FORWOT Gelar Safety Riding untuk Media dan Komunitas, Tingkatkan Skill Berkendara

FORWOT Road Safety Training 2021

Di Indonesia selama periode 2016 hingga 2020 angka kecelakaan didominasi oleh usia produktif yakni pelajar hingga para pekerja muda. Sangat memprihatinkan karena berdasarkan data Korlantas Polri kedua kategori tersebut menyumbang korban kecelakaan lalu lintas sampai 74 persen dari total keseluruhan. Nah dalam rangka menciptakan budaya berkendara yang berkeselamatan, Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) menggelar Safety Riding pada 24 sampai 25 September 2021 yang mengundang awak media dan sejumlah pengendara dari berbagai komunitas.

Ketua Bidang Roda 2 FORWOT, Ainto Harry Budiawan mengatakan lewat kegiatan ini diharapkan para peserta bisa menularkan pengetahuan soal cara berkendara yang aman dan benar kepada para keluarga, rekan kerja, dan juga komunitasnya.

“Safety Riding Training merupakan salah satu upaya FORWOT untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan berkendara rekan-rekan wartawan dan juga komunitas bikers. Hal ini merupakan aktivitas rutin FORWOT agar bikers dan para jurnalis selain mendapatkan ilmu baru, diharapkan juga bisa menularkan pengetahuannya kepada orang-orang terdekat mereka,” kata Harry, di sela-sela sesi safety riding bersama di Tangerang Selatan, Sabtu (25/9).

FORWOT Road Safety Training 2021

Acara kali ini, FORWOT menggandeng instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC). Chief Instructor JDDC, Jusri Pulubuhu, dipercaya sebagai instruktur dan membagi acara menjadi 2 sesi, pertama teori dan kedua praktik. Di sesi soft skill alias teori dia memaparkan banyak macam pengetahuan soal teknik mengendarai motor yang benar dan aman. Mulai dari cara berbelok, mengerem, membuka gas, menjaga keseimbangan, sampai cara melatih fokus berkendara.

Peserta dibekali berbagai hal soal cara berkendara motor yang baik sampai mengantisipasi potensi bahaya, kecelakaan, dan juga trik meminimalisir cedera. Seperti diketahui, sepeda motor punya impak yang besar ketika terjadi kecelakaan, beda hal dengan mobil yang masih tercover dengan komponen mesin, sampai tersedianya fitur keselamatan airbags.

Selanjutnya di sesi hard skill atau praktik para peserta diminta untuk mengendarai motor dengan teknik dan trik yang sudah dibagikan sebelumnya. Kurang lebih obstacle yang sediakan mengimpretasikan kegiatan berkendara sehari-hari yang fokusnya menghindari potensi kecelakaan di jalan.

“Dengan adanya acara ini, diharapkan para peserta dapat menularkan informasi yang positif dan pengetahuan lebih kepada orang-orang tercinta agar bisa lebih memahami keselamatan dalam berkendara di jalan raya,” jelas Jusri.

FORWOT Road Safety Training 2021

Minimal 1 Tahun Sekali

Menurut Jusri berkendara di jalan raya dengan sepeda motor berkaitan dengan nyawa diri sendiri dan orang lain. Anda perlu skill dan teknik yang tidak sembarangan. Benar memang, sekarang ini banyak orang yang bisa mengendarai motor, namun tidak semuanya mampu berkendara dengan baik dan tepat.

Berdasarkan data Korlantas Polri jumlah kecelakaan di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 100.028 kasus. Dari total tersebut setidaknya 23.529 orang meregang nyawa alias meninggal dunia akibat kecelakaan. Memang total kecelakaan dan korban meninggal dunia turun sekitar 14 sampai 18 persen dibanding 2019, namun tren penurunan dijelaskan Polri kemungkinan dampak dari pandemi COVID-19 yang saat itu (2020) mobilitas masyarakat dibatasi ketat.

Dan jika kita melihat data dari WHO Global Status Report on Road Safety menjelaskan bahwa setiap tahun ada lebih dari 1,25 juta korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas dan 50 juta orang mengalami luka berat di seluruh dunia.

FORWOT Road Safety Training 2021

Jusri merekomendasikan sebaiknya para pengendara sepeda motor melakukan secara rutin Safety Riding minimal 1 tahun sekali untuk pemahaman teori berkendara. Hal ini diperlukan untuk me-refresh pengetahuan pengendara yang mungkin saja hilang atau menumpul. "Rekomendasi saya bagi masyarakat paling tidak 1 tahun sekali untuk teori. Ini mengacu pada kemungkinan orang itu hilang skill pemahaman, tidak ingat, atau turun tingkat kepekaannya," kata Jusri.

Sementara untuk Safety Riding menyoal skill atau praktik durasinya lebih panjang atau minimal 2 tahun sekali disarankan untuk kembali mempertajam kemampuan berkendaranya. Kedua hal ini memang bukan sebuah kewajiban, namun mengingat data kecelakaan yang tinggi bahkan sampai menimbulkan korban jiwa yang banyak, tak ada salahnya untuk melatih atau merefresh lagi soft skill dan hard skill berkendara Anda.

"Kenapa pratiknya lebih lama, karena pada dasarnya ketika kita mengendarai motor setiap hari itu sudah masuk kategori berlatih, setidaknya skill naik. Tapi belum tentu benar, makanya perlu teori dan mempertajam di praktik," jelasnya. (Kit/Raju)

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Stok Suzuki Satria F150 di Diler Kosong, Model Baru Mau Meluncur?
    Stok Suzuki Satria F150 di Diler Kosong, Model Baru Mau Meluncur?
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Sepuluh Ribu Biker Ramaikan Satu Dekade Maxi Yamaha di 14 Kota Indonesia
    Sepuluh Ribu Biker Ramaikan Satu Dekade Maxi Yamaha di 14 Kota Indonesia
    Zenuar Yoga . 17 Sep, 2025
  • Daftar Aksesori Resmi New Honda ADV160 dan Harga Lengkapnya
    Daftar Aksesori Resmi New Honda ADV160 dan Harga Lengkapnya
    Zenuar Yoga . 17 Sep, 2025
  • Vespa Rilis Warna Baru untuk Primavera dan Sprint, Makin Trendy di Jalanan Kota
    Vespa Rilis Warna Baru untuk Primavera dan Sprint, Makin Trendy di Jalanan Kota
    Zenuar Yoga . 17 Sep, 2025
  • Ini Alasan Diler Sepeda Motor Indo SunMotor Gemilang Suzuki Bisa Bertahan
    Ini Alasan Diler Sepeda Motor Indo SunMotor Gemilang Suzuki Bisa Bertahan
    Anjar Leksana . 17 Sep, 2025
  • Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Zenuar Yoga . 10 Sep, 2025
  • New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    Zenuar Yoga . 21 Agu, 2025
  • Profil QJMotor SRK 800 RR, Sportbike 4-Silinder Seharga Rp249,9 Juta
    Profil QJMotor SRK 800 RR, Sportbike 4-Silinder Seharga Rp249,9 Juta
    Anjar Leksana . 21 Agu, 2025
  • Duel Cruiser Modern dengan Cita Rasa Klasik: Honda Rebel 500 vs Royal Enfield Super Meteor 650, Pilih Mana?
    Duel Cruiser Modern dengan Cita Rasa Klasik: Honda Rebel 500 vs Royal Enfield Super Meteor 650, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 11 Agu, 2025
  • Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025