Belum Disuntik Mati, Kawasaki Ninja ZX-14R Masih Dirilis Cuma Ganti Warna

kawasaki ninja ZX-14R

Kawasaki Ninja ZX-14R masih eksis. Terbukti diluncurkannya model untuk 2021. Dibanding model sebelumnya, tak ada yang berubah. Pembaruan yang diterima hanya sentuhan cat baru. Sekarang ditawarkan dalam skema warna Pearl Storm Grey/Metallic Diablo Black. Sisanya masih sama.

Sebelumnya ramai diperbincangkan bakal stop produksi. Ada dua alasan yang membuatnya diskontinu. Saat itu disebutkan karena mesin belum ramah lingkungan atau belum lolos uji emisi Euro 5. Selanjutnya lantaran muncul H2 SX yang punya mesin lebih kecil namun punya tenaga serupa. Namun hingga kini belum ada info lanjutan.

Ternyata masa bakti ZX-14R terus berlanjut di Amerika Serikat. Kawasaki sana masih meniagakan si Ninja bongsor itu. Justru punya versi anyar meski hanya ubahan minor. Setidaknya memberi sedikit harapan buat para pecinta kecepatan, lantaran masih dijual dan belum stop produksi.

kawasaki Ninja ZX-14R

Skema warna baru menggantikan aksen hijau khas Kawasaki. Sekarang beralih ke hitam dan silver metalik yang punya kemiripan dengan Ninja H2. List merah di sisi tameng depan dan di kisi-kisi fairing membuatnya kian agresif. Desain bodi bongsornya masih tetap bertahan, berukuran panjang 2.170 mm, lebar 770 mm, dan tebal x 1.170 mm dengan bobot total 268 kg.

Isyarat styling tetap tidak berubah, masih dikemas dengan desain agresif. Memiliki pengaturan lampu depan split-style dengan saluran masuk udara di tengah, dan kaca spion yang dipasang di fairing, knalpot besar dua sisi, dan penutup jok pembonceng.

Baca Juga: KLR650 Bangun dari Koma, Melanjutkan Legenda Enduro Kawasaki

Kawasaki Ninja ZX-14R

Pesaing terberat Suzuki Hayabusa ini menggendong mesin berkapasitas 1.441 cc, empat silinder segaris, DOHC, 16 valve dan berpendingin cairan. Untuk urusan performanya, ZX-14R bisa menghasilkan tenaga maksimal 200 Hp dan torsi 158,2 Nm. Dipadukan dengan konfigurasi transmisi 6 percepatan. Berkat kubikasi yang besar, ia sanggup dipacu hingga kecepatan 304 km/jam, sedangkan Hayabusa kecepatan maksimalnya hanya 299 km/jam.

Mesin gambot itu disertakan dengan fitur canggih dan modern. Ada KTRC (Kawasaki Traction Control), teknologi yang memungkinkan pengendara bisa memilih mode berkendara yang paling cocok. Kemudian dari sisi keamanan disematkan ABS dan juga KIBS (Kawasaki Intelligent Anti-Lock Brage System). Membuat pengereman lebih baik serta dapat mengurangi rem terkunci saat terjadi pengereman secara mendadak. Sistem penghenti laju itu disokong dengan cakram ganda 310 mm dengan kaliper Brembo M50 Monobloc empat piston di depan dan 250 mm tunggal dengan kaliper piston kembar di belakang.

Sementara untuk suspensinya terdiri dari garpu upside down 43 mm di depan dan monoshock belakang. Kedua komponen itu dapat disesuaikan untuk preload, kompresi, dan rebound. Buat peredam kejut belakang mencakup fungsi penyesuaian ketinggian pengendaraan.

Menyoal harga, Ninja ZX-14R dijual lebih murah dari Suzuki Hayabusa 2021. Tentu saja, karena pesaingnya itu sudah memenuhi standar emisi Euro 5. Si hypersport Kawasaki dibanderol $15.400 atau setara Rp219 juta, sedang Hayabusa model gres dilego $18.599 atau berkisar Rp265 juta. (Bgx/Odi)

Baca Juga: Kawasaki KLX140R F Datang Memenuhi Hasrat Pehobi Jalur Ekstrem

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Kawasaki Unggulan

  • Yang Akan Datang