Pilihan Skutik Honda dengan Speedometer Digital

2021 Honda ADV150 Meter

Era digital sudah merasupi segala elemen. Tak terkecuali kendaraan bermotor. Terutama sepeda motor, digitalisasi terpusat pada panel instrumen sebagai pusat segala informasi. Dulu petunjuk kecepatan hanya menggunakan jarum konvensional, sekarang berubah menjadi layar canggih. Berikut skuter matik yang punya panel instrumen serbadigital dari kubu Honda. Tersedia dari level bawah mulai dari Rp 17 jutaan.

Honda Beat Street

beat street

All New Honda Beat Street menggunakan digital panel meter yang ringkas. Bentuknya persegi panjang berlatar biru. Isinya ada untuk informasi kecepatan, sisa bensin serta odometer. Di bawahnya ada 4 indikator, dimulai dari kiri menunjukan aktivasi lampu jauh di paling kiri, lampu sein, MIL (Malfunction Indicator Lamp) untuk engine check, dan yang paling kanan ECO Indicator. Dilapisi cover tebal warna hitam yang mampu mengisi kekosongan di bagian tengah setang.

Unit ini punya tampilan yang cocok dipakai kaum pria. Ia mengusung konsep street style, bodinya punya desain meruncing hingga ke belakang. Selain itu diterjemahkan dengan penggunaan naked handlebar. Tubuhnya dipenuhi garis tajam dan tegas. Rumah lampunya melambangkan huruf U, mirip kepunyaan Vario Series. Lampu utama sudah menganut teknologi LED dengan grafis body terlihat lebih dinamis. Mirip guratan graffiti.

Generasi terbaru menggunakan frame bernama eSAF, berbentuk pipih dan diklaim lebih ringan sekaligus kokoh. Rangka ini juga memberikan kontribusi terhadap pengendalian yang lebih lincah. Untuk mendukung peredaman, layout suspensi masih sama seperti sebelumnya: teleskopik di depan dan monoshock di belakang.

Mesin memiliki spesifikasi yang sama dengan Genio dan Beat reguler. Berkapasitas 110 cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power). Menghasilkan daya hingga 8,8 hp pada 7.500 rpm, plus torsi 9,3 Nm di 5.500 rpm.

Mesin terbaru juga memastikan hasil pembakaran ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3. Teknologi baru ini juga membuat mesin eSP lebih irit dalam penggunaan bahan bakar. Melalui tes internal dengan metode ECE R40, didapatkan hasil konsumsi bahan bakar mampu hingga 60,6 kpl (fitur ISS on) sehingga mampu menempuh jarak 254,52 km dalam sekali pengisian bahan bakar.

Salah satu keuntungan penggunaan rangka eSAF adalah, ruang pijakan kaki yang jadi lebih luas sehingga mampu memberikan posisi berkendara lebih rileks. Selain itu, tangki BBM kini membesar dengan menampung 4,2 liter dari 4 liter. Kombinasi mesin irit dan tangki membesar akan membuat Beat Street sangat fleksibel untuk digunakan

Fitur pendukung kenyamanan terbilang lengkap. Mulai dari side stand switch, Parking Brake Lock serta bagasi berkapasitas 12 liter. Masih bisa menampung jas hujan, jaket dan peralatan riding lainnya. Tapi jangan harap muat helm. Beat Street 2020 kini dibekali tiga warna baru Street Black, Street Silver, Street Balck Silver. Dijual Rp 17,150 juta OTR Jakarta.

Baca Juga: Mencari Persamaan dan Perbedaan Honda Scoopy, Genio dan Beat

Honda Genio

Honda Genio

Honda Genio punya modal cukup menjanjikan. Suguhan paling menarik merujuk pada tampilan panel meter. Bagian ini berbentuk bulat dengan sajian informasi full digital. Ragam data dasar ditampilkan, mulai dari spidometer, odometer, hingga fuel meter. Satu lagi, ada Eco Indicator sebagai pemandu berkendara irit.

Dari layar bulat tadi pula dapat melihat kinerja perangkat Idling Stop System (ISS). Untuk menggunakannya mesti membeli unit tertinggi (Genio CBS-ISS). Jika tombol ISS di setang sebelah kanan aktif (On), maka mesin bakal mati otomatis saat idle 3-5 detik. Fitur ini pula yang diklaim menyokong efisiensi Genio. Seperti dituliskan, konsumsi BBM Honda Genio mencapai 59,1 kpl. Berdasarkan pengujian ECE R40, skutik ini dapat berjalan sejauh 248 km dengan kondisi tangki full tank (4,2 liter).

Identitas Honda Genio ditandai dari desainnya yang casual dan bodi yang kompak, sesuai bagi generasi muda. Secara keseluruhan, skutik fashionable ini terlihat simpel. Sangat ideal untuk dipakai berkendara di lalu lintas padat. Jarak jok dengan tanah 740 mm mendukung fleksibilitas pengendara, apalagi ditunjang dengan step floor yang luas. Bobot tubuh keseluruhan Genio yang terbilang ringan, 89 kg (tipe CBS) dan 90 kg untuk Genio CBS-ISS.

Pada sisi tata cahaya, teknologi lampu depan sudah menggunakan LED. Dipadu lampu belakang stylish, serta lampu sein terpisah di bagian cover bodi, memberikan image modern dan pencahayaan optimal.

Genio menggendong mesin eSP (enhanced Smart Power) 110 cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Tenaga maksimal mesin ini mencapai 8,8 Hp di 7.500 rpm, dan torsi puncak 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Kemampuan ini sanggup membuat Honda Genio lebih responsif saat berakselerasi. Skutik ini mampu menempuh jarak 0-200 meter hanya dalam 12,4 detik dengan kecepatan maksimal yang mampu menyentuh 94 kpj.

Dirinya juga didukung oleh penggunaan frame (rangka) eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Sruktur kerangka ini dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas handling, sehingga sepeda motor mudah dikendarai dan nyaman saat bermanuver. Rangka Honda Genio mampu memberi pemanfaatan ruang yang efisien terbukti dengan kapasitas tangki bahan bakar 4,2 L.

Ia juga dibekali fitur-fitur penunjang, menyesuaikan kebutuhan pengguna. Ditawarkan lewat penyajian dua konsol di bawah kemudi. Ceruknya tidak dalam, namun cukup untuk menaruh item pendukung berkendara seperti sarung tangan. Kemudian ruang penyimpanan besar berkapasitas 14 liter, untuk menyimpan barang kebutuhan harian dalam berkendara. Di dalam bagasi juga tersedia power charger untuk mengisi ulang baterai gadget bagi generasi muda masa kini yang akrab dengan penggunaan gadget.

Faktor keamanan ditunjang dengan fitur secure key shutter, dilengkapi tombol pembuka jok yang praktis. Brake lock, sistem pengereman combi brake, dan side stand switch menjadi fitur standar Honda Genio yang memastikan keamanan pengguna.

Honda Genio dipasarkan dengan harga on the road (OTR) Jakarta Rp 17,680 juta untuk tipe CBS. Hadir dengan tampilan grafis berkelas dengan nuansa garis dan pola yang fun melalui aksen neon. Ada Radiant White Silver, Radiant Red Black, Radiant Silver Black, dan Radiant Brown Black.

Sedang versi CBS-ISS dijual Rp 18,150 juta. Muncul dengan grafis goresan kapur tulis yang ekspresif. Skutik berdesain casual dan fashionable ini memiliki empat pilihan warna yaitu Fabulous Red, Fabulous Matte Brown, Fabulous White, dan Fabulous Matte Black.

Honda Vario Series

Honda Vario

Honda Vario series terdiri dari 125 dan 150. Selain dibedakan kubikasi mesin, kelengkapan yang dibawa juga ada sedikit diferensiasi. Tapi untuk panel meter keduanya punya persamaan. Tidak hanya full digital, informasi yang ditampilkan juga lumayan banyak.

Panel instrumennya sudah LCD negative display. Terlihat kontras dengan latar belakang gelap. Di bagian kiri ada indikator bensin, lalu speedometer yang ukuran font-nya lumayan besar. Paling kanan atas ada jam, serta di tengahnya ada Multi Information Display (MID) dengan odometer sebagai informasi awal.

Untuk mengakses informasi lain di MID-nya, cukup menekan tombol "select" di kiri. Setelah odometer, ada tripmeter A & B. Lalu jam digital, bar bensin, voltmeter, Instrumen angka km/l, hingga Oil Change dan smart key Indicator (hanya di Vario 150). Kemudian engine check dan indikator Idling Stop System (ISS).

Sebagai skutik berperforma tinggi dengan pilihan mesin 150 cc dan 125 cc, Honda Vario series juga disematkan teknologi dan fitur canggih. Berkat Honda Smart Technology dengan teknologi eSP pada mesinnya, berhasil membuktikan kalau mereka mampu menghasilkan pembakaran yang efisien dan minim gesekan untuk mengurangi resiko terbuang percuma.

Teknologi eSP yang ada pada dirinya terintergrasi dengan ACG Starter, mampu membisukan suara mesin saat pertama dinyalakan. Teknologi ini juga menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS) yang secara otomatis mematikan mesin saat posisi idle lebih dari 3 detik. Dan hanya menarik tuas gas untuk dapat menghidupkannya kembali.

Berkat fitur ISS, pabrikan mengklaim dapat menghasilan konsumsi BBM teririt di kelasnya, sebesar 46,9 kpl (metode ECE R40 Euro 3) dengan hasil emisi gas buang yang lebih baik dari standar emisi Euro 3.

Untuk fitur keselamatan sudah ada Side Stand Switch, yang membuat mesin tidak dapat menyala jika posisi standar dalam kondisi turun. Brake Lock System yang menjaga posisi motor ketika dalam keadaan jalan menanjak maupun menurun. Semakin optimal dengan Combi Brake System (CBS) untuk menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan.

Kesan ekslusif pada Honda Vario series juga terpancar dari bodi ramping dengan ban besar. Disematkan pula lampu berteknologi LED di semua sistem pencahayaan. Dilengkapi Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm sebagai fitur keamanan kendaraan. Dalam hal kepraktisan, ia memiliki kapasitas bagasi sebesar 18 liter, dapat menyimpan helm standar serta barang berdimensi kecil.

Untuk All New Honda Vario 150 Sporty White Red dan Sporty Black Red dijual Rp 24,3 juta on the road Jakarta. Sementara buat varian yang disematkan pelek berkelir gold khususnya pada versi Exclusive Matte Black dan Exclusive Matte Silver dibanderol Rp 24,1 juta OTR Jakarta.

Sedang Vario 125 Advance White (CBS-ISS), Advance Matte Blue dan Advance Matte Black dilego Rp 21,5 juta. Serta untuk CBS dibanderol Rp 20,6 juta dengan kelir Advance Black dan Advance Red.

Baca Juga: Adu Fitur Sport Fairing Kelas Pemula, Honda CBR150RR Vs Yamaha R15 Vs Suzuki GSX-R150

Honda PCX

Honda PCX

Memiliki panel instrumen besar dan menyajikan informasi lengkap dalam format LCD yang mudah dibaca. Pakai model negatif display, background berwarna gelap sementara tulisanya berwarna putih. Jadi tetap terlihat jelas meski berkendara siang hari. Dibenamkan pula fitur Multi Informational Display (MID) dan dibagi dalam 3 buah layer. Dua di posisi kanan dan kiri sebagai indikator, sementara yang di tengah untuk bagian layar digital.

Di sebelah kiri atas terdapat indikator lampu sein kiri, di bawahnya ada Indikator Malfungsi ECU atau check-engine dan juga high beam (lampu jauh). Bagian kanan terdapat penunjuk sein kanan, indikator Smart Key (Kunci Keyless), ISS (Idling Stop System) aktif, suhu mesin (overheat) dan ABS (Anti-Lock Braking System) untuk yang versi ABS. Serta ada dua tombol, Sel (Select) dan Set (Reset) pada kiri dan kanan untuk menyetel jam dan mengganti informasi MID serta tingkat kecerahan spidometer.

Sementara pada bagian digital, paling besar ada spidometer, bawahnya jam digital, fuel meter (BBM) berupa bar, konsumsi penggunaan BBM rata-rata (AVE) dan paling bawah ada Odometer (jarak tempuh total) dan Tripmeter (jarak perjalanan) yang bisa diubah dengan tombol menekan tombol Select. Ada juga peringatan ganti Oli setiap 1.000 km pertama, kemudian 6.000 dan selanjutnya kelipatan 6.000 km.

All New Honda PCX tersedia pililhan CBS dan ABS. Opsi kelir terdiri dari Glorious Matte Black, Royal Matte Blue, Magnificient Matte Brown, Majestic Matte Red dan Wonderful White. Harga jualnya Rp 29,843 juta untuk tipe CBS, Rp 32,842 juta buat versi ABS OTR DKI Jakarta.

Skutik premium Honda didukung beragam fitur penunjang untuk memudahkan aktifitas sehari-hari. Seperti Power Outlet 12V yang terdapat di slot kiri depan, memudahkan pengendaraa kala kehabisan daya baterai smartphone. Tampilan panelmeter serbadigital yang canggih dan mudah dilihat.

Ruang penyimpanan berkapasitas 28,8 liter, mampu menampung helm full face ditambah barang berdimensi kecil. Sehingga praktis ketika digunakan dalam berkendara. Ada pula seat stopper yang menahan posisi jok agar tidak tertutup langsung. Tepatnya pada saat menyimpan atau mengeluarkan barang. Ditunjang juga dengan kapasitas tangki BBM terbesar di kelasnya, yaitu 8 liter.

Tingkat kemanan jadi meningkat berkat Smart Key yang terintegrasi dengan immobilizer dan dilengkapi alarm serta answer back system. Kuncinya berbasis remote, meninggalkan mekanisme konvensional. Di samping rumah kunci pintarnya ada tombol pembuka cover penutup bensin dan jok. Lebih praktis!

Honda PCX 150 eSP dilengkapi enhanced Smart Power (eSP). Teknologi yang membuat minim gesekan dan menghadirkan performa mesin yang menjajikan. Jantung pacunya mampu mengail tenaga sebesar 14,7 hp/8.500 rpm dan torsi 13,2 Nm/6.500 rpm. Daya yang ia hasilkan mampu diandalkan untuk berpergian baik di dalam kota maupun luar kota.

Masing-masing dilengkapi dengan fitur Anti-Lock Braking System (ABS) dan Combi Brake System (CBS). Didukung ban tubeless yang lebar dengan ukuran 100/80-14 depan dan 120/70-14 belakang. Bagian peredam kejut, dipasangkan tipe suspensi jenis teleskopik pada depan dan suspensi ganda belakang.

Honda ADV 150

Honda ADV150

Sistem full digital panel meter Honda ADV 150 memiliki layar besar dan berkesan tangguh. Dapat menampilkan berbagai informasi antara lain voltmeter, temperatur udara sekitar (pertama di kelasnya), konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, oil change, jam, tanggal, Trip A & Trip B.

Untuk lampu indikator terpisah di bagian bawahnya, memiliki bentuk memanjang dari kiri ke kanan. Di sana ada beberapa lampu indikator (dari kiri ke kanan) sein kiri, baterai (aki), lampu jauh, keyless, suhu mesin, oli, idling stop, ABS, dan juga sein kanan.

Honda ADV 150 merupakan skutik petualang kelas 150 cc. Dia hadir dengan bentuk bodi yang bongsor tapi lebih tajam dan berotot. Layaknya skutik modern, ia dibekali banyak fitur canggih. Seperti sistem penerangan yang full LED, DRL (daytime running light), ABS dan CBS, Honda Smart Key wtih alarm system), power charger, idling stop system (ISS) serta twin subtank rear suspension.

Jantung mekanisnya berkapasitas 150 cc 4 langkah, SOHC, eSP dengan PGM-FI. Diameter langkahnya yaitu 57,3 x 57,9 mm dengan rasio kompresi 10,8: 1. Menghasilkan ternaga sebesar 14,5 PS pada 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm di putaran 6.500 rpm. Mesin tersebut dikawinkan bersama transmisi otomatis tipe V-Matic. Di sisi lain, skutik ini juga diberikan sistem suplai bahan bakar dengan teknologi PGM – FI.

Honda ADV 150 dipasarkan dengan dua tipe, ABS-ISS yang dijual Rp 37.805.000 dan CBS-ISS dilego Rp 34.742.000 OTR Jakarta. Total ada 7 warna yang ditawarkan, Tough Matte Black Gold (ABS), Tough White Gold (ABS), Tough White Black (ABS), Advance Red (ABS), Tough Matte Black (CBS), Tough Red (CBS) dan Tough Matte Brown (CBS). (Bgx/Odi)

Baca Juga: Alternatif Motor Gagah Menarik Selain All New Honda CBR150R

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Artikel Motor Honda dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Kedatangan Honda Beat Facelift 2024 Semakin Dekat, Apa yang Berubah?
    Kedatangan Honda Beat Facelift 2024 Semakin Dekat, Apa yang Berubah?
    Anjar Leksana . 25 Mar, 2024
  • Promo Ramadan, Diler Motor Honda Ini Kasih Diskon hingga Rp5 Jutaan
    Promo Ramadan, Diler Motor Honda Ini Kasih Diskon hingga Rp5 Jutaan
    Anjar Leksana . 14 Mar, 2024
  • Instruktur Safety Riding AHM Dapat Gelar Terbaik di Kawasan Asia-Oceania
    Instruktur Safety Riding AHM Dapat Gelar Terbaik di Kawasan Asia-Oceania
    Zenuar Yoga . 04 Mar, 2024
  • AHM Kasih Paket Pelatihan Berkendara Buat Pemilik Motor Listrik Honda EM1 e:
    AHM Kasih Paket Pelatihan Berkendara Buat Pemilik Motor Listrik Honda EM1 e:
    Zenuar Yoga . 01 Mar, 2024
  • IIMS 2024: AHM Memperkenalkan Skuter Listrik Honda SC e: Concept
    IIMS 2024: AHM Memperkenalkan Skuter Listrik Honda SC e: Concept
    Zenuar Yoga . 17 Feb, 2024
  • Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Zenuar Yoga . 12 Feb, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Vario 160, Siapa Lebih Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Vario 160, Siapa Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 16 Jan, 2024
  • Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
    Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
    Zenuar Yoga . 13 Nov, 2023
  • Safety Riding Offroad Berujung Terabas Menembus Karst Citatah Bersama Honda CRF150L
    Safety Riding Offroad Berujung Terabas Menembus Karst Citatah Bersama Honda CRF150L
    Zenuar Yoga . 03 Agu, 2023
  • Seleksi Yamaha NMax 155 Vs Honda PCX 160, Siapa yang Layak Dibeli?
    Seleksi Yamaha NMax 155 Vs Honda PCX 160, Siapa yang Layak Dibeli?
    Bangkit Jaya Putra . 14 Jul, 2023
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
    First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
    Zenuar Yoga . 07 Okt, 2022
  • Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
    Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
    Bangkit Jaya Putra . 21 Jul, 2022
  • First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
    First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
    Setyo Adi Nugroho . 07 Jul, 2022
  • Test Ride Review New Honda Genio 2022: Seberapa Layak Dijadikan Motor Harian?
    Test Ride Review New Honda Genio 2022: Seberapa Layak Dijadikan Motor Harian?
    Bangkit Jaya Putra . 29 Mar, 2022