Belum Disuntik Mati, Kawasaki Ninja ZX-14R Masih Dirilis Cuma Ganti Warna

kawasaki ninja ZX-14R

Kawasaki Ninja ZX-14R masih eksis. Terbukti diluncurkannya model untuk 2021. Dibanding model sebelumnya, tak ada yang berubah. Pembaruan yang diterima hanya sentuhan cat baru. Sekarang ditawarkan dalam skema warna Pearl Storm Grey/Metallic Diablo Black. Sisanya masih sama.

Sebelumnya ramai diperbincangkan bakal stop produksi. Ada dua alasan yang membuatnya diskontinu. Saat itu disebutkan karena mesin belum ramah lingkungan atau belum lolos uji emisi Euro 5. Selanjutnya lantaran muncul H2 SX yang punya mesin lebih kecil namun punya tenaga serupa. Namun hingga kini belum ada info lanjutan.

Ternyata masa bakti ZX-14R terus berlanjut di Amerika Serikat. Kawasaki sana masih meniagakan si Ninja bongsor itu. Justru punya versi anyar meski hanya ubahan minor. Setidaknya memberi sedikit harapan buat para pecinta kecepatan, lantaran masih dijual dan belum stop produksi.

kawasaki Ninja ZX-14R

Skema warna baru menggantikan aksen hijau khas Kawasaki. Sekarang beralih ke hitam dan silver metalik yang punya kemiripan dengan Ninja H2. List merah di sisi tameng depan dan di kisi-kisi fairing membuatnya kian agresif. Desain bodi bongsornya masih tetap bertahan, berukuran panjang 2.170 mm, lebar 770 mm, dan tebal x 1.170 mm dengan bobot total 268 kg.

Isyarat styling tetap tidak berubah, masih dikemas dengan desain agresif. Memiliki pengaturan lampu depan split-style dengan saluran masuk udara di tengah, dan kaca spion yang dipasang di fairing, knalpot besar dua sisi, dan penutup jok pembonceng.

Baca Juga: KLR650 Bangun dari Koma, Melanjutkan Legenda Enduro Kawasaki

Kawasaki Ninja ZX-14R

Pesaing terberat Suzuki Hayabusa ini menggendong mesin berkapasitas 1.441 cc, empat silinder segaris, DOHC, 16 valve dan berpendingin cairan. Untuk urusan performanya, ZX-14R bisa menghasilkan tenaga maksimal 200 Hp dan torsi 158,2 Nm. Dipadukan dengan konfigurasi transmisi 6 percepatan. Berkat kubikasi yang besar, ia sanggup dipacu hingga kecepatan 304 km/jam, sedangkan Hayabusa kecepatan maksimalnya hanya 299 km/jam.

Mesin gambot itu disertakan dengan fitur canggih dan modern. Ada KTRC (Kawasaki Traction Control), teknologi yang memungkinkan pengendara bisa memilih mode berkendara yang paling cocok. Kemudian dari sisi keamanan disematkan ABS dan juga KIBS (Kawasaki Intelligent Anti-Lock Brage System). Membuat pengereman lebih baik serta dapat mengurangi rem terkunci saat terjadi pengereman secara mendadak. Sistem penghenti laju itu disokong dengan cakram ganda 310 mm dengan kaliper Brembo M50 Monobloc empat piston di depan dan 250 mm tunggal dengan kaliper piston kembar di belakang.

Sementara untuk suspensinya terdiri dari garpu upside down 43 mm di depan dan monoshock belakang. Kedua komponen itu dapat disesuaikan untuk preload, kompresi, dan rebound. Buat peredam kejut belakang mencakup fungsi penyesuaian ketinggian pengendaraan.

Menyoal harga, Ninja ZX-14R dijual lebih murah dari Suzuki Hayabusa 2021. Tentu saja, karena pesaingnya itu sudah memenuhi standar emisi Euro 5. Si hypersport Kawasaki dibanderol $15.400 atau setara Rp219 juta, sedang Hayabusa model gres dilego $18.599 atau berkisar Rp265 juta. (Bgx/Odi)

Baca Juga: Kawasaki KLX140R F Datang Memenuhi Hasrat Pehobi Jalur Ekstrem

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Kawasaki Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor Kawasaki dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Kawasaki Ninja 40th Series Hadir di Indonesia, Dijual Terbatas
    Kawasaki Ninja 40th Series Hadir di Indonesia, Dijual Terbatas
    Zenuar Yoga . 22 Mar, 2024
  • Kawasaki W175TR Punya Warna Baru, Tampil Lebih Nyentrik
    Kawasaki W175TR Punya Warna Baru, Tampil Lebih Nyentrik
    Zenuar Yoga . 08 Jan, 2024
  • Update Harga Kawasaki Tipe Supermoto per Desember 2023
    Update Harga Kawasaki Tipe Supermoto per Desember 2023
    Zenuar Yoga . 12 Des, 2023
  • Melihat Langsung Kawasaki Ninja Berjantung Listrik dan Hybrid di JMS 2023
    Melihat Langsung Kawasaki Ninja Berjantung Listrik dan Hybrid di JMS 2023
    Anjar Leksana . 31 Okt, 2023
  • Kawasaki Indonesia Luncurkan New Eliminator, Harga Mulai Rp165 Jutaan
    Kawasaki Indonesia Luncurkan New Eliminator, Harga Mulai Rp165 Jutaan
    Zenuar Yoga . 26 Okt, 2023
  • Bagi Penyuka Motor Retro, Pilih Kawasaki W175 Cafe atau Yamaha XSR 155?
    Bagi Penyuka Motor Retro, Pilih Kawasaki W175 Cafe atau Yamaha XSR 155?
    Zenuar Yoga . 08 Mei, 2023
  • Cari Motor Trail Kelas Menengah, Pilih Honda CRF250L atau Kawasaki KLX250
    Cari Motor Trail Kelas Menengah, Pilih Honda CRF250L atau Kawasaki KLX250
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2023
  • Komparasi New Kawasaki KLX150 vs Honda CRF150L, Selisih Rp1 Jutaan Siapa yang Terbaik?
    Komparasi New Kawasaki KLX150 vs Honda CRF150L, Selisih Rp1 Jutaan Siapa yang Terbaik?
    Bangkit Jaya Putra . 08 Feb, 2023
  • Adu Spesifikasi dan Fitur Suzuki Gixxer SF 250 vs Kawasaki Ninja 250 SL, Pilih yang Mana?
    Adu Spesifikasi dan Fitur Suzuki Gixxer SF 250 vs Kawasaki Ninja 250 SL, Pilih yang Mana?
    Bangkit Jaya Putra . 16 Nov, 2021
  • Kenali Ragam Model KLX di Indonesia, Bisa Buat Harian Hingga Offroad
    Kenali Ragam Model KLX di Indonesia, Bisa Buat Harian Hingga Offroad
    Zenuar Yoga . 18 Jun, 2021
  • Test Ride Kawasaki KLX150BF, Menikmati Motor Multi Purpose di Habitat Aslinya
    Test Ride Kawasaki KLX150BF, Menikmati Motor Multi Purpose di Habitat Aslinya
    Eka Zulkarnain . 13 Nov, 2020
  • First Ride Kawasaki Ninja ZX-25R: Menguji Nilai Jual di Tempat Paling Ideal
    First Ride Kawasaki Ninja ZX-25R: Menguji Nilai Jual di Tempat Paling Ideal
    Ary Dwinoviansyah . 16 Jul, 2020
  • First Ride Kawasaki W175TR: Impresi Motor Trail Lawas
    First Ride Kawasaki W175TR: Impresi Motor Trail Lawas
    Ary Dwinoviansyah . 13 Des, 2019
  • First Ride Kawasaki KLX 230: Cocok Untuk Penghobi Adventure
    First Ride Kawasaki KLX 230: Cocok Untuk Penghobi Adventure
    Zenuar Yoga . 26 Jun, 2019