Kawasaki ZX-25R Indonesia (ZRI) Resmi Dideklarasikan

Embrio komunitas ini sebenarnya sudah terhimpun sejak 11-12 Juli 2020. Ketika Kawasaki membuka kesempatan bagi pencinta ZX25R Jabodetabek untuk bisa melakukan inden langsung. Berawal dari itu, para calon pemilik ingin memiliki wadah untuk bisa saling tukar informasi, sharing tips perawatan dan performa ZX25R. Setelah lebih kurang 3 bulan, tercetuslah niatan baik untuk lebih memformalkan ajang silaturahmi ke dalam sebuah komunitas yang diberi nama ZX25R-Indonesia (ZRI).


Antusiasme pencinta Kawasaki ZX-25R di Tanah Air memang luar biasa. Tak tanggung-tanggung, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mendukung peresmian komunitas ini. c. Pengumuman ini dilaksankan di hotel Horison, Bekasi Barat pada Sabtu, 16 Januari 2021. Dengan slogan “Ride with Pride as A Family”, komunitas ini diharapkan bisa menjadi ajang silaturahmi bagi para pemilik Ninja 250 cc empat silinder. 


Deklarasi ini didukung juga oleh Kawasaki CKM (Cahaya Kurnia Motor) Bekasi. Tercatat ada 60 anggota yang telah teregistrasi saat acara peresmian. Meski dilakukan di ruang tertutup, semua tamu undangan tetap mengikuti aturan prokes yang telah ditentukan pemerintah. Di sela-sela kegiatan, mereka juga memanjatkan doa dan bersyukur atas terbentuknya komunitas ini.


Tak hanya para pemilik ZX-25R saja, komunitas lain seperti YROI, NIO, BBC, ZOB juga turut hadir dan menjadi saksi terwujudnya ZRI. Selain itu, acara ini juga diisi beragam kegiatan seru, salah satunya pembagian doorprize yang disumbangkan oleh KMI, Kawasaki CKM serta para sponsor lainnya.


Dalam deklarasi para member ZRI memilih Maico Gabriel Welken sebagai ketua sementara ZRI. Jabatan itu diemban setidaknya hingga acara musyawarah nasional (Munas) digelar beberapa waktu mendatang.


Dalam sambutannya Maico menyampaikan, ZRI didirikan sebagai wadah pemersatu buat pemilik ZX-25R seluruh Indonesia. “Nantinya bisa saling tukar informasi dan membangun persaudaraan antara pengguna ZX-25R di Indonesia, dengan melakukan aktivitas yang fun dan positif bagi member,” katanya.


Buat para pemilik Kawasaki ZX-25R yang mau gabung, bisa melakukan Direct Message (DM) ke Instagram @zx25rindonesia_official atau Dimas RZ (+62 812-3468-3758).


deklarasi KZI


Mengenal Kawasaki Ninja ZX-25R


Kawasaki Ninja ZX-25R merupakan sport fairing 250 cc dengan 4 silinder. Meluncur dengan kuota awal 2.000 unit dalam setahun, harganya sekarang Rp 97 juta tipe standar dan Rp 114,9 juta OTR Jadetabekser buat versi ABS SE.


Ninja ZX-25R X-25R menggendong mesin 249,8 cc, 4 silinder, DOHC, 16 katup, berpendingin cairan, dengan spesifikasi bore x stroke 50,0 mm x 31,8 mm, dan rasio kompresi mesin 11,5:1. Jantung mekanisnya itu mampu menghasilkan power 49,3 Hp pada 15.500 rpm. Namun, ketika ram air berfungsi, tenaga menjadi 50,3 Hp di putaran 15.500 rpm. Sedangkan, torsi maksimalnya berada di 22,9 Nm di kitiran 14.500 rpm.


Menurut klaim pabrikan, kecepatan maksimal yang dapat diraih yaitu 187 kpj. Namun dengan adanya komponen ram air, ayanya bisa meningkat hingga 1 PS. Sistem itu bekerja secara optimal saat kecapatan motor sudah mencapai 100 kpj.


Selain itu, motor ini memiliki sederet fitur canggih. Lampunya sudah berteknologi LED, baik di bagian depan maupun belakang. Ada Kawasaki Traction Control (KTRC) yang memiliki tiga mode berkendara dan bisa disetel off. Ada Power Mode Selection yang memungkinkan pengguna dapat mengatur output power mesinnya sesuai keinginan. Terdapat dua pilihan yakni Full dan Low. Kemudian KQS (Kawasaki Quick Shifter) yang hanya tersedia di varian tertinggi. Bukan hanya upshifts, tapi juga bisa downshifts, dan mulai berfungsi di atas 2.500 rpm.


Selanjutnya Electronic Throttle Valves (ETV) dengan high-spec ECU. Komponen itu dapat mengontrol volume bahan bakar (via fuel injector) dan udara (via throttle valves) ke mesin, sehingga memberikan respons mesin yang halus. Selain itu, membuat pengendaranya dengan mudah menggunakan semua fitur yang telah ditanamkan.


Lalu ada Immobilizer sebagai standar keamanan motor. Walau masih berwujud anak kunci, di dalamnya tertanam chip. Jadi motor tidak bisa menyala ketika motor dibobol dengan kunci lain. Lebih aman!


Rangkanya pakai tralis dan lengan ayun model banana. Keduanya pakai material yang sama, high-tensile steel. Suspensi depan pakai tipe upside down dengan Separate Function Fork-Big Piston. Belakangnya dengan horizontal back link monoshock.


Untuk meredam laju ZX-25R, disematkan cakram berdiameter besar dan dicengkram oleh kaliper monoblock radial-mount untuk pengereman depan. Disc belakangnya juga lebar, sehingga memberikan pengereman yang sangat baik.


Demi memberikan cengkraman yang baik saat melaju di aspal, motor sport 250 cc 4-silinder ini dipasangkan ban radial GPR300 lansiran Dunlop. Memberikan efek ringan sehingga handling menjadi gesit. Ukuran yang digunakan yakni 110/70 depan dan 150/60 belakang. (Bgx/Odi)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Jelajahi Kawasaki Ninja ZX-25R

Tampak belakang serong Kawasaki Ninja ZX-25R
Kawasaki Ninja ZX-25R Rp 96 - Rp 112,9 Juta Cicilan Mulai : Rp 2,19 Juta
Lihat Promo