Bimota YB5 Superbike Paling Ganas di Zamannya

ROMA, 21 Juli 2016 - Banyak yang tak kenal dengan nama Bimota, pabrikan motor asal Italia terkenal dengan produk motor bermesin ganas. Terbukti beberapa produknya terus bertahan hingga saat ini dan pernah mengecap masa keemasan di zamannya, salah satunya adalah Bimota YB5. Bimota merupakan perusahaan asal Rimini, Italia, yang bergerak di bidang manufaktur dan custom untuk sepeda motor. Perusahaan yang didirikan oleh Valerio Bianchi, Giuseppe Morri, dan Massimo Tamburini tersebut pernah mengerjakan proyek dengan mesin Suzuki, Honda, dan Kawasaki. Motor ini pertama kali diperkenalkan pada 1986 bergenre Sport Premium. Superbike ini tidak hanya menjual performa mesin "buas" yang legal digunakan dalam jalan raya saja, Bimota YB5 juga menawarkan posisi berkendara terbaik ketika ingin melaju kencang di jalanan umum. YB5 merupakan buah pengembangan dari Yamaha FJ1200 yang aslinya merupakan motor touring. Kemudian Bimota menggarap ulang bagian sasis, body, dan posisi jok sehingga YB5 memiliki tampilan motor balap. Motor berfairing penuh ini menggendong mesin berkapasitas 1.188cc DOHC 4-silinder dengan pendingin udara. Mesin ini mampu memproduksi tenaga maksimal sebesar 130 hp dengan torsi klimaks sebesar 108 Nm. Motor dengan 5 transmisi manual ini diklaim mampu melaju dengan kecepatan puncak mencapai 243 kilometer per jam. Sayangnya usia motor ini tidak lama. Motor ini hanya diproduksi antara tahun 1987 hingga 1988. Selama penjualan motor ini hanya laku terjual sebanyak 208 unit. Saat itu, Bimota membanderol motor balap ini dengan harga US$ 11 ribu. Berikut Spesifikasi Lengkapnya ENGINE: air/oil-cooled, four-stroke, transverse four cylinder, DOHC, 4 valves per cylinder DISPLACEMENT: 1.188 cm3 BORE X STROKE: 3.0x2.5 in OR 76.2x63.5 mm COMPRESSION RATIO: 9.7:1 HORSEPOWER: 130/8500 (hp)/RPM TORQUE: 80/7500 lb-ft/RPM OR 108/7500 Nm/RPM FUEL SYSTEM: 4x36mm Mikuni carburetors TRANSMISSION: GEARBOX 5-speed, manual CLUTCH wet multi-disc, manual PRIMARY DRIVE - FINAL DRIVE chain CHASSIS: FRAME steel FRONT SUSPENSION: 42mm Marzocchi telescopic fork REAR SUSPENSION: mono-shock FRONT BRAKE: dual 280mm discs REAR BRAKE: single 280mm disc FRONT TYRE: 120/70 ZR18 REAR TYRE: 170/60 ZR18 ANDHIKA KRESNA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Tutup Musim IATC 2025, Pembalap Muda Astra Honda Tampil Tangguh di Sepang
    Tutup Musim IATC 2025, Pembalap Muda Astra Honda Tampil Tangguh di Sepang
    Anjar Leksana . 28 Okt, 2025
  • Pelumas Federal Racing Matic Kini Berstandar API SN, Hadir dengan Beragam Keunggulan
    Pelumas Federal Racing Matic Kini Berstandar API SN, Hadir dengan Beragam Keunggulan
    Setyo Adi Nugroho . 27 Okt, 2025
  • Autovaganza 2025: Piaggio Indonesia Bawa 4 Merek Ikonik Italia
    Autovaganza 2025: Piaggio Indonesia Bawa 4 Merek Ikonik Italia
    Setyo Adi Nugroho . 26 Okt, 2025
  • Indonesia Autovaganza 2025 Sajikan Test Ride Beragam Brand
    Indonesia Autovaganza 2025 Sajikan Test Ride Beragam Brand
    Zenuar Yoga . 26 Okt, 2025
  • Tiga Motor Ikonik Harley-Davidson Ramaikan Autovaganza 2025
    Tiga Motor Ikonik Harley-Davidson Ramaikan Autovaganza 2025
    Zenuar Yoga . 25 Okt, 2025
  • Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025