Berikut Regulasi Balap Jadul a la Race on Runway Garapan CRI

JAKARTA, 26 April 2017 - Jelang gelaran Indonesia Rockers Day 2017 mendatang sejumlah persiapan sudah mulai dipersiapkan. Khusus bagi Rockers, sebutan bagi para penunggang motor custom beraliran cafe racer yang bukan hanya sekadar trend dalam scene custom namun juga bagian dari gaya hidup modern. Kali ini Cafe Racer Indonesia juga berencana mengelar adu balap lawas a la ACE Cafe Racer bernama Race On Runaway. Perbedaan dengan balap ACE Cafe Racer yang berkiblat di London, Inggris, rockers mengadu balap motornya dari kafe ke kafe. Kali ini, Cafe Racer Indonesia membuat lintasan sirkuit dalam sebuah lapangan bandara udara pesawat terbang. Bukan kali ini saja Cafe Racer Indonesia menghelat event. Cafe Racer Indonesia juga sering terlibat dalam event Mods vs Rockers yang diawali tahun 2014 silam hingga saat ini. Dengan penggemarnya yang mencapai lebih dari 37 ribu member ini event Indonesia Rockers Day 2017 akan diprediksi dipenuhi oleh penggila motor beraliran cafe racer yang tersebar di seluruh Indonesia. Menariknya, gelaran ini akan menjadi yang pertama dalam gelaran adu balap motor tempo dulu dengan genre seragam yaitu cafe racer. Event ini tidak hanya akan melibatkan seluruh komunitas cafe racer di Indonesia namun juga klub-klub motor, workshop, apparel serta menjadi gathering terbesar para Rockers di Tanah Air pada tahun ini. Untuk lokasi, recananya Indonesia Rockers Day 2017 akan mengambil lokasi di Lanud Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Salah satu tokoh balap motor di Indonesia, Toddy Andreas pun dijadwalkan akan hadir dalam gelaran ini. Untuk pendaftaran, para peserta bisa datang langsung atau melalui pendaftaran online di alamat www.caferacerindonesia/ird2017 Berikut regulasinya balap yang akan dilombakan: KELAS 100-150 cc Bentuk motor Café RacerMaximal 150 cc. Mesin harus sesuai/bawaan standart jenis motornya. Pengapian bebas jenisnya (TIDAK BOLEH total loss dan spul harus terpasang). Stroke mesin HARUS standart motor/mesinnyaPiston boleh diperbesar/Bore Up. Carburator bebas, Bahan bakar bebas, Gear ratio bebas, Ring roda bebas (max. 17 inch). Knalpot bentuk luar standart, isi boleh modifikasi. Bentuk tangki bebas, bahan besi, tidak diperbolehkan dari bahan plastic. Rem depan dan belakang harus berfungsi dengan baik, Kick starter harus terpasang, Standar harus terpasang minimal satu (tengah/samping). Bahan kaca (misal lampu depan/belakang & sein) harus dibuka, Stang model jepit/clubman. KELAS 151-200 cc Bentuk motor Café Racer Maximal 200 cc. Mesin harus sesuai/bawaan standart jenis motornya. Pengapian bebas jenisnya (TIDAK BOLEH total loss dan spul harus terpasang). Stroke mesin HARUS standart motor/mesinnya. Piston boleh diperbesar/Bore Up. Carburator bebas, Bahan bakar bebas, Gear ratio bebas, Ring roda bebas (max. 17 inch). Knalpot bebas, Bentuk tangki bebas, bahan besi, tidak diperbolehkan dari bahan plastic. Rem depan dan belakang harus berfungsi dengan baik. Kick starter harus terpasang, Standar harus terpasang minimal satu (tengah/samping). Bahan kaca (misal lampu depan/belakang & sein) harus dibuka. Stang model jepit/clubman. KELAS 201-250 cc Bentuk motor Café Racer Maximal 250 cc. Mesin boleh dubah dari varian merk yang sama. Pengapian bebas. Stroke up diperbolehkan. Piston boleh diperbesar/Bore Up. Carburator bebas. Bahan bakar bebas, Gear ratio bebas, Ring roda bebas (max. 17 inch). Knalpot bebas. Bentuk tangki bebas, bahan besi, tidak diperbolehkan dari bahan plastic. Rem depan dan belakang harus berfungsi dengan baik. Kick starter harus terpasang. Standar harus terpasang minimal satu (tengah/samping). Bahan kaca (misal lampu depan/belakang & sein) harus dibuka. Stang model jepit/clubman. TATACARA LOMBA Setiap peserta diberikan latihan/pengenalan sirkuit pada pagi hari selama 15 menit setiap kelasnya. Setiap kelas akan diberikan waktu untuk latihan resmi dan pit bilamana mempergunakan transponder guna penentuan grid. Bilamana setiap kelas melebihi 16 starter maka akan diadakan sesi penyisihan. Balapan akan menggunakan sistem “flying start”. Motor akan ditempatkan di salah satu sisi jalan dekat area start dalam posisi agak miring/dalam posisi standard an mesin dalam keadaan mati. Crew peserta tidak diperbolehkan berada di dekat motor. Peserta bersiap dari sisi berseberangan dengan motor masing-masing. Setelah aba-aba berikan, peserta tersebut berlari kearah motor masing-masing dan langsung menghidupkan mesin dengan menggunakan kickstarter. Diperbolehkan mendorong motor apabila menghidupkan dengan kickstarter tidak berhasil. Peserta diperbolehkan mendorong motor di jalur yang ditentukan. Dinyatakan GUGUR apabila peserta terdepan berhasil melewati lap pertama sedangkan motor peserta gagal dinyalakan baik dengan kickstarter maupun didorong. Peserta yang gugur wajib mengeleuarkan motor dari lintasan (sisi terluar jalur) dan tidak dibantu oleh crew peserta. Dilarang keras mendorong motor kearah berlawanan arah lomba. REGULASI Peserta IRD 2017 Helm full face (SNI/DOT/bukan repro) WAJIB. Racing Wearpack (alternative) Busana ala Rockers (jaket kulit, celana denim/bahan tebal, sepatu boots/menutup mata kaki). Best dresscode akan mendapat hadiah menarik!!Sarung tangan full WAJIB. Protector siku dan lutut WAJIB. Peserta wajib memiliki KIS. Wajib mengikuti SCRUT pada H-1/H-2 sebelum perlombaan di tempat yang telah ditentukan. Mengikuti segala peraturan dalam balapan. ADMIINSTRASI Rp. 250.000/kelas (Panitia berhak menolak peserta bila telah memenuhi kuota) BCA An. Firdaus 345 1822 495 REGISTRATION /INFORMATION JBS Cafe & Resto/Vapin Rocksta Jl. Kebayoran Baru No.73, Velbak – Kebayoran Aang : 085649240565 Mojad Incorp Garage JL.Cabe 5/no.88.rt.03/rw08.pondok cabe, Tangerang Selatan Ripay : 085780029535 Kuple : 081218470742 Abbe : 081296301135 ANDHIKA KRESNA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Pabrik QJMotor di Cikarang Mulai Beroperasi Januari 2026
    Pabrik QJMotor di Cikarang Mulai Beroperasi Januari 2026
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Kawasaki Z900RS Series 2026 Mendapat Pembaruan dengan Sentuhan Retro Premium
    Kawasaki Z900RS Series 2026 Mendapat Pembaruan dengan Sentuhan Retro Premium
    Zenuar Yoga . 15 Des, 2025
  • Polytron Ungkap Standar Keselamatan Baterai Motor Listrik FOX Electric
    Polytron Ungkap Standar Keselamatan Baterai Motor Listrik FOX Electric
    Ardiantomi . 15 Des, 2025
  • Kawasaki Luncurkan KLX230 DF 2026, Motor Trail Dual-Purpose dengan Konsep “Durable Force”
    Kawasaki Luncurkan KLX230 DF 2026, Motor Trail Dual-Purpose dengan Konsep “Durable Force”
    Zenuar Yoga . 15 Des, 2025
  • Jaringan Fast Charging Maka Motors Makin Luas, Kini Hadir 70 Nozzle di 33 Lokasi
    Jaringan Fast Charging Maka Motors Makin Luas, Kini Hadir 70 Nozzle di 33 Lokasi
    Zenuar Yoga . 15 Des, 2025
  • Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Zenuar Yoga . 14 Nov, 2025
  • Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride All New Honda Vario 125 Street: Handling Lebih Enak dan Rileks
    Test Ride All New Honda Vario 125 Street: Handling Lebih Enak dan Rileks
    Ardiantomi . 04 Des, 2025
  • First Ride All New Honda Vario 125: Tawaran Agilitas dari Bobot Mesin yang Lebih Ringan
    First Ride All New Honda Vario 125: Tawaran Agilitas dari Bobot Mesin yang Lebih Ringan
    Setyo Adi Nugroho . 02 Des, 2025
  • First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
    First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
    Zenuar Yoga . 10 Nov, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025