BMW G 310 GS, On-Road Ok Off-Road Ok

JAKARTA, 22 Januari 2018 – Maraknya segmen motor adventure dan juga light off-road tak mau dibiarkan begitu saja oleh BMW Motorrad Indonesia – Maxindo Moto. Pemegang merek BMW Motorrad di Indonesia itu memperkenalkan BMW G 310 GS. Model terbaru di lini model adventure entry level ini diyakini bakal menjadi primadona di kelasnya. BMW Motorrad G 310 GS yang dibanderol seharga Rp 125 juta off the road Jabodetabek ini dilengkapi berbagai teknologi terkini. Apa saja? Secara umum, spesifikasi G 310 GS ini sama dengan versi jalanannya yaitu BMW G 310 R. Misalnya, mesin yang digunakan berkapasitas 313 cc dengan tenaga maksimum 34 horse power. Engine ini dirancang dengan konfigurasi kepala silinder yang dibalik 180 derajat. BMW mengatakan konfigurasi ini memberikan center of gravity yang lebih rendah sekaligus membuat bobot motor menjadi lebih banyak tertumpu ke roda depan untuk mendapatkan pengendalian (handling) yang lebih baik. "Kami berharap BMW G 310 GS mampu memuaskan hasrat para riders yang menyukai adventure, terutama di kelas entry level, tapi dengan kualitas dan produk sekaliber BMW Motorrad," kata Joe Frans, Chief Executive Officer BMW Motorrad Indonesia - Maxindo Moto dalam acara perkenalan pada media di BSD, Sabtu, 20 Januari 2018. Aspek hardware dan software BMW G 310 GS juga memiliki kesamaan dengan model BMW G 310 R. Misalnya, mesinnya tipe berpendingin cairan (liquid cooling), bersilinder tunggal. Nah, perbedaannya antara lain lengan ayun yang lebih panjang dengan tetap mempertahankan wheelbase (jarak roda depan dan roda belakang). “Suspensi travel di roda depan dinaikkan menjadi 180 mm dan suspension travel di roda belakang juga di angka yang sama,” kata Product Manager BMW Motorrad Indonesia, Erick Yohanes saat peluncuran. Ia menyebutkan hal ini membuat pengendalian motor yang menjadi lebih lincah, termasuk saat bermanuver di medan terjal. Feed back yang lebih baik dari bagian roda depan serta keseimbangan yang lebih baik pada motor ini secara keseluruhan saat dikendarai. Untuk dudukan jok, BMW G 310 GS memiliki ketinggian jok 835 mm. Sementara, bobot kendaraan mencapai 175,5 kg. BMW G 310 GS menggunakan velg alloy ukuran 19 inch dan ban ukuran 110/80 R19 di bagian depan dan velg 17 inch dengan ban ukuran 150/70 R17 di roda belakang. Ini sedikit berbeda dengan G 310 R yang menggunakan velg 17-17. Untuk fitur keselamatan, BMW G 310 GS mempercayakan pada rem cakram berdiameter 300 mm, dengan 4 piston radially bolted di roda depan dan rem cakram berdiameter 240 mm single piston di roda belakang. Teknologi pengereman ini sudah mengadopsi fitur Anti-lock Braking System (ABS) yang bisa dinonaktifkan saat motor ini dipakai berkendara di medan off-road. BMW G 310 GS merupakan hasil kolaborasi dengan TVS sehingga motor inipun diproduksi di pabrik TVS di Tamil Nadu, India. Di Indonesia, BMW G 310 GS sebenarnya bermain sendiri. Meski disebutkan mereka berhadapan dengan Kawasaki Versys-X 250 Tourer dan Honda CRF250 Rally. Padahal secara kapasitas mesin berbeda dan juga harga. Versys dibanderol Rp 73.100.000 sedangkan Honda CRF250 Rally dijual Rp 63.025.000. https://www.youtube.com/watch?v=0IsqlBAkf6w RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Piaggio Medley S Terbaru Tawarkan Performa Efisien dan Gaya Modern
    Piaggio Medley S Terbaru Tawarkan Performa Efisien dan Gaya Modern
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • GSrek Indonesia Rayakan Satu Dekade dengan The Grand Tour 2 dan Gesrek Festival di Ancol
    GSrek Indonesia Rayakan Satu Dekade dengan The Grand Tour 2 dan Gesrek Festival di Ancol
    Zenuar Yoga . 06 Nov, 2025
  • Aprilia SR GT 400 Debut di EICMA 2025, Bawa Mesin 36 HP dan Desain Adventure Premium
    Aprilia SR GT 400 Debut di EICMA 2025, Bawa Mesin 36 HP dan Desain Adventure Premium
    Zenuar Yoga . 06 Nov, 2025
  • Alva N3 Hadir di EICMA Italia 2025, Gandeng Kawago untuk Ekspansi Global
    Alva N3 Hadir di EICMA Italia 2025, Gandeng Kawago untuk Ekspansi Global
    Zenuar Yoga . 06 Nov, 2025
  • Ducati Tunjuk Nicolo Bulega Gantikan Marc Marquez di GP Portugal dan Valencia
    Ducati Tunjuk Nicolo Bulega Gantikan Marc Marquez di GP Portugal dan Valencia
    Zenuar Yoga . 06 Nov, 2025
  • Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025