Saat segmen SUV (Sport Utility Vehicle) sedang naik, Suzuki langsung merespons tepat. Sosok XL7 pun tercipta menyandang nama yang sudah dikenal. Seolah terlahir kembali, tapi memiliki utilitas lebih tinggi. Karena berhasil memadukan kepraktisan MPV (Multi Purpose Vehicle) keluarga dan ketangguhan SUV. Jadilah mobil dengan fungsionalitas hebat untuk segala kebutuhan dan diganjar Best Functionality Award dari Carvaganza Editors’ Choice Awards 2021 powered by Intersport Automotive.
Inilah mobil yang sukses memadukan dua jenis berbeda. Antara kenyamanan sebuah MPV dan kemampuan melahap medan cukup berat ala SUV, membaur jadi satu. Tak terkecuali kepraktisan kabin diperuntukkan mengangkut seluruh keluarga. Karena basisnya mengambil Suzuki Ertiga generasi terbaru. Membawa perubahan total mulai dari sasis, mesin sampai desain. Soal akomodasi terbaik untuk seluruh penumpang, tak perlu diragukan lagi.
Tapi XL7 adalah mobil berbeda dibanding Ertiga. Total ada 211 komponen baru khusus dirancang. Semua diracik untuk menemukan komposisi pas dalam peralihan MPV ke SUV. Dari luar sudah jelas terlihat, fasad didesain ulang membentuk identitas sendiri. Ditambah elemen moulding khas SUV yang memancarkan efek kekar dan maskulin. Walau banyak ciri Ertiga tetap dipertahankan, aksentuasi tegas tetap ada tanpa menghilangkan aura mobil keluarga.
Tongkrongan sedikit lebih jangkung dari Ertiga. Ada setelan baru di suspensi sehingga membuat ground clearance menjulang 200 mm. Lalu ditopang pelek 16-inci dalam balutan ban 195/60. Varian tertinggi Alpha, mendapat aksesori rear upper spoiler Suzuki Sport, number plate garnish dan muscular door sill guard. Paling menarik fitur Smart E-Mirror. Sebuah kamera menyorot area depan-belakang dan merekamnya. Bekerja seperti black box, segala kejadian saat berkendara bisa ditangkap. Tampilannya tersiar di spion dalam. Sekaligus juga membantu pandangan ke belakang tanpa terhalang kepala penumpang atau barang di bagasi.
Karakter MPV terasa begitu masuk ke kokpit. Duduk di balik kemudi sangatlah nyaman. Untuk postur setinggi 180 cm lebih, punggung dan paha dapat ditopang semua. Efeknya tidak melelahkan saat perjalanan jauh. Pengaturan juga lengkap, sampai bisa mengubah ketinggian. Penggunaan platform baru Heartect pun berdampak positif ke volume kabin keseluruhan. Semua baris kursi menyisakan ruang memadai untuk kaki dan kepala. Alhasil 7 penumpang bisa duduk dengan nyaman. Sandaran baris kedua dapat direbahkan, bisa juga digeser maju-mundur. Tersedia pula arm rest di bagian tengah menambah kenyamanan.
Ruang kargo pun semakin lapang. Dalam keadaan semua kursi terbuka, masih ada sisa menaruh barang di bagasi. Jika butuh area lebih luas, mudah saja melipat sandaran kursi baris ketiga yang terpisah 50:50 hingga rata lantai. Tambah mudah menampung lebih banyak bawaan, dari sepeda lipat hingga koper besar. Ditambah ruang penyimpanan tersembunyi dengan area cukup luas. Biasanya untuk menyimpan peralatan penting.
Mekanisme akses ke dalam sekaligus menyalakan mesin dipermudah keyless push start/stop button. Tersedia banyak wadah multifungsi dan laci berukuran besar di sekitar dashboard. Jangan lupakan ventilated cup holder yang penting bagi penyuka minuman dingin. Nuansa modern terpancar dari kontrol AC model tombol lengkap bersama fitur auto climate serta heater. Tepat di atasnya terpasang monitor layar sentuh 8-inci standar dari tipe tengah. Khusus Alpha, ditambah 2 tweeter agar dentuman nada lebih mantap di telinga.
Perangkat keselamatan dan keamanan sudah komplet sebagai standar. Penumpang terlindungi airbag dua titik. Sistem aktifnya banyak. Seperti Antilock-Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Electronic Stability Programme (ESP) dan Hill Hold Control (HHC). Menjaga kendali dari selip dan merosot di tanjakan. Sesuai kebutuhan saat ini.
Mesin baru kode K15B 4-silinder 1,5-liter begitu memuaskan. Pengembangan lebih lanjut dari K14B menghasilkan peningkatan performa signifikan. Torsi begitu berlimpah sejak putaran bawah, sehingga terasa mudah berakselerasi. Untuk ukuran kapasitas 1.462 cc tergolong nikmat. Selain itu enak diajak cruising berkat rentang torsi yang terjaga ekonomis via rasio gigi halus. Pemakaian bahan bakar pun jadi irit.
Bagi kami, Suzuki XL7 telah sukses mengawinkan dua dunia yang berbeda sehingga menjadi satu bidang yang harmonis. Memadukan kenyamanan MPV dengan kapabilitas melalap medan yang membutuhkan ground clearance tinggi. Cukup mumpuni untuk menjelajah permukaan jalan dengan kontur tidak rata dan medan jalan yang rusak yang menjadi karakter jalanan di luar kota.
Soal akomodasi penumpang dan bagasi tak perlu diragukan lagi. Suzuki XL7 menjelma menjadi kendaraan yang praktis dan fungsional menampung tujuh penumpang. Jadi jangan pernah ragu untuk mengajak Suzuki XL7 untuk bergaul lebih jauh lagi. Selain itu menawarkan value begitu tinggi. Apa yang didapat sesuai nilai dibayarkan dan mencakup banyak kebutuhan. (Odi)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.