Deretan Skutik Termurah yang Sudah Pakai Keyless

Honda all new scoopy

Teknologi keyless system bukan lagi konsumsi mobil belaka. Motor pun sudah banyak yang memakainya. Karena sangat menambah kepraktisan aktivitas berkendara. Hanya butuh remote dan memutar kenop untuk menghidup-matikan mesin. Fungsi lainnya memberi keamanan dari tindak pencurian. Skutik pun telah mengadopsi fitur ini. Malah bisa didapat dengan bujet tak sampai Rp30 juta.

Honda Scoopy

review honda scoopy

All-new Scoopy menjadi skutik termurah Honda yang sudah dibekali teknologi keyless. Mengadopsi Smart Key System terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm. Untuk mengoperasikan motor hanya menggunakan remote. Pakai model knop, mirip Honda Vario 150 terbaru. Banderolnya Rp21,125 juta OTR Jakarta dengan dua pilihan varian, Prestige dan Stylish.

Remote FOB-nya tersedia 2 tombol. Bawah berfungsi untuk mengaktifkan sistem Smart Key seperti menyalakan motor atau buka kunci setang. Lalu tombol atas untuk Answer Back System, yang membantu pemilik mencari motornya di parkiran. Untuk pembuka bagasi mirip Honda Scoopy sebelumnya, menekan kenop sebelah rumah keyless-nya. Fitur ini hanya tersedia di varian tertinggi.

Roda dua ini menawarkan desain bodi yang kental aura retro. Lampu oval, lengkap dengan imbuhan DRL dan sumber cahaya dari LED proyektor menjadi ciri khasnya. Bentuk mika stoplamp bulat sempurna dan terpisah dengan sinyal belok. Memberikan khas layaknya skuter Eropa. Sementara area samping masih menyerupai Scoopy lama, pakai konsep garis bodi S (shape).

Menggendong mesin generasi baru dan termutakhir dengan teknologi eSP (enhanced Smart Power). Kapasitasnya 109,5 cc SOHC pendingin udara dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Mampu mengembuskan power sebesar 6,6 kW (9,0 PS) pada 7.500 rpm dengan torsi mencapai 9,3 Nm di putaran 5.500 rpm. Teknologi eSP terintegrasi dengan ACG Starter, untuk menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, serta menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS).

Variabel fiturnya canggih. Ada pengisi daya atau power outlet berjenis soket USB, bagasi luas dengan kapasitas 15,4 liter, panel instrumen modern dengan kombinasi analog-digital, Multi Function Hook, standar samping otomatis (Side Stand Switch) serta tuas pengunci Brake Lock.

Honda Vario 150

honda vario 150

Honda Vario 150 sudah mengadopsi keyless sejak 2018. Tidak ada lagi anak kunci konvensional seperti model sebelumnya, berganti kenop dan remote pintar. Skutik ini ditawarkan dengan harga Rp24,715 juta OTR DKI Jakarta.

Sama seperti Scoopy, bila ingin mengaktifkan mesin, tekan dulu tombol starter sampai motor mengeluarkan bunyi dan muncul lambang kunci di panel instrumen. Setelah itu, kenop baru bisa diputar ke posisi on. Sistem keamanan itu juga telah terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm.

Fitur lain yang tak kalah menarik yaitu panel instrumen digital. Side Stand Switch, Brake Lock System idling stop system (ISS) dan combi brake system (CBS) menjadi peranti standar pada Vario 150. Dalam hal kepraktisan, ia memiliki kapasitas bagasi sebesar 18 liter, dapat menyimpan helm standar serta barang berdimensi kecil.

Dapur pacu Vario 150 bisa melontar tenaga 13 hp di 8.500 rpm dan torsi 13,4 Nm di putaran 5.000 rpm. Mesinnya telah disematkan teknologi eSP yang terintegrasi ACG Starter, mampu membisukan suara mesin saat pertama dinyalakan.

Baca Juga: Pilihan Skutik Praktis yang Cocok untuk Kaum Hawa

Yamaha FreeGo S

Yamaha FreeGo

Skutik 125 cc dari Yamaha ini sudah pakai smart key. Fitur ini bisa didapatkan pada FreeGo tipe S dan S ABS. Buat harganya, masing masing dilego Rp20,815 juta dan Rp23,190 juta OTR Jakarta. Buat varian tertinggi tak hanya keyless, ia juga mendapat pasokan sistem pengereman anti-lock braking system (ABS) di roda depan.

Hadirnya smart key tak perlu lagi mengeluarkan/memasukkan kunci. Semua dipermudah dengan hanya mengantongi remote saja. Alat itu sudah dijejali modul immobilizer. Peranti pengendali jarak jauh yang dikeluarkan Yamaha punya bentuk ringkas. Begitu pula kenop yang tersedia, wujudnya dinamis sehingga memudahkan jari untuk memutarnya. Selain itu ada Answer back system, dengan menekan tombol tersebut, motor dalam sekejap berbunyi dan lampu sein menyala kedap-kedip, menandakan posisi motor.

Fitur lain yang tak kalah menarik yaitu panel instrumen digital. Dibekali pula dengan bagasi luas, kapasitasnya mencapai 25 liter. LED Headlight dan memiliki lampu hazard. Dibekali pula dengan electric power socket. Lalu ada Smart Front Refuel. Pengisian bahan bakar cukup praktis karena lubang tangki pengisian berada di posisi depan, sehingga pengendara tidak perlu membuka jok. Tangki bensinnya bervolume 4,2 liter, dan dilindungi plat baja. Teknologi SSS (Stop & Start System), SMG, smart lock, dan side stand switch telah disematkan.

Mesin yang dipakai 125 cc Blue Core berpendingin udara dengan piston 52,4 mm dan stroke 57,4 mm, perbandingan kompresi 9,5:1. Klaim tenaga maksimalnya 9,3 Hp di 8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm pada 5.500 rpm.

Yamaha Lexi S

Yamaha Lexi S

Sistem kunci canggih juga terdapat di Yamaha Lexi S dan S ABS. Masing-masing dijual Rp24,500 dan Rp27,110 juta OTR Jakarta. Sama dengan FreeGo, keyless yang ada di Maxi entry level itu pakai model kenop dan posisinya di dek kanan. Berkat hadirnya remote, pengguna tak perlu lagi membawa anak kunci. Membuat proses menyala dan matikan mesin, dan mengunci setang bisa dilakukan dengan mudah. Di bagian rumah kenop juga disediakan tombol membuka tangki bensin dan bagasi. Lebih praktis.

Dalam hal keamanan, ABS alias Anti-lock Braking System telah disematkan pada Lexi varian tertinggi. Dengan adanya fitur itu, risiko kecelakaan bisa diminimalisir. Karena bermanfaat untuk mencegah roda terkunci kala terjadi pengereman mendadak.

Yamaha juga membekali Lexi dengan speedometer canggih. Dilengkapi dengan Multi-Information Display (MID) yang berisi informasi lengkap mengenai sepeda motor. Selain serbadigital, ia memiliki tampilan negatif (negative display). Lampu depan sudah mengadopsi teknologi LED, Electric Power Socket, Stop & Start System (SSS) serta lampu hazard sebagai tanda ketika pengendara dalam kondisi darurat.

Urusan performa dirinya dibekali dengan mesin 125 cc Bluecore yang sanggup memuntahkan torsi puncak 11,3 Nm pada 7.000 rpm dan tenaga maksimal 11,89 PS pada 8.000 rpm. Sudah dilengkapi pula dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA), membuat tarikan motor selalu bertenaga di setiap putaran mesin. Tak lupa Smart Motor Generator (SMG) yang bikin starter motor menjadi halus suaranya.

Yamaha Aerox Connected/ABS

Yamaha Aerox 155 Connected

Sistem kunci canggih juga merambah ke skutik sporty dari keluarga Maxi Yamaha. Ya, Aerox paling baru juga telah menggunakan peranti modern itu. Tapi hanya terdapat pada varian tertinggi yang dijual Rp29,2 juta OTR Jakarta. Bentuk dan lokasi kenopnya masih sama dengan FreeGo dan Lexi. Di sebelah kanan dan lengkap dengan tombol buka cover tangki dan jok.

Selain dapat menyalakan mesin tanpa menancapkan kunci, sistem ini juga mempermudah pengguna untuk mencari posisi parkir motor. Bisa meminimalisasi kemungkinan pencurian dengan tambahan fitur Immobilizer dan Answer Back System. Sesuai dengan harga jual yang tinggi, dirinya juga sudah dilengkapi dengan peranti keamanan canggih, yakni ABS (Anti-lock Braking System).

Selain kedua fitur modern itu, ia juga memiliki panel instrumen canggih dengan Multi Information Display (MID). Sudah dilengkapi dengan indikator Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) Apps, pesan, email dan telepon. Mampu menghubungkan smartphone pengendara dengan motor melalui Bluetooth.

All-new Aerox 155 Connected mengusung Total New Engine Blue Core 155 cc berpendingin cairan. Dilengkapi teknologi Variable Valve Actuation (VVA), membuat torsi merata di setiap putaran mesin. Jantung mekanisnya mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 15,1 hp di 8.000 rpm plus torsi 13,9 Nm pada putaran 6.500 rpm. Angka itu menjadikannya sebagai skutik dengan performa dan Power to Weight Ratio (PWR) terbaik di kelasnya.

Mesinnya juga telah disematkan Smart Motor Generator (SMG), sehingga starter motor menjadi halus serta Stop and Start System (SSS), berfungsi mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu saat motor sedang berhenti.

Ia sudah menggunakan pencahayaan berteknologi LED, handle bar switch, lampu hazard, Electric Power, kapasitas bagasi yang luas dan dilengkapi dengan Sub Tank Suspension. Peranti untuk memberi redaman yang lebih optimal. (Bgx/Odi)

Baca Juga: Skutik Juga Bisa Tampil Gagah ala Motor Adventure, Berikut Pilihannya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang