Begini Jadinya saat Honda Membesut Rebel Jadi CL500 Scrambler

Honda CL500

 

KEY TAKEAWAYS

  • Honda CL500 merupakan model global

    Karena Rebel 500 dijual disini, tak menutup kemungkinan versi Scrambler juga masuk
  • Pada 23 Maret, Honda Motor Co., Ltd merilis CL500. Dari tampilan sudah terlihat kalau ia menggunakan basis Rebel yang dijadikan versi scrambler. Posisi rangka, tangki dan bagian lain tampak mirip. Di balik sasis, duduk mesin DOHC 4 katup empat silinder segaris berpendingin cairan dengan kubikasi 471 cc. Di Negeri Matahari Terbit, harga setelah pajak menjadi 863.500 yen atau setara Rp100 jutaan.

    Honda CL500 merupakan model yang dikembangkan dengan slogan Express Yourself. Tujuannya ialah menciptakan sepeda motor supaya dapat dinikmati secara santai sesuai kebutuhan aneka gaya hidup. Sekaligus menonjolkan diri si pengendara. Dibanding Rebel sebagai cruiser. Tampilan baru malah lebih cocok dibuat bergaya scrambler. Jok datar dan posisi knalpot ke atas jadi terlihat kekar.

    Jantung pacu mengusung sistem 4-stroke dua silinder segaris DOHC 4 valve dibarengi radiator. Diameter dalam kali langkah 67 mm x 66,8 mm. Gerak dua piston menghasilkan output maksimum 34 kW (46 PS) di 8.500 rpm dan torsi puncak 43 Nm sejak 6.250 rpm. Penyaluran tenaga pakai transmisi manual enam percepatan berikut assist and slipper clutch. Fitur digunakan untuk mengurangi beban pengoperasian tuas kopling. Sekaligus mereduksi lompatan roda belakang selama perpindahan gigi.

    Baca Juga: Harga dan Spek Honda Rebel CMX500, Tunggangan para Pejabat Kemenkeu

    Honda CL500

    Sama seperti adiknya, CL250. Honda CL500 mengekspresikan gaya scrambler dengan pipa pembuangan tipe atas, bantalan tangki (12 liter) mendongak. Sorot depan mengandalkan LED daymaker. Panel meter bulat menampilkan beragam informasi kendaraan. Termasuk spion berbentuk lingkaran, menekankan gaya klasik kontemporer.

    Bodinya menggunakan frame jenis diamond chassis. Menurut Honda, konfigurasi macam ini demi mengoptimalkan kekakuan serta keseimbangan bobot. Suspensi teleskopik atas dan ban berpola semi blok. Posisi berkendara tegak memungkinkan motor melahap beragam medan. Mulai dari jalan beraspal hingga tanah semi off-road.

    Untuk ukuran, Honda CL500 memiliki panjang 2.175 mm, lebar 830 mm, tinggi 1.135 mm, jarak sumbu roda 1.485. Kemudian ground clearance 155 mm, serta tinggi tempat duduk 790 mm. Bobot kendaraan 192 mm, radius putar 2,6 meter. Profil ban 110/80 ring 19 inci depan dan belakang 150/70 17 inci. Semua dibekali cakram ABS. Ia dibilang tetap nyaman buat dikendarai dua orang.

    Dengan metode WMTC, Honda CL500 dijanjikan memiliki konsumsi bahan bakar sampai 43 km/liter. Nah, karena ia merupakan model global. Tak menutup kemungkinan kalau Astra Honda Motor (AHM) menjajakan produk serupa di sini. Sebab big bike Rebel 500 saja didagang. Versi scrambler seharusnya bisa melengkapi lini produk, bila kelak mengaspal di Tanah Air. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Honda Gold Wing Versi Terbaru Meluncur di Indonesia

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Honda Unggulan

    Artikel Motor Honda dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • AHM Luncurkan Honda CRF250 Series 2025 dengan Tambahan Fitur Keamanan 
      AHM Luncurkan Honda CRF250 Series 2025 dengan Tambahan Fitur Keamanan 
      Anjar Leksana . Hari ini
    • AHM Luncurkan Honda CRF250 Series 2025 dengan Tambahan Fitur Keamanan 
      AHM Luncurkan Honda CRF250 Series 2025 dengan Tambahan Fitur Keamanan 
      Anjar Leksana . Hari ini
    • AHM Rilis CB650R Terbaru, Kini Dilengkapi Teknologi E-Clutch dan Fitur Canggih
      AHM Rilis CB650R Terbaru, Kini Dilengkapi Teknologi E-Clutch dan Fitur Canggih
      Zenuar Yoga . 13 Jun, 2025
    • Honda Luncurkan Cafe Racer E-VO Elektrik, Dijual Mulai Rp67 Jutaan
      Honda Luncurkan Cafe Racer E-VO Elektrik, Dijual Mulai Rp67 Jutaan
      Anjar Leksana . 05 Jun, 2025
    • Harga Motor Honda Juni 2025: Naik Tipis, Tapi Masih Kompetitif
      Harga Motor Honda Juni 2025: Naik Tipis, Tapi Masih Kompetitif
      Zenuar Yoga . 02 Jun, 2025
    • Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
      Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
      Zenuar Yoga . 10 Jun, 2025
    • Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
      Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
      Zenuar Yoga . 09 Jun, 2025
    • Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
      Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
      Zenuar Yoga . 09 Jun, 2025
    • New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
      New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
      Zenuar Yoga . 15 Mei, 2025
    • Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
      Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
      Zenuar Yoga . 14 Mei, 2025
    • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
      Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
      Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
    • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
      First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
      Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025
    • First Dijual Nyaris Rp200 Juta, Begini Rasa Berkendara Vespa Listrik ElettricaRide Honda CUV e:, Cocok Buat Mobilitas Harian
      First Dijual Nyaris Rp200 Juta, Begini Rasa Berkendara Vespa Listrik ElettricaRide Honda CUV e:, Cocok Buat Mobilitas Harian
      Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
    • First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
      First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
      Zenuar Yoga . 09 Des, 2024
    • Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
      Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
      Bangkit Jaya Putra . 26 Nov, 2024