Ayo Yamaha, Berikan Motor Terbaik Sebelum Rossi Pensiun!

Ayo Yamaha, Berikan Motor Terbaik Sebelum Rossi Pensiun!
JAKARTA, 30 September 2019 -  Saat ini, Valentino telah mempersiapkan diri untuk menghadapi musim kompetisi 2020 yang dapat saja menjadi tahun terakhirnya di MotoGP. Ya, Rossi diprediksi akan pensiun tahun depan. Dan menurunnya performa Yamaha di MotoGP juga menjadi katalisator menyebarnya kabar ini. Walau jutaan fans fanatiknya masih mendamba Rossi mampu untuk meraih gelar ke-10, namun, The Doctor merasakan hal yang berbeda. Ada apa gerangan? Dalam beberapa kesempatan Rossi kerap mengkritik kinerja motornya sendiri. Seperti yang dialakukannya di Brno. “Apakah kalian sudah melihat daftar kecepatan maksimum? Di GP ini, saya paling "buncit". Ketika tak ada masalah, naik dua atau tiga posisi,” keluhnya. Rossi pun menyebut, kecepatan Yamaha M1 di trek lurus adalah yang terjelek sejak 2014, tetapi sekarang perbedaannya terlalu besar karena rival-rival mereka semakin bagus. “Jika itu belum cukup, entah mengapa, saya juga menjadi rider Yamaha paling lambat,” tambahnya. Sebagai pembanding, Fabio Quartararo selalu tampil baik di sesi kualifikasi dan beberapa kali mempersembahkan podium bagi Yamaha. Begitu pula dengan Maverick Vinales. Baca Juga: Valentino Rossi Ingin Punya Anak yang Berkarakter Seperti Ibunya Salah satu catatan Rossi adalah soal fokus. "Yamaha harus fokus memperbaiki akselerasi motornya," sebut Rossi. “Kami sering membahas tentang sayap, tapi pada akhirnya itu hanyalah perangkat kecil dari semua yang kami butuhkan. Tentu saja motor ini amat sulit bertarung. Ini amat disayangkan karena M1 begitu mudah dikendarai. Kami juga harus memperbaiki manajemen ban dan rem,” tutur juara dunia 9 kali ini. Yamaha M1 memang terlihat mumpuni ketika menikung, namun akselerasi ketika keluar tikungan, dan kecepatan di trek lurus masih menjadi momok bagi mereka. Selain itu, Rossi juga kerap merasakan grip ban belakang yang cepat memudar. Baca Juga: Valentino Rossi Tepati Janjinya di MotoGP Austria Ketika ditanya apakah ini karena masalah ban? Rossi menjawab, bukan. “Ini adalah masalah kami. Semua Yamaha menggunakan kompon keras untuk ban belakang, tetapi Maverick dan Quartararo mengalami masalah 5 lap sebelum usai. Saya lima lap setelah start,” kata Valentino Rossi, kepada gpone. Selain masalah motor, kita tentu jangan melupakan faktor usia. Di dunia olahraga, performa seorang atlet akan menurun ketika umur bertambah. Di usia 40 tahun (tahun depan 41 tahun), Rossi dipaksa harus bertahan dan beradaptasi. Meski terlihat belum kehilangan kecepatannya, langkah bertahan juga teramat sulit dilakukan Rossi. Satu-satunya cara Rossi bertahan adalah dengan motor baru yang mumpuni. Yamaha tentu harus siap, atau mereka akan kehilangan kesempatan melihat Rossi mempersembahkan gelar juara ke-10. Mampukah Yamaha? REZA ERLANGGA Baca Juga: Ini Harta Karun yang Akan Diwariskan Rossi kepada pembalap muda Italia

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Vespa World Day 2024 Dihadiri 30 Ribu Pencinta Vespa
    Vespa World Day 2024 Dihadiri 30 Ribu Pencinta Vespa
    Zenuar Yoga . 26 Apr, 2024
  • Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2024
  • Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Zenuar Yoga . 23 Apr, 2024
  • Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Anindiyo Pradhono . 23 Apr, 2024
  • Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2024
  • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
  • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023