Ducati Panigale V4, Makin Gila dengan Mesin 4 Silinder
MILAN, 8 November 2017 – Ducati mau tak mau menjadi pembicaraan di ajang EICMA 2017 di Milan, Italia. Apalagi kalau bukan perkenalakan Ducati Panigale V4.
Superbike terbaru Ducati ini diklaim merupakan motor paling bertenaga dengan sistem elektrik canggih. Ducati Panigale V4 2018 ini mengusung mesin V-twin dengan chassis sangat ringan dan kuat.
Sorotan utamanya berada di dapur pacu. Ducati untuk pertama kalinya menggunakan mesin vee-four yang mendekati kemampuan milik Desmosedici MotoGP.
Mesin 90-degree V4 ini memiliki berkapasitas 1.103cc. Tenaga maksimal yang dihasilkan mencapai 214 hp pada 13.000 rpm dan dapat ditingkatkan hingga 226 hp. Angka ini membuat membuat Panigale V4 memiliki power-to-weight ratio 1.1 hp/kg. Sementara torsi 124 Nm pada 10.000 rpm.
Mesin tersebut dipadankan dengan Ducati Quick Shift (DQS) up/down EVO 6-speed dan memiliki 3 mode berkendara (Race, Sport, Street).
Selain mesin, pabrikan motor asal Italia ini juga menggunakan rangka baru. Rangka ini dinamakan ‘Front Frame’ yang lebih kompak dan ringan dibandingkan perimeter frame.
Rangkanya sangat ringan sehingga membuat motor ini ramping. Bahkan Ducati menyebut Panigale V4 memiliki berat 195kg atau lebih ringan 2,5 kg jika dibandingkan dengan new 959 Corse.
Untuk menambah handling yang lebih baik, pada bagian depan, Ducati menggunakan suspensi Showa BPF 43mm fully-adjustable dan pada bagian belakang menggunakan monoshock Sachs fully-adjustable.
Tambahan lain adalaj controlled drift, cornering ABS di bagian depan, lampu depan full-LED dengan DRL, layar TFT 5 inci full-colour dan konfigurasi two-seater.
Ducati juga menyematkan beberapa fitur keselamatan canggih yaitu 6-axis Inertial Measurement Unit (6D IMU), ABS Cornering Bosch EVO, Ducati Traction Control EVO (DTC EVO), Ducati Slide Control (DSC), Ducati Wheelie Control EVO (DWC EVO), Ducati Power Launch (DPL) dan Engine Brake Control EVO (EBC EVO) sebagai standar.
Bagaimana dengan harga? Dicati Panigale V4 hadir dalam tiga tipe yaitu standar, S dan Speciale. Tipe standar dibanderol Rp 341 juta, tipe S Rp 423 juta dan tipe Speciale Rp 620 juta.
[gallery columns="5" ids="27891,27892,27893,27890,27889,27888,27884,27885,27886,27887">
https://www.youtube.com/watch?v=yXB4eXXD0wI
RAJU FEBRIAN
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test