Gantikan Vario 150, Ini Detail Spek dan Fitur Honda Vario 160

Honda Vario 160 2022

All New Honda Vario 160 meluncur bawa perubahan hampir menyeluruh. Paling jadi perhatian tentu enjin baru 160 cc 4 katup enhanced Smart Power Plus (eSP+) yang identik dengan PCX 160. Ditawarkan dalam dua tipe, CBS yang dijual Rp25,8 juta dan ABS Rp28,5 juta. Berikut kami ulik lebih lengkap soal detail spesifikasi dan fitur-fiturnya

KEY TAKEAWAYS

  • Vario 160 mendapat mesin generasi terbaru

    Pakai mesin 160 cc empat klep, SOHC, berpendingin cairan serta teknologi (eSP+)
  • Peningkatan daya cukup signifikan

    Sekarang jadi 15,3 Hp di 8.500 rpm dengan torsi 13,8 Nm di 7.000 rpm
  • Ada dua varian yang tidak lagi dibedakan berdasarkan stripe dan grafis

    CBS Rp25,8 juta dan ABS Rp28,5 juta
  •  

    Desain dan Dimensi

    harga vario 160

    Konsepnya masih sama, tetap mengusung skutik bergaya sportif. Memiliki garis-garis desain tegas namun tak lagi ramping. Beberapa panel bodi dibuat mengembung padat. Tampak jelas di bagian depan, dibuat seperti model bertingkat. Sistem pencahayaan depan masih mengandalkan Dual Keen LED Headlight. Dilengkapi pula dengan lampu sein yang tak lagi menyipit ke bawah. Diberi pembatas dengan tarikan garis cover headlamp. Terlihat agresif dan berkelas.

    Menyesuaikan tameng depan, panel tengah terlihat sedikit mengembung. Sementara bagian buntut menerapkan motif modern. Bodi belakang diisi dengan emblem 3 dimensi (3D) bertuliskan Vario 160 (khusus tipe ABS). Kesan elegan jadi makin kuat terlihat dari sisi samping.

    Bagian belakang masih didukung tampilan mewah, karena mengaplikasikan desain stop lamp dan sein terpisah. Model lampu setop berubah total namun tetap meruncing ke atas. Istimewanya diberikan cover muffler yang dilapisi dengan alumunium sama seperti punya PCX 160. Kesan sporty jadi makin terasa.

    Dari segala perubahan desain, dimensi hanya berubah sedikit. Sebelumnya 1.919 x 679 x 1.062 mm, kini menjadi 1.929 x 679 x 1.088 mm (PxLxT). Tinggi tempat duduk dari 769 mm jadi 778 mm. Jarak sumbu roda sekarang lebih pendek yaitu 1.277, model lama 1.280 mm. Jarak terendah ke tanah meningkat 8 mm jadi 140 mm.

     

     

    Rangka

    rangka honda vario 160

    Mendukung kenyamanan, ia pakai teknologi rangka seperti Genio dan All New Scoopy. Yaitu frame eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Diklaim semakin lincah dan mudah dikendarai. Tapi tak seperti saudaranya yang lebih kecil, rangka eSAF yang dipasangkan ternyata tidak berdampak positif ke sektor lain. Bobot justru meningkat. Sebelumnya 112 kg kini menjadi 115 kg (CBS) dan 117 kg (ABS). Volume bahan bakar dan ruang bagasi di bawah jok juga tidak berubah, masing-masing masih 5,5 liter dan 18 liter.

     

     

    Fitur

    fitur honda vario 160

    Buat varian tertinggi sudah dibenamkan Anti-lock Braking System (ABS). Otomatis pengereman belakang dilengkapi cakram. Sedang tipe CBS masih seperti model lama. Lalu ada USB charger type A buat mengisi ulang ponsel tanpa perlu menggunakan tambahan adapter.

    Kelengkapan lainnya masih identik dengan Vario 150. Seperti pencahayaan LED depan-belakang serta sinyal belok, Side Stand Switch, Brake Lock System, double inner rack yang multifungsi, Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm dan panel instrumen full digital dan pakai teknologi negative display. Bentuknya masih sama dengan versi lawas, hanya saja ada indikator ABS di varian atas.

    Baca Juga: Vario dan PCX Bikinan Astra Honda Motor Paling Diminati Pasar Luar Negeri

     

    Mesin

    mesin vario 160

    All New Honda Vario 160 mendapat mesin generasi terbaru. Sekarang menggendong enjin 160 cc yang dijejali empat klep, SOHC, berpendingin cairan serta teknologi enhanced Smart Power Plus (eSP+). Ia mampu menghasilkan tenaga maksimal 15,3 Hp di 8.500 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm di 7.000 rpm. Ukuran bore x stroke kini 60 x 55,5 mm Sebelumnya 57,3 x 57,9 mm. Rasio kompresi juga meningkat, model lama 10,6:1 sekarang 12:1.

    Bila dibanding model lama, kenaikan tenaga cukup signifikan. Sebelumnya 13 Hp/8.500 dan torsi hanya meningkat sedikit, dari 13,4 Nm/5.000 rpm. Sementara PCX 160 mampu memuntahkan power 16 Hp di 8.500 rpm dan torsi 15 Nm di 6.500 rpm.

     

    Kaki-kaki

    suspensi vario 160

    Urusan kaki-kaki masih mempercayakan suspensi depan teleskopik dan belakang pakai swing arm yang dimaksimalkan shockbreaker tunggal. Meski demikian, dipercaya mampu meredam getaran dan tetap terasa nyaman dipakai meski di medan berat sekalipun.

    Sementara diameter roda masih 14 inci. Tapi sekarang pakai palang model baru. Kulit bundarnya juga kini berprofil lebar. Kalau sebelumnya pakai 80/90 dan 100/80, saat ini 100/80 (depan) dan 120/70 (belakang). Kedua ban sudah berjenis tubeless.

     

    Varian

    Honda Vario 160 ABS

    Kini All New Vario 160 punya dua varian yang tidak lagi dibedakan berdasarkan stripe dan grafis. Sekarang dibelah menjadi CBS dan ABS. Untuk tipe CBS terdapat warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande Matte Red. Unit ini dijual Rp25,8 juta OTR DKI Jakarta.

    Sedangkan tipe ABS, punya warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande White. Model ini punya emblem 3D di panel bodi belakang dan velg berkelir burnt titanium. Harganya Rp28,5 juta OTR DKI Jakarta. (Bgx/Odi)

     

    Baca Juga: Honda Vario 160 Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp25,8 Juta

    Jelajahi Honda Vario 150

    Model Motor Honda

    Motor Honda
    • Honda Scoopy
      Honda Scoopy
    • Honda CRF150L
      Honda CRF150L
    • Honda PCX160
      Honda PCX160
    • Honda Beat
      Honda Beat
    • Honda Vario 125
      Honda Vario 125
    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Honda Unggulan

    Artikel Motor Honda Vario 150 dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature