Aprilia RS660 Trofeo, Edisi Terbatas Khusus Balap Sirkuit

Aprilia RS660

Aprilia kembali melanjutkan misi melengkapi generasi baru dalam dunia balap. Kalau pada 2019 mereka meluncurkan RS250 SP, sekarang giliran RS660 Trofeo. Diproduksi terbatas dan hanya boleh digunakan untuk balap. Ia ditawarkan melalui program Aprilia Factory Works.

Sesuai dengan namanya, RS660 Trofeo fokus balapan di trek. Dilengkapi body kit berbahan fiberglass dari depan hingga belakang. Tarikan garis tajam serta lekukan aerodinamisnya tetap sama dengan versi standar. Bedanya tentu saja tidak dilengkapi standar keselamatan jalan raya. Tanpa spion, headlight dan stoplamp serta sepatbor belakang. Dengan menanggalkan komponen itu tentu membuat ia menjadi lebih ringan.

Spesifikasinya lebih gahar ketimbang RS660 biasa. Bila dilihat dari data teknis versi reguler, ia menggendong enjin 659 cc, DOHC, 2 silinder segaris berpendingin cairan dan telah memenuhi standar Euro 5. Diklaim bisa mengeluarkan tenaga hingga 100 hp. Sedang bobot keringnya cuma 169 kg.

Aprilia RS 660 Trofeo

Bedanya RS660 Trofeo telah dituning oleh para insinyur Aprilia yang terlibat langsung dalam proyek MotoGP dan WorldSBK. Utamanya bagian ECU dan sedikit ubahan di filter udara. Direktur Balap Aprilia, Romano Albesiano mengklaim motornya mampu menghasilkan waktu putaran tak terlalu jauh dari catatan pembalap SuperSport saat ini. Sebuah ide yang pasti menarik bagi pembalap pemula.

Efek dari penyesuaian buat kebutuhan balap, mesin Trofeo bisa mengembuskan tenaga sebesar 105 Hp. Bobot kering terpangkas menjadi 337 pon (153 kg). Bila disesuaikan dalam kondisi bahan bakar penuh dan terisi pelumas, maka totalnya menjadi 370 pon (167 kg).

Baca Juga: Aprilia Rilis SXR 160, Skutik Sporty Cocok Melawan Yamaha Aerox

Aprilia RS 660 Trofeo

Di sisi elektronik tentu saja sangat berbeda dengan versi jalan raya. Pertama, tidak ada kunci kontak dan fungsi ABS. Khusus untuk model Trofeo, ECU utama diprogram ulang dan strategi elektronik dikembangkan oleh Aprilia Racing. Ini berarti item seperti wheelie control, engine braking control, dan traction control khusus untuk penggunaan balap dan dapat disesuaikan oleh pengendara ke level yang berbeda. Ada quickshifter, tapi hanya upshift. Untuk memantau kinerja serta penggunaannya, panel instrumen TFT masih dipertahankan.

Aprilia mempertahankan rangka aluminium ringan, membuatnya menjadi pesaing terberat di superbike kelas menengah. Ia bebas dari peraturan emisi dan kebisingan, Trofeo juga sudah mengenakan suku cadang yang memiliki homologasi balap.

Aprilia RS 660 Trofeo

Supaya sesuai dengan kebutuhan di lintasan balap, dirinya dibekali dengan komponen premium. Termasuk knalpot full system dari SC Project, shock belakang Ohlins dan fork cartridge kit dari Andreani. Area kemudi mengandalkan setang clip-on serta rearset yang dapat disesuaikan. Pengeraman masih mengandalkan kaliper rem lansiran Brambo.

Tetap kenakan pelek aluminium tempa yang ringan dibalut ban radial Pirelli Supercorsa SC1 V3. D dengan ukuran depan 120/70-17 dan belakang 180/60-17. Penggunaan kulit bundar itu agar memiliki daya cengkeram yang baik saat dipakai balap. Biaya untuk memboyong satu unit RS660 Trofeo yakni sebesar €14.700 MSRP atau berkisar Rp254 jutaan. Tentu harga ini lebih terjangkau ketimbang membangun RS660 biasa untuk dijadikan balap. (Bgx/Odi)

Sumber: Aspalt and Rubber, Cycleworld

Baca Juga: Aprilia Tuono 660, Naked Bike Paling Ringan di Kelasnya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • IMHAX 2025 Resmi Dibuka: Parade Produk Lokal dan Internasional Meramaikan Dunia Roda Dua
    IMHAX 2025 Resmi Dibuka: Parade Produk Lokal dan Internasional Meramaikan Dunia Roda Dua
    Zenuar Yoga . 13 Nov, 2025
  • Program Hadiah Federal Oil Buat Konsumen Berakhir Akhir November 2025
    Program Hadiah Federal Oil Buat Konsumen Berakhir Akhir November 2025
    Zenuar Yoga . 13 Nov, 2025
  • Generasi Baru Ducati Hypermotard V2: Lebih Ringan dan Bertenaga
    Generasi Baru Ducati Hypermotard V2: Lebih Ringan dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 12 Nov, 2025
  • Rayakan Satu Dekade, Yamaha Nmax Turbo dan Neo Punya Warna Baru
    Rayakan Satu Dekade, Yamaha Nmax Turbo dan Neo Punya Warna Baru
    Zenuar Yoga . 11 Nov, 2025
  • Detail Lengkap Suzuki Satria Pro dan F150 Terbaru
    Detail Lengkap Suzuki Satria Pro dan F150 Terbaru
    Zenuar Yoga . 10 Nov, 2025
  • Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
    First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
    Zenuar Yoga . 10 Nov, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025