponen ini sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda. Berikan pelumas rantai yang sesuai standar atau cairan multi purpose. Kegiatan itu bisa dilakukan sendiri dan berfungsi untuk mencegah karat. Jika kondisi rantai sudah aus atau karat, baiknya segera ganti dengan yang baru, berikut gear depan dan belakang (gear set). Disarankan dilumasi setiap 500 km/seminggu sekali. Kalau musim hujan, bagusnya sering dilumasi.

Untuk pengguna skutik, yang harus diperhatikan dan diberi perawatan rutin yaitu Continuously Variable Transmission (CVT). Merupakan komponen paling penting yang menyalurkan putaran mesin ke roda belakang. Transmisi otomatis ini cara kerjanya sama seperti motor gigi / kopling pada umumnya.

Perawatan CVT dilakukan 3 sampai 6 bulan sekali atau setiap 6.000 km. Komponen utamanya ada V-belt, roller, dan kampas ganda. Perhatikan tiga piranti penting itu, jika mengalami kerusakan baiknya diganti. Jika masih dalam kondisi baik, cukup bersihkan menggunakan kompresor atau kain kering.

Bersihkan Filter Udara

Filter udara pada jenis kendaraan apapun adalah akses mesin bernapas. Maka pastikan komponen itu selalu bersih dan tidak rusak. Saringan udara biasanya tipe viscous elemen, mengandung semacam oli untuk memaksimalkan menyaring debu. Peranti tipe ini biasanya tidak perlu disemprot maupun dibersihkan secara berkala. Guna memaksimalkan kinerja motor, tiap 16.000 km atau bisa lebih cepat (sudah menghitam sebelum 16.000 km) bila kondisi lingkungan/jalan yang dilalui sangat berdebu.

Baca Juga: Hindari Oli Mesin Motor ‘Stres’, Ini Caranya

Periksa Baterai

Untuk sepeda motor saat ini, banyak yang sudah mangadopsi sistem injeksi. Fungsi baterai sangatlah penting untuk mengontrol berbagai komponen kelistrikan mulai dari control bahan bakar, pengapian dan lainnya. Maka rutinlah memeriksa kondisi terminal kedua aki. Jika ada jamur yang berupa bercak-bercak putih, bersihkan dengan membasuhnya dengan air panas. Jika tidak, hantaran arus listrik bakal terganggu. Disarankan untuk tidak menggunakan variasi/aksesori berlebih yang dapat menganggu fungsi kerja utama dari baterai itu sendiri.

Cek Kondisi Busi

Merawat busi bukanlah hal yang berat. Ini bisa dilakukan sendiri di rumah, dengan hanya modal kunci busi dan perlengkapan tambahan. Meski penggantian busi menurut anjuran setiap 8.000 km, baiknya segera diganti ketika bagian kepalanya (elektroda) sudah hitam dan dipenuhi dengan arang sisa-sisa pembakaran. Agar tenaga mesin selalu terjaga dengan baik.

Itulah beberapa perawatan motor yang bisa dilakukan sendiri dengan ketelitian dan alat yang memadai. Agar kendaraanmu tetap prima ketika digunakan, maka perawatan ini sifatnya harus dijalankan secara rutin. (Bgx/Odi)

Baca Juga: Siapkan Riding Gear Ini Sebelum Terjun ke Medan Off-Road

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • MForce Indonesia Luncurkan Letbe Island 160, Harga Lebih Murah dari Honda Vario
    MForce Indonesia Luncurkan Letbe Island 160, Harga Lebih Murah dari Honda Vario
    Anjar Leksana . 10 Jul, 2025
  • Pembalap Astra Honda, Kiandra Ramadhipa Cetak Sejarah di Kancah Balap Eropa
    Pembalap Astra Honda, Kiandra Ramadhipa Cetak Sejarah di Kancah Balap Eropa
    Zenuar Yoga . 09 Jul, 2025
  • QJMotor Indonesia Rilis Mini Sport CiTo 150 Bertransmisi Matik!
    QJMotor Indonesia Rilis Mini Sport CiTo 150 Bertransmisi Matik!
    Anjar Leksana . 08 Jul, 2025
  • Honda CUV e: Dapat Potongan Besar, Harga Jadi Setara Honda Beat!
    Honda CUV e: Dapat Potongan Besar, Harga Jadi Setara Honda Beat!
    Anjar Leksana . 08 Jul, 2025
  • Yamaha Segarkan X-Ride 2025 dengan Grafis dan Warna Anyar
    Yamaha Segarkan X-Ride 2025 dengan Grafis dan Warna Anyar
    Anjar Leksana . 08 Jul, 2025
  • Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Zenuar Yoga . 02 Jul, 2025
  • 6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    Ardiantomi . 01 Jul, 2025
  • Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 10 Jun, 2025
  • Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Zenuar Yoga . 09 Jun, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025