KTM Rilis 1290 Super Adventure R Sajikan Pengalaman Off-road Lebih Powerful

KTM 1290

Setelah rilis 1290 Super Adventure S, KTM melanjutkan dengan versi R. Gayanya berbeda. Terinspirasi motor Dakar dengan suspensi panjang dan memiliki spesifikasi lebih ganas untuk kebutuhan off-road. Huruf 'R' mengacu ke 'Rally' dan 'Racing'. Jadi hadir untuk menetapkan standar baru motor segala medan.

Pabrikan merancangnya dengan kemampuan berkendara mumpuni. Ergonomi fokus ke pengendara dan peningkatan kinerja suspensi. Turut menawarkan kelincahan berkendara karena distribusi bobot yang telah disempurnakan. Monster Austria ini disebut-sebut membawa begitu banyak elemen baru ke dalam jangkauannya.

Utamanya ada di bagian dapur pacu. KTM 1290 Super Adventure R mengandalkan LC8 baru berkapasitas 1.301 cc, 2 silinder, DOHC, 4 langkah, V 75° dan sudah berstatus Euro 5. Jantung mekanis yang sekarang lebih ringan 1,6 kg dan mampu menghasilkan tenaga 160 hp pada 9.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 6.500 rpm. Boleh dibilang, ia memiliki power-to-weight terbaik di segmennya. Ia juga mendapat piston baru, revisi pada transmisi dan knalpot gres.

Baca Juga: KTM Duke 390 Generasi Mendatang Punya Radar Cruise Control?

KTM 1290 adventure

Pabrikan juga berupaya mengoptimalkan komponen lain untuk mendongkrak kinerja mesin. Termasuk penggunaan dua radiator sebagai pengganti unit tunggal seperti yang ditemukan pendahulunya. Air Ducts dirakit ulang, mengarahkan udara panas menjauh dari kaki pengendara. Tentu membantu dalam hal kenyamanan.

Airbox didesain ulang. Pengendara sekarang dapat dengan mudah mengakses filter udara hanya dengan melepas empat sekrup. Filter itu sendiri sekarang memiliki rusuk vertikal, bukan horizontal, yang membantu mengarahkan debu atau pasir ke bagian bawah kotak udara. Secara keseluruhan, desain yang lebih baik untuk petualang hardcore.

Bersama PANKL, KTM juga merombak mekanisme perpindahan gearbox untuk respons lebih cepat, ringan, dan responsif. Kekuatan penuh dari pembaruan ini dapat dirasakan melalui Quickshifter + opsional, kini memiliki operasi lebih cepat dan bahkan lebih presisi.

KTM 1290 super adventure

Fokus ke Pengendalian

Melintasi medan kasar dengan cara termudah dan paling intuitif telah menjadi prioritas pengembangan KTM 1290 Super Adventure R. Bodywork anyar memberikan ergonomis yang sangat baik. Dirancang untuk meningkatkan kelincahan, menjaga bobot dan pusat gravitasi serendah mungkin, serta menawarkan posisi berkendara menyenangkan.

Penggunaan rangka baru berefek pada steering head yang bergeser 15 mm ke belakang. Dan mengubah posisi mesin untuk agar bobot motor fokus ke depan. Swingarm pakai model baru, lebih kuat dan lebih panjang dibanding model S yang berkontribusi saat berakselerasi. Insinyur KTM telah menganalisis dan memangkas setiap sentimeter body baru untuk memberikan ketebalan yang tepat dan agar mendapat hasil optimal.

Sensasi kontrol didukung tangki bahan bakar tiga bagian baru yang menampung 23 liter. Posisinya lebih rendah untuk membantu keseimbangan berkendara. Seperti sasis, subframe juga telah direkonstruksi dan ditutup dengan kursi berundak yang sporty dengan tinggi 880 mm. Meski dimensi ramping, kompartemen penyimpanan praktis di bawahnya masih tetap ada.

Baca Juga: Triumph, Kawasaki dan KTM Luncurkan Produk Global Berbarengan

KTM 1290

Peningkatan lebih lanjut adalah konfigurasi suspensi. KTM 1290 Super Adventure R memakai WP XPLOR yang pengembangannya mengacu pada kesuksesan KTM di dunia balap. Depan gunakan model upside down 48 mm yang dapat disetel sepenuhnya dengan fitur travel 220 mm. Komponen ini memiliki fungsi peredaman terpisah, kompresi di kiri dan rebound di kanan. Masing-masing dapat disetel secara manual melalui tombol yang mudah dijangkau di bagian atas. Belakang WP XPLOR dengan Progressive Damping System (PDS). Kompresi (kecepatan tinggi dan rendah), rebound, preload hidrolik bisa disesuaikan.

Roda pakai model ruji 21 inci di depan dan 18 inci di belakang. Pelek menggunakan merek Alpina dengan bahan aluminium tempa dengan jari-jari tertutup. Dapat dioperasikan dengan ban tubeless dan sealant O-ring yang terpasang di nipel spoke. Masing-masing dibungkus ban Bridgestone yang dirancang khusus penggunaan Adventure. Penghenti laju mengandalkan cakram berdiameter 320 mm yang dijepit kaliper empat piston radial di depan. Belakang 267 mm yang diapit dual piston. Masing-masing menggunakan lansiran Brembo. Dan tentu saja sudah dilengkapi dengan ABS Bosch 10.3ME dual channel (termasuk Cornering-ABS dan mode offroad).

Teknologi Menyesuaikan Performa

KTM 1290 Super Adventure R merupakan motor tualang dengan paket elektronik komplet. Tak tanggung-tanggung, pabrikan berkolaborasi dengan Bosch, perusahaan nomer wahid untuk masalah komputerisasi. Memiliki IMU enam sumbu yang sensitif, traction control, slip regulation, stability control systems dan off-road ABS. Sejumlah perangkat tersebut dirancang untuk memenuhi kebutuhan berkendara segala medan dan semua dapat disesuaikan atau dilepaskan.

Tak lupa juga ketersediaan mode berkendara. Ada Rain, Street, Sport, dan Off-Road. Ada pula Rally (opsional), dengan kemampuan untuk menyesuaikan atau mengatur respons throttle dan di antara sembilan tingkat putaran roda.

KTM 1290 super advantage

Semua perubahan sudah disesuaikan dengan segala jenis topografi, dipetakan melalui dasbor TFT 7 inci serbabaru. Menawarkan konektivitas smartphone untuk navigasi, panggilan, dan kontrol musik, serta dapat disinkronkan ke aplikasi KTM MY RIDE. Berkat tampilan besar, pemilihan menu terlihat jelas serta bisa dilakukan lebih cepat dan praktis. Dari situ pula bisa memilih Tech Pack yang mencakup Quickshifter+, Motorcycle Slip Regulation, Hill Hold Control, lampu rem adaptif, serta fitur yang disertakan dalam Rally Pack.

Teknologi KTM RACE ON membawa ke tingkat otonomi baru konsep tanpa anak kunci. Menggabungkan sistem berbasis transponder dengan mode Anti Relay Attack (ARA). ARA memberikan keamanan ekstra dan mengurangi risiko penyalahgunaan sistem keyless. Fitur ini dapat dinonaktifkan sepenuhnya di menu dasbor.

Kecanggihan selanjutnya TPMS, sistem pemantauan tekanan ban. USB socket juga disediakan di dekat tangki bensin, lengkap dengan penutup. Windshield, tuas, footpeg, dan setang semuanya dapat disesuaikan untuk lebih meningkatkan kemampuan adaptasi pengendara. Meski gayanya sebagian besar sama dengan Super Adventure S, R mendapatkan grafis yang lebih sporty.

KTM 1290 Super Adventure R tersedia dalam satu skema grafik atau warna. Dijual $ 18.599 atau sekira Rp340 jutaan. Kehadirannya berhadapan langsung dengan BMW R1250GS dengan power 134 Hp, pendatang baru Harley-Davidson Pan America yang mampu menghasilkan tenaga 150 Hp, dan Ducati Multistrada V4 dengan output 170 Hp. (Bgx/Odi)

Sumber: Bennetts, Adv Pulse

Baca Juga: KTM Rilis Duke 890 untuk Menggantikan Duke 790

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor KTM Unggulan

Artikel Motor KTM dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • KTM 1390 Super Duke R Evo Masuk Kategori Hyper Naked Bike
    KTM 1390 Super Duke R Evo Masuk Kategori Hyper Naked Bike
    Zenuar Yoga . 14 Mar, 2024
  • Buat Penggemar Off-Road dan Adventure, Simak Daftar Harga KTM-Husqvarna Terbaru
    Buat Penggemar Off-Road dan Adventure, Simak Daftar Harga KTM-Husqvarna Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 22 Okt, 2022
  • KTM 390 Adventure MY 2022 Menerima Penyegaran Penting, Paket Elektronik dan Desain
    KTM 390 Adventure MY 2022 Menerima Penyegaran Penting, Paket Elektronik dan Desain
    Zenuar Yoga . 06 Des, 2021
  • Foto Spy Shot Tersebar, KTM Disinyalir Merancang RC 8C Versi Road Legal
    Foto Spy Shot Tersebar, KTM Disinyalir Merancang RC 8C Versi Road Legal
    Zenuar Yoga . 24 Nov, 2021
  • KTM Indonesia Resmi Rilis Tiga Model Baru, Paling Menarik Adventure 250
    KTM Indonesia Resmi Rilis Tiga Model Baru, Paling Menarik Adventure 250
    Zenuar Yoga . 10 Nov, 2021
  • Selisih Rp10 Jutaan, Ini Komparasi Lengkap Honda CRF250 Rally vs KTM 250 Adventure di Pasar Indonesia
    Selisih Rp10 Jutaan, Ini Komparasi Lengkap Honda CRF250 Rally vs KTM 250 Adventure di Pasar Indonesia
    Bangkit Jaya Putra . 12 Mei, 2022
  • Motor Tualang Kelas Menengah Dari Eropa, Pilih KTM 390 Adventure atau BMW G 310 GS?
    Motor Tualang Kelas Menengah Dari Eropa, Pilih KTM 390 Adventure atau BMW G 310 GS?
    Zenuar Yoga . 19 Jan, 2021
  • Test Ride KTM 390 Adventure: Dua Alam Tak Jadi Masalah
    Test Ride KTM 390 Adventure: Dua Alam Tak Jadi Masalah
    Bangkit Jaya Putra . 19 Okt, 2021