GIIAS 2021: Keeway SCR250, Bermesin V-Twin Harganya Rp57,3 Juta

Keeway SCR250

Bagi yang belum tahu, merek Keeway berada di bawah naungan PT Benelli Motor Indonesia (BMI) sejak tahun lalu. Di GIIAS 2021, mereka meluncurkan produk baru SCR250. Berwujud scrambler gahar, apalagi ditenagai mesin V-Twin dengan suara menggelegar. 

Direktur Utama PT BMI, Steven Kentjana Putra mengatakan, hadirnya Keeway SCR250V melengkapi line-up produk yang sebelumnya sudah meluncur, V250 Fi. Secara tampilan, menurutnya, motor itu cocok bagi konsumen yang suka desain kendaraan kustom kultur atau sedang mencari motor bahan untuk dikustomisasi.

"Motor ini akan menjadi satu warna baru lagi bagi konsumen yang memiliki passion dari sepeda motor bermesin V-Twin kategori bahan. Benelli dan Keeway jadi solusi jika konsumen memang ingin mengkustomisasinya," kata Steven saat mengenalkan Keeway SCR250V di ICE, BSD Tangerang Selatan.

Keeway SCR250

Salah satu nilai jual yang ditawarkan dari motor ini adalah penggunaan jantung pacu bertipe V-Twin. Dengan konfigurasi mesin itu, suara yang akan dihasilkan dari lubang knalpot punya kemiripan dengan Harley-Davidson. "Keeway dengan mesin V-Twinnya, saya bisa bilang banyak orang yang ingin punya Harley-Davidson. Dan ini (SCR250V) adalah Harley wannabe," pungkasnya.

Dari segi visual, Keeway SCR250V punya tampang yang boleh dibilang cukup sangar. Paten desainnya mengikuti gaya Scrambler pakai lampu bulat, setang fatbar, tangki bbm berdimensi besar, dan jok rata yang memiliki tekstur. Dari depan, SCR250V punya tampang yang sederhana, sistem penerangan headlamp masih mengandalkan bohlam konvensional. Pun untuk lampu belakang dan penanda sein yang masih pakai jenis halogen biasa. Mungkin saja alasan tak mengaplikasikan LED untuk memenuhi gaya klasiknya.

Kami memang belum mencobanya secara langsung, tapi jika bicara gaya motor Scrambler, umumnya menawarkan sisi ergonomis, kenyamanan, dan mudah digunakan.

 

Spek Teknis

Keeway SCR250

Dari lembar teknis, Keeway SCR250V dibekali mesin 250 cc, V-Engine (2-silinder), SOHC, pendingin udara, dan sudah berpengabut injeksi. Klaim BMI, dengan racikan mesin itu mampu menghasilkan tenaga maksimal sampai 16,7 daya kuda pada putaran mesin 8.500 rpm dan torsi puncak menyentuh 17 Nm di puntiran mesin 5.500 rpm.

Mesinnya satu platform dengan Keeway V250 Fi yang sudah meluncur pada Oktober 2020 lalu. Dari data teknis, tak ada perbedaan output sedikitpun, bahkan bore x stroke (49x66mm) dan racikan kompresi mesinnya sama di 10:1.

Dimensi dan Suspensi

Keeway SCR250

Bicara dimensi, motor ini memiliki panjang 2.015 mm, lebar 760 mm, tinggi 1.050 mm, tinggi jok, 720 mm, dan wheelbase 1.430 mm. Secara keseluruhan SCR250 punya bobot mencapai 154 kg.

Untuk rancang kaki-kakinya, motor ini mengaplikasikan peredam kejut tipe teleskopik di depan dan suspensi monoshock di bagian belakangnya. Kedua roda dipasangi velg tipe jari-jari serta ban dengan ukuran belang yakni 100/80 ring 17 dan 130/90 ring 15. Oh iya, pabrikan juga menyematkan peranti keamanan dual ABS (Anti-lock Braking System).

Bagi yang tertarik, Keeway SCR250V dilepas dengan banderol Rp57,3 juta OTR. Pengiriman baru akan dilakukan pada kuartal pertama tahun depan, otomatis konsumen akan mendapatkan unit dengan VIN 2022. (Kit/Odi)

 

Baca Juga: Benelli 1200GT Mulai Dijual, Alternatif Murah Honda Gold Wing

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang