Carvaganza Editors' Choice Award 2021, Best Hybrid: Toyota Corolla Cross Hybrid

corolla cross

Corolla memang selalu identik sedan sejak lama. Dari generasi ke generasi, selalu populer dan sangat digemari. Namun evolusi pesat SUV belakangan tahun ini, tak mampu dibendung hingga menyasar Corolla. Sosok itu dinamai Corolla Cross. Daizo Kameyama, Chief Engineer Toyota Motor Corporation dalam presentasinya kala peluncuran di Thailand menyebut konsep 'Corolla Meets SUV’. 

Mengadopsi rancang bangun terbaru Toyota New Global Architecture (TNGA). Landasan yang jadi basis untuk pengembangan Prius, C-HR sampai Lexus UX. Sangat fleksibel untuk menyokong berbagai jenis model. Corolla Cross ditawarkan dalam dua pilihan mesin. Unit konvensional 2ZR 1,8 liter jadi basis utama. Imbuhan motor elektrik yang jadi pembedanya.

Dari segelintir pilihan mobil hybrid di Indonesia, Toyota Corolla Cross Hybrid tawarkan nilai tinggi. Ia tidak hanya sebagai varian SUV (Sport Utility Vehicle) pertama di keluarga Corolla, tetapi juga berhasil menempatkan Toyota sebagai brand dengan varian kendaraan elektrifikasi terbanyak di Indonesia. Sekaligus menjembatani era kendaraan elektrifikasi.

corolla cross

Corolla Cross termasuk produk paling segar dan benar-benar baru meski menganut nameplate lama. Mengisi segmen Hybrid Electric Vehicle (HEV) alias mobil hybrid yang mengombinasikan tenaga baterai dengan mesin konvensional ICE (Internal Combustion Engine). Dengan kata lain, teknologinya tidak membutuhkan infrastruktur rumit. Misal charging station dan tak perlu mengkhawatirkan pengecasan ulang. Cukup mengisi bensin saja, mesin konvensional berfungsi membantu pengisian baterai sebagai energi menggerakkan motor listrik. Pada saat mobil jalan, baik mesin pembakaran dan baterai beroperasi bergantian maupun bersamaan sesuai kebutuhan.

Mesin konvensional pakai 2ZR-FXE. Total kubikasi 1.798 cc, 4 silinder DOHC berteknologi VVT-i dan mampu menghasilkan tenaga 98 PS dibarengi torsi puncak 142 Nm. Disokong pula dorongan motor listrik sekuat 72 PS plus torsi 163 Nm. Sumbernya dari baterai nickel-metal hydride 28 modules 168 cells di atas papan konstruksi TNGA.

Desain eksterior lumayan terpengaruh Toyota RAV4. Tapi permukaan tubuhnya cenderung minim sudut. Bodinya memperlihatkan sebagai crossover modern. Bentuk grille seperti sarang tawon, dikombinasi apik dengan rumah lampu berisi pendar LED tampak lebar menyipit. Mengenakan eyeshadow kebiruan sebagai diferensiasi dengan model konvensional. Melirik ke bawah, apron hitam memberikan nuansa tangguh bak elemen bull bar. Area dagu disudahi fog lamp LED dan elemen skid plate metalik.

corolla cross engine

Bagian atap melekat power moonroof. Terdapat ornamen trim kromium di beberapa tempat. Roda berukuran 18 inci mengisi penuh ruang sepatbor. Tak hanya penerangan utama, lampu kabut, hingga lampu kombinasi belakang sudah mengadopsi unit LED. Semua komponen itu diberikan sebagai barang pencipta kesan mewah.

Corolla Cross jelas bisa dijadikan jawaban kalau menginginkan sedan dibalut kepraktisan SUV. Pengembangan pada body rigidity yang tinggi dan suspensi yang didesain khusus menghasilkan tingkat peredaman yang empuk. Bagian interior pun mendapat penataan apik, kesan mewah dan gaya eksklusif yang terasa cukup kuat. Material dipakai pun berkualitas, sehingga pengemudi maupun penumpang dibuat nyaman sepanjang perjalanan.

Sarana hiburan berupa layar sentuh berukuran 9 inci dengan banyak fungsi. Antara lain AM/FM Stereo, Bluetooth, Miracast, Voice Command hingga Near Field Communication (NFC). Fitur yang sangat berguna saat ingin mengecek saldo e-money. Kontrol audio pun dapat dilakukan lewat palang setir. Pendinginan kabin berupa Dual Zone Automatic Climate Control yang membebaskan penumpang lain memilih suhu sendiri. 

corolla cross

Secara dimensi, ia punya panjang keseluruhan hingga 4.460 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.620 mm dan wheelbase 2,640 mm. Figur ini menjanjikan ruang cukup untuk kenyamanan 5 penumpang dewasa. Buat kapasitas bagasi, klaimnya mencapai 487 liter dan bisa dioptimalkan untuk mengangkut koper, barang belanjaan, stroller si kecil dan bahkan tas golf. Kompartemen penyimpanan juga didesain rapi di konsol tengah, pintu dan di dasbor penumpang depan.

Melihat detail kelengkapan, bisa dibilang menawarkan fitur yang berkelas. Smart entry misalnya, memungkinkan akses kabin tanpa perlu berinteraksi dengan kunci. Kemudahan akses bagasi dilengkapi dengan Power Back Door berikut Kick Sensor. Tinggal ayunkan kaki lalu kap bagasi terbuka.

Tak kalah penting adalah peranti keselamatan komplet. Meliputi Hill-Start Assist Control (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signals (EBS), 7 airbags, serta sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). 

Toyota Corolla Cross Hybrid menjadi pendatang baru paling serius dengan tampilan yang mengesankan. Didukung oleh nama besar Toyota dan mesin hibrida bertenaga. Kehadirannya menjadi alarm bahaya bagi pesaingnya di segmen SUV kompak Tanah Air.

Crossover ini menjadi hybrid dengan harga terjangkau dalam line-up pabrikan. Racikan terkini menghasilkan konsumsi BBM begitu efisien tanpa perlu mengorbankan performa dan kesenangan mengemudi. Resep jitu yang membuat nama Corolla tetap harum di segmen berbeda. Tak salah kalau gelar Best Hybrid Award dari Carvaganza Editors’ Choice Awards 2021 powered by Intersport Automotive jatuh kepadanya. (Bgx)

Jelajahi Toyota Corolla Cross

  • Tampak Depan Bawah Toyota Corolla Cross
  • Tampak samping Corolla Cross
  • Tampak Depan Toyota Corolla Cross
  • Tampak belakang Corolla Cross
  • Fog lamp depan Corolla Cross
  • Pelek Corolla Cross
  • Tampak belakang Corolla Cross
  • Toyota Corolla Cross Front Side View
  • Tampak belakang tengah Corolla Cross
  • Tampak belakang sisi tengah Corolla Cross
  • Tampak depan medum angle Corolla Cross
Toyota Corolla Cross
Rp 463,51 - Rp 506,1 Juta Cicilan : Rp 10,58 Juta

Model Mobil Toyota

Mobil Toyota
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
  • Toyota Kijang Innova
    Toyota Kijang Innova
  • Toyota Avanza
    Toyota Avanza
  • Toyota Fortuner
    Toyota Fortuner
  • Toyota Agya
    Toyota Agya

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Toyota Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Crossover

  • Yang Akan Datang