Honda GB350 C Suguhkan Gaya Retro dengan Warna Anyar
Eksistensi motor cruiser klasik masih dijaga serius oleh Honda Motor Co., Ltd. Terbaru, mereka menghadirkan pilihan warna segar bagi GB350 C di Jepang. Ada dua opsi kelir anyar, yakni matte sand storm beige serta matte buret silver. Banderolnya kini 715 ribu yen atau sekitar Rp79 jutaan. Target penjualan dipatok 2.000 unit per tahun. Karakternya tetap antik, jelas diarahkan jadi rival Royal Enfield Bullet maupun Meteor 350.
KEY TAKEAWAYS
Honda GB350 C punya kelir anyar yakni matte sand storm beige serta matte buret silver
Banderolnya kini 715 ribu yen atau sekitar Rp79 jutaan. Target penjualan dipatok 2.000 unit per tahun. Honda GB350 C sejatinya lebih pas dijadikan motor hobi ketimbang tunggangan harian.Mesin dan Karakter Tenaga
GB350 C membawa paket enjin sederhana namun penuh jiwa. Jantung pacu berkode NC59E mengusung konfigurasi silinder tunggal OHC, 4-tak berpendingin udara. Kubikasi enjin sebesar 348 cc kemudian ukuran bore kali stroke 70 x 90,5 mm. Kompresi 9,5:1 membuat motor ini aman menenggak bensin beroktan rendah, jadi kelebihan tersendiri di Asia.
Sistem injeksi PGM-FI bertugas mengatur suplai bahan bakar. Outputnya mencapai 20 PS di 5.500 rpm serta torsi 29 Nm di 3.000 rpm. Karakter jelas bukan pemburu kecepatan. Justru menekankan tenaga halus, linear, nyaman dibawa touring santai. Momen puntir bawah padat jadi nilai utama yang sulit ditolak pecinta retro-cruiser.
Transmisi dan Efisiensi
Lanjut sektor penyaluran tenaga mengandalkan girboks manual lima percepatan dipadukan kopling multiplat basah. Perpindahan gigi disebut halus, cocok dengan DNA motor cruiser. Tangki berisi 15 liter juga cukup membantu menekan frekuensi isi ulang.
Terkait konsumsi bensin, uji internal Honda Jepang mencatat efisiensi 47 km/liter pada kecepatan konstan 60 km/jam. Angka itu memang kondisi ideal. Saat dipakai boncengan, menembus lalu lintas padat, atau membawa barang, hasilnya bisa turun. Namun untuk motor 350 cc, efisiensi ini tergolong impresif.
Roda, Dimensi dan Suspensi
Di sektor kaki-kaki, Honda menyematkan pelek cast wheel. Ban depan 100/90, 19 inci, dan ukuran belakang 130/70, 18 inci. Sistem pengereman sudah pakai cakram hidrolik di kedua roda, memberi kontrol mumpuni. Tampilan ban besar menyatu apik dengan bahasa desain retro.
Untuk dimensi tubuh cukup ramah bagi postur rata-rata Asia. Panjang 2.205 mm, lebar 790 mm, tinggi 1.105 mm, wheelbase 1.440 mm. Ground clearance 165 mm cukup membantu kala melibas jalan berbatu. Jok setinggi 800 mm memudahkan banyak pengendara menapakkan kaki. Bobot total 186 kg tergolong moderat, jadi tidak terlalu mengintimidasi pemula di ranah big bike.
Rancangan Bodi dan Detail Retro
Nuansa klasik benar-benar dijaga. Lampu depan bulat berbingkai logam, dipadu sentuhan kromium di area spion, cover mesin, knalpot hingga sokbreker belakang. Jok coklat berlapis kulit menambah karakter retro ikonik. Suspensi depan teleskopik dengan pelindung karet, sedangkan belakang memakai dual shockbreaker untuk stabilitas lebih baik.
Honda GB350 C sejatinya lebih pas dijadikan motor hobi ketimbang tunggangan harian. Kombinasi mesin sederhana, tampilan klasik, serta ergonomi ramah terasa seimbang. Bagi pasar Jepang, paket ini logis. Ia melengkapi jajaran GB350 dan GB350 S yang lebih dulu hadir sejak Maret 2021.
Bagaimana kansnya masuk Tanah Air? Sejauh ini agak susah untuk dijual di sini. Skema pajak motor besar berpotensi membuat harganya melambung. Sebagai pembanding, Honda Rebel 500 resmi dijual sekitar Rp200 jutaan. Bila GB350 C masuk lewat jalur impor, harganya bisa mendekati angka itu, bahkan mungkin bisa lebih tinggi. Pertanyaan tersisa: beranikah AHM menghadirkan motor retro ini untuk mengisi celah di bawah Rebel 500? (Alx)
Baca Juga:
Yamaha XSR700 2025 Resmi Dirilis, Retro-Modern yang Ringan, Bertenaga, dan Efisien
Kans Besar Suzuki Access 125 Meluncur di Indonesia
Polytron Fox 200: Skuter Listrik Stylish untuk Perempuan, Harga Mulai Rp11,5 Juta
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Honda Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel Motor Honda dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test