KTM Rilis Duke 890 untuk Menggantikan Duke 790

KTM Duke 890

KTM merilis Duke 890 model 2021. Ia merupakan generasi penerus Duke 690 dan 790 yang telah lama beredar. Dibangun di atas mesin kembar paralel KTM LC8c yang menghasilkan tenaga dan torsi lebih besar. Model dasar naked bike 889 cc ini melengkapi jajaran motor sport kelas menengah KTM. Ia berbeda dengan tipe Duke 890 R yang diluncurkan pada pertangahan 2020. Spesifikasinya diprioritaskan untuk penggunaan balap. Sementara tipe reguler yang baru diluncurkan ini berfokus pada penggunaan jalan raya dan lebih nyaman.

Dari segi desain, Duke dan Duke R cukup mirip. Saat membandingkan keduanya secara siluet, Non-R sedikit lebih rendah dan setang digeser sedikit ke belakang, lebih dekat ke pengendara. Alat kemudi itu bisa diatur posisinya, ada empat opsi. Untuk versi standar tidak diberikan penutup jok belakang dan footpeg pembonceng. Demi menciptakan sepeda motor yang lebih ramah penggunaan harian, kursi Duke 890 lebih rendah 32,3 inci dari tipe racing. Membuat dirinya lebih mudah diakses oleh banyak pengendara.

Styling-nya tetap mengikuti isyarat dari keluarga KTM Duke. Mengadopsi desain sporty dan modern. Pencahayaan full LED menjadi piranti standar. Paling menonjol terlihat pada headlamp dengan model split. Konsep lampu utama ini unik dan berbeda dari naked bike buatan pabrik lain. Bahkan demi mempertegas kegagahannya sebagai naked bike modern, sektor buritan pun didesain meruncing.

Baca Juga: KTM 250 Adventure Tak Lama Lagi Rilis, Honda CRF250 Rally Punya Rival Kuat

KTM Duke 890

Inti dari Duke 890 ialah mesin dua silinder yang memenuhi standar Euro 5. Mesin berkubikasi 889 cc parallel-twin yang digunakan mampu menghasilkan tenaga sebesar 115 hp pada 9.000 rpm dan torsi 92 Nm di kitiran 8.000 rpm. Powernya itu meningkat 10 hp dan 5 Nm dibanding Duke 790. Dengan inersia rotasi meningkat 20 persen untuk membantu respons mesin di kecepatan rendah.

Jeroan mesinnya dirancang mirip dengan model R. Seperti kepala silinder baru dengan katup masuk dan keluar 1 mm lebih besar, profil camshaft lebih agresif dan piston tempa, serta batang penghubung yang lebih ringan untuk mengurangi massa rotasi. Terakhir, redline 1.000 rpm lebih tinggi, slipper clutch dan quickshifter atas-bawah opsional.

Sama seperti keluarga Duke kelas menengah, ia menggunakan rangka baja chromium Molybdenum dengan subframe aluminium one-piece yang ringan, dan cast aluminum swingarm. Berkat penggunaan komponen itu, Duke 890 hanya punya bobot kering 168 kg. Sebagai referensi, KTM Duke 890 R 2020 memiliki timbangan seberat 183 kg.

Bagian kaki-kakinya ditangani suspensi upside down WP Apex 43 mm di depan. Tidak dapat disetel tapi berisi pegas baru yang lebih ringan untuk peredaman di kecepatan tinggi. Belakang mengandalkan monoshock WP Apex dan dapat disesuaikan untuk preload saja.

Baca Juga: Triumph, Kawasaki dan KTM Luncurkan Produk Global Berbarengan

KTM Duke 890

Rodanya masih pakai pelek Y-spoke cast berlapis oranye berdiamter 17 inci. Tapi sekarang dipadukan dengan ban Continental ContiRoad yang tidak diragukan lagi. Menawarkan jarak tempuh yang lebih baik daripada karet Michelin Power Cup 2. Sementara sistem rem telah mengalami peningkatan dibandingkan unit 790. Pakai peranti kit dari Brembo 4 piston yang menjepit cakram 300 mm di depan dan kaliper 2-piston tunggal dengan disc brake 240 mm di belakang.

Untuk fiturnya masih sama seperti Duke kelas menengah. Paket elektronik tetap menyediakan tiga mode berkendara sebagai standar (Rain, Street, Sport). Selain itu terdapat pula six-axis IMU, Cornering ABS, traction dan wheelie control. Ditawarkan juga mode track opsional MTC sembilan tingkat yang dapat disesuaikan; launch control, up and down quick shifter dan penonaktifan ABS. Semua itu pada dasarnya merupakan paket yang sama dengan Duke 890 R yang memiliki spesifikasi lebih tinggi.

Perangkat elektronik yang disediakan bisa terlihat jelas di layar TFT full warna 5 inci di kokpit. Informasi fundamental seperti kecepatan km/jam, rpm, indikator bahan bakar, indikator oli, suhu mesin, posisi gear dan jarak tempuh/range terdapat di dalamnya. Tak lupa ada jam digital, odometer, serta pilihan mode berkendara yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Paling baru hadirnya fitur konektifitas via bluetooth ke smartphone. Melalui aplikasi KTM My Ride memungkinkan pengendara melihat jika ada panggilan telepon, mendengarkan musik, serta opsi navigasi dengan tampilan semacam piktogram.

Detail harga untuk KTM Duke 890 2021 belum diumumkan. Spesifikasi yang mencangkup dirinya juga belum tersiar resmi. Ada kemungkinan banderolnya sekitar $ 11.000 atau setara Rp 154 juta. (Bgx/Odi)

Sumber: Paultan, Cycle World

Baca Juga: KTM Duke 390 Generasi Mendatang Punya Radar Cruise Control?

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor KTM Unggulan