Honda Hawk 11, Café Racer dengan Spek Mesin Africa Twin

Honda Hawk 11

Melanjutkan debut di Osaka Motorcycle Show 2022, Honda Hawk 11 resmi dipasarkan. Tampilannya begitu atraktif bergaya retro modern café racer. Sesuai dugaan awal, jantung mekanisnya menggunakan unit 1.084 cc yang persis dengan Africa Twin dan Rebel 1100. Dengan dua silinder paralel yang menghasilkan torsi besar.

KEY TAKEAWAYS

  • Honda Hawk 11 bergaya cafe racer retro dan ditenagai mesin Africa Twin dan Rebel 1100

    Mesin 1.082 cc 2-silinder mampu menghasilkan 100 Hp dan torsi 103 Nm
  • Honda Hawk 11 2022 ditenagai enjin berpendingin cairan, 4-tak, OHC (Unicam), 2-silinder segaris 1.082 cc dilengkapi dengan transmisi manual 6-percepatan dan teknologi kontrol elektronik. Punya ukuran bore dan stroke 92,0 x 81,4 mm, diklaim mampu mengembuskan 100 Hp di 7.500 rpm dan torsi 103 Nm di 6.250 rpm. Selisih tipis dengan CRF1100L Africa Twin yang menghasilkan daya maksimal 101 hp di 7.500 rpm dan torsi puncak 105 Nm di 6.000 rpm.

    Honda Hawk 11

    Electronic control technology (ECT) Honda tentunya juga ada. Tersedia empat mode berkendara: Sport, Standard, Rain, dan satu mode yang dapat disetel dan menyimpan pengaturan sesuai keinginan pengguna. Throttle-by-wire, Honda Selectable Torque Control (HSCT), serta ABS juga menjadi kelengkapan standar.

    Menyoal tampilannya, kesan retro sangat menonjol dengan penggunaan half fairing rocket cowl ala motor café racer. Lengkap headlamp berbentuk bulat yang sudah mengadopsi teknologi LED. Lalu ada windshield mungil di atasnya. Sementara kaca spion juga terbilang unik karena ditempatkan secara menyamping dari penahan dudukan cowl. Setang menggunakan model jepit dan membuat posisi berkendara lebih membungkuk.

    Honda Hawk 11

    Tidak ada banyak panel yang menutup area mesin, membuat tampilannya tambah gagah dan kekar. Pun dengan garis-garis desain pada bodi motor yang minim lekukan tajam, plus warna maskulin yang memberikan kesan elegan.

    Meski sudah dibalut gaya retro, detail motor modern masih terlihat, terutama pada bagian area rangka dan kaki-kakinya yang mirip Honda NT1100. Dimensi panjangnya 2.190 mm, lebar 710 mm dan tinggi 1.160 mm. Jarak sumbu roda 1.510 mm dan ground clereance 200 mm. Ketinggian joknya 820 mm atau sekitar 32,28 inci. Berat total kendaraan mencapai 214 kg, atau sekitar 471,8 pon. Tetapi bobot ini belum diketahui secara rinci, termasuk berat kering atau berat basah. Sementara kapasitas tangki mencapai 14 liter.

    Honda Hawk 11

    Suspensi terdiri dari garpu upside down SFF-BP buatan Showa (Hitachi Astemo Co., Ltd.). Serta pengaturan swingarm belakang monoshock dan Prolink. Semua untuk mengejar pengendaraan berkualitas tinggi dalam rentang kecepatan berbagai permuakaan.

    Buat pengereman mengandalkan cakram ganda di depan dengan empat piston, dan cakram tunggal di belakang dua piston. Rangkanya adalah desain dudukan semi-ganda, dan Hawk 11 dilengkapi roda depan dan belakang berukuran 17 inci. Dibungkus ban berukuran 120 / 70 di depan dan 180/55 belakang.

    Honda Hawk 11

    Di Jepang, Hawk 11 tersedia dalam dua pilihan warna, Pearl Hawks Eye Blue dan Graphite Black. Buat perilisan awal, Honda hanya memproduksi sebanyak 1.200 unit. Honda berencana mulai merilis unit anyar ini mulai 29 September 2022 khusus pasar Jepang. Harganya tercatat 1.397.000 yen atau sekitar Rp159 jutaan. (Bgx/Odi)

     

    Baca Juga: Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary Tiba di Indonesia, Harganya Rp1,058 Miliar

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Honda Unggulan

    Artikel Motor Honda dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
      Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
      Anjar Leksana . 22 Apr, 2024
    • Gunakan CBR Series, Tim Astra Honda Siap Bertarung di Kejuaraan ARRC Zhuhai
      Gunakan CBR Series, Tim Astra Honda Siap Bertarung di Kejuaraan ARRC Zhuhai
      Anjar Leksana . 18 Apr, 2024
    • Honda Vario 125 2024 Dapat Warna Baru, Simak Simulasi Kreditnya
      Honda Vario 125 2024 Dapat Warna Baru, Simak Simulasi Kreditnya
      Anjar Leksana . 15 Apr, 2024
    • AHM Kembali Gelar Mudik Balik Bareng Honda dan Buka Posko Mudik
      AHM Kembali Gelar Mudik Balik Bareng Honda dan Buka Posko Mudik
      Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
    • New Honda Vario 125 Punya Warna Baru
      New Honda Vario 125 Punya Warna Baru
      Zenuar Yoga . 03 Apr, 2024
    • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
      Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
      Zenuar Yoga . 24 Apr, 2024
    • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
      Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
      Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
    • Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
      Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
      Zenuar Yoga . 12 Feb, 2024
    • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Vario 160, Siapa Lebih Unggul?
      Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Vario 160, Siapa Lebih Unggul?
      Zenuar Yoga . 16 Jan, 2024
    • Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
      Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
      Zenuar Yoga . 13 Nov, 2023
    • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
      First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
      Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
    • First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
      First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
      Zenuar Yoga . 07 Okt, 2022
    • Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
      Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
      Bangkit Jaya Putra . 21 Jul, 2022
    • First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
      First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
      Setyo Adi Nugroho . 07 Jul, 2022
    • Test Ride Review New Honda Genio 2022: Seberapa Layak Dijadikan Motor Harian?
      Test Ride Review New Honda Genio 2022: Seberapa Layak Dijadikan Motor Harian?
      Bangkit Jaya Putra . 29 Mar, 2022