Menyingkap Keunggulan Mesin Yamaha YZF R15 Dibanding Lawannya

JAKARTA, Motovaganza.com – Pertarungan di segmen sport entry level lumayan panas. Tapi Yamaha R15 menawarkan sajian beda dibandingkan lawannya yang lain. Ini tentu saja merujuk kepada mesin 155 cc-nya. Ya, lebih besar dari Suzuki GSX-R150 maupun Honda CBR150R yang notabene alami pembulatan kubikasi 150 cc. Selisih ini pun seolah menerangkan keunggulan YZF-R15 dibanding kompetitor. Apakah benar demikian? Yamaha Indonesia memperkenalkan model ini 3 tahun silam di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Desain baju (fairing) tampil kian aerodinamis seolah menekankan jika R15 mengedepankan jantung pacu anyar. Di baliknya, Yamaha tak sekadar meningkatkan kapasitasnya menjadi 155 cc saja. Ruang bakar Yamaha R15 pun sudah berpelengkap teknologi VVA (variable valve actuation). Penggunaannya membuat performa R15 optimal di tiap putaran mesin. Ini bisa terjadi lantaran di dalam mesin terdapat selenoid actuator untuk mengatur kinerja intake low cam dan intake high cam. Bahasa sederhananya, jika melaju dalam rpm rendah, torsi dan tenaga R15 masih mengandalkan intake low cam. Bila sudah menembus 7.400 rpm maka intake high cam-lah yang bekerja, karena saat itulah VVA milik R15 aktif. Racikan inilah yang nyatanya tak dipunya CBR150R atau GSX-R150. Dengan begitu ada indikasi pesaingnya itu kedodoran di salah satu putaran mesin (bawah atau atas). Tentu ada alasan kenapa Honda dan Suzuki tak mengaplikasi profil cam seperti R15. Salah satu kemungkinannya pastilah soal penggunaan tipe enjin. Dua pabrikan Jepang memercayakan tunggangan mereka dengan mesin DOHC (Double Over Head Chamshaft). Sebaliknya, Yamaha justru mengandalkan tipe mesin SOHC (Single Over Head Chamshaft). Baca juga: Hadapi Corona, Dealer Yamaha Ini Layani Konsumen dengan Home Service

Racikan

Terlepas dari persepsi mana yang lebih baik, Yamaha beranggapan SOHC cocok untuk menerapkan VVA tadi. Lantas diselaraskan pula dengan racikan bore x stroke: 58,0 x 58,7 mm. Artinya, R15 memiliki karakter square engine demi menyelaraskan kebutuhan mendapatkan tenaga dan torsi merata tadi. Bicara soal kemampuan tersebut, Yamaha R15 sanggup menghasilkan daya 19 hp di 10.000 rpm. Sementara torsi maksimalnya ada di angka 14,7 Nm pada putaran mesin 8.500 rpm. Beda cukup signifikan dibanding CBR150R yang hanya bertenaga 16,8 hp/9.000 rpm dan torsi 14,4 Nm/7.000 rpm. Tapi tak selisih banyak dengan GSX-R150. Tenaga motor ini 18,9 hp/10.500 rpm, dipadu torsi 14 Nm/9.000 rpm. Satu alasan kenapa tenaga GSX besar, karena pihak Suzuki meramu enjinnya dengan pola overbore (bore x stroke: 62,0 x 48,8 mm). Baca juga: Kawasaki W175 Cafe MY 2020 Sudah Hadir, Harga Nggak Naik

Jangkauan

Nah, dari data tersebut terlihat, Yamaha R15 bisa menjangkau tenaga dan torsi teratas dengan rpm lebih rendah. Torehan itu dapat dilakoni, lantaran motor Yamaha punya rasio kompresi tinggi (11.6 ± 0.4:1). Berkat racikan jantung mekanis demikian, R15 jadi pas untuk segala kebutuhan. Di jalan lengang, ia lebih sigap menjangkau kecepatan tertinggi. Pengendaranya pun tak perlu khawatir, R15 lemas di tikungan. Torsi bakal terjaga berkat adanya VVA tadi. Anda pun tak usah takut roda dari si kuda besi selip saat melakukan down shift (menurunkan gigi). Karena R15 sudah menggunakan Assist & Slipper Clutch. Jadi tak cuma mesin yang jadi keunggulan motor yang dibanderol Rp 36,080 juta ini. Soal fitur itupun tak Anda temui di tubuh CBR150R dan GSX-R150. Walaupun ada konsekuensi harga R15 menjadi lebih mahal dari keduanya. Toh worth to buy. Baca Juga: Ini Rahasia Keunggulan Mesin R15 Dibanding CBR150R dan GSX-R150 ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • IMOS 2025 Sediakan Shuttle Bus Gratis dan Beragam Fasilitas
    IMOS 2025 Sediakan Shuttle Bus Gratis dan Beragam Fasilitas
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Stok Suzuki Satria F150 di Diler Kosong, Model Baru Mau Meluncur?
    Stok Suzuki Satria F150 di Diler Kosong, Model Baru Mau Meluncur?
    Anjar Leksana . 18 Sep, 2025
  • Sepuluh Ribu Biker Ramaikan Satu Dekade Maxi Yamaha di 14 Kota Indonesia
    Sepuluh Ribu Biker Ramaikan Satu Dekade Maxi Yamaha di 14 Kota Indonesia
    Zenuar Yoga . 17 Sep, 2025
  • Daftar Aksesori Resmi New Honda ADV160 dan Harga Lengkapnya
    Daftar Aksesori Resmi New Honda ADV160 dan Harga Lengkapnya
    Zenuar Yoga . 17 Sep, 2025
  • Vespa Rilis Warna Baru untuk Primavera dan Sprint, Makin Trendy di Jalanan Kota
    Vespa Rilis Warna Baru untuk Primavera dan Sprint, Makin Trendy di Jalanan Kota
    Zenuar Yoga . 17 Sep, 2025
  • Yamaha XMax, Sembilan Tahun Menjadi Ikon Skutik Premium di Indonesia
    Yamaha XMax, Sembilan Tahun Menjadi Ikon Skutik Premium di Indonesia
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Zenuar Yoga . 10 Sep, 2025
  • New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    Zenuar Yoga . 21 Agu, 2025
  • Profil QJMotor SRK 800 RR, Sportbike 4-Silinder Seharga Rp249,9 Juta
    Profil QJMotor SRK 800 RR, Sportbike 4-Silinder Seharga Rp249,9 Juta
    Anjar Leksana . 21 Agu, 2025
  • Duel Cruiser Modern dengan Cita Rasa Klasik: Honda Rebel 500 vs Royal Enfield Super Meteor 650, Pilih Mana?
    Duel Cruiser Modern dengan Cita Rasa Klasik: Honda Rebel 500 vs Royal Enfield Super Meteor 650, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 11 Agu, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025