Kia Sonet Sudah Terpampang di Laman Resmi, Sebentar Lagi Meluncur?

Kemunculan resmi Kia Sonet diperkirakan tak lama lagi. Situs resmi Kia Indonesia sudah tampak memajang siluet Sonet di halaman utama. Pertanda yang sangat akurat, setelah berkali-kali tertangkap basah saat sedang melakukan pengujian.


Seperti pernah dipaparkan Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo pada konferensi pers digital akhir Agustus lalu. “Betul, Kia Sonet diuji jalan di Indonesia. Biasanya kalau tes jalan, probabilitasnya sekitar 90 persen masuk sini. Kami berharap ini dapat terealisasi sehingga konsumen semakin banyak pilihan," terangnya kala itu.


Jika probabilitas sudah 90 persen berarti kini tinggal menunggu kapan Sonet datang. Nah, mengetahui sudah ada teaser di situs resmi, dapat ditafsirkan sesegera mungkin. Menunjukkan ancang-ancang rilis dari APM mendekati klimaks. Bisa jadi kurang dari satu bulan lagi!


Yang jadi misteri lain tentu terkait spesifikasinya. Informasi masih sangat tipis. Namun, melansir Liputan 6 (26/9), nama Kia Sonet sudah terdaftar di Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor Bapenda DKI Jakarta. Tertera Kia Sonet 1.5 dalam dua versi: A/T dan M/T. Mengacu market India, hanya ada satu opsi pemacu 1,5 liter dalam line up Sonet.


Adalah unit turbo diesel 1,5 liter CRDi nan bertenaga. Tercatat momen puntir maksimum 240 Nm keluar sejak putaran 1.500 rpm. Total tenaga tidak begitu besar memang, hanya 100 PS. Semua tersalur ke roda depan melalui opsi transmisi manual enam percepatan atau teknologi girboks otomatis yang mereka sebut “Advance AT”. Tampak kurang wajar bila Sonet mengenakan mesin diesel lantaran bukan barang lazim di segmennya. Pun di informasi NJKB tidak tercantum embel-embel diesel.


Kia Sonet


Dengan demikian, lebih masuk akal bila memanfaatkan opsi lain dari keluarga Kia. Boleh jadi ia malah menggendong pemacu 1,5 liter bensin naturally aspirated "Smartstream" Seltos. Masuk akal dari segi jenis minuman dan outputnya. Dicatatkan figur tenaga 115 PS di 6.300 rpm dan diawali puncak torsi 144 Nm di 4.500 rpm. Cukup powerful untuk menegaskan kategori SUV. Pun tersedia dua pilihan penyalur daya: manual 6 speed atau otomatis Intelligent Variable Transmission (IVT).


Estimasi harga masih gelap. Memang, dicatatkan nilai jual sebelum pajak Rp 174 juta untuk varian M/T dan A/T Rp 181 juta. Meski begitu, banyak faktor lain untuk menetapkan harga ritel. Kembali lagi sesuai ramuan perusahaan terkait marjin laba berikut hitung-hitungan perpajakan. Sebagai contoh, Xpander Exceed 1.5L AT melekat nilai jual Rp 183 juta, sementara Mitsubishi memasang banderol Rp 253,2 juta (OTR Jakarta).


Sewajarnya Kia Sonet diberi label Rp 250 jutaan. Hal itu dikarenakan, secara kasta kelas. Sonet berada di bawah bayang-bayang Seltos. Dari segi dimensi, kekuatan memacu, dan juga kelengkapan. Dasar dugaan ini adalah label Seltos mulai dari Rp 295 juta. Benar atau tidak, kita tunggu saja kehadirannya.


Di harga segitu, kelengkapannya sulit untuk ditebak. Di India sendiri Sonet merupakan salah satu pemain royal soal fitur. Contoh tersemat sistem infotainment 10,25 inci berisi fungsi navigasi dan live traffic. Belum lagi sound system BOSE. Sorotan lainnya adalah smart entry, cruise control, automatic climate control, hingga sunroof. Tampaknya memimpikan SUV mungil selengkap itu baru sebatas angan. Kia Seltos lokal saja menyerupai trim menengah di India. Sonet pun kemungkinan sama. (Krm/Odi)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda