Merek BSA Hidup Kembali di Bawah Kendali Mahindra Group

BSA motorbike

Motor BSA akan hidup lagi. Ialah Mahindra yang bakal menyelamatkan jenama ikonik asal Inggris itu. Investasi £3,4 juta disiapkan agar bisa kembali beroperasi mulai tahun depan. Fokusnya tak hanya membuat motor konvensional lagi, tapi juga menyasar kendaraan listrik. 

Nantinya berada di bawah naungan anak perusahaan Mahindra Group, Classic Legends Private Limited (CLPL). Anand Mahindra, Chairman Grup Mahindra yang memiliki kekayaan $ 1,7 miliar (£ 1,3 miliar) menurut majalah Forbes, mengatakan dia memilih untuk berinvestasi di Inggris karena sejarah produksi sepeda motor itu. Ia pun berjanji untuk mengembalikan kejayaan salah satu pabrikan roda dua Inggris yang telah terhenti selama hampir 50 tahun.

“Inggris adalah pemimpin sepeda motor sejak awal. Sejarah atau asal-usul dari BSA adalah sesuatu yang sangat ingin kami pertahankan. Intinya kami mau merek legendaris agar tetap ada. Para pecinta motor klasik tentu menginginkan hal ini. Sama-sama kita berharap,” kata Anand Mahindra kepada Guardian.

Baca Juga: BMW Motorrad Rombak Penampilan S 1000 R dan G 310 R, Penuhi Standar Emisi Tanpa Koreksi Tenaga

Perusahaan itu juga menerima dukungan dari pemerintah Inggris, berupa dana hibah sebesar 4,6 juta poundsterling. Jumlah uang yang banyak itu rencananya digunakan untuk mengembangkan sepeda listrik. Dengan harapan dapat menciptakan setidaknya 255 pekerjaan setelah produksi BSA berlangsung.

motor BSA

Pihak investor juga berencana membangun fasilitas penelitian di Banbury, Inggris. Di sana mereka bakal membuat kuda besi dengan pembakaran internal (ICE) dan mengembangkan teknologi sepeda motor listrik. Perakitan bisa dimulai tahun depan dan Mahindra berharap dapat membantu menghidupkan kembali industri sepeda motor Inggris. Setidaknya produk pertama mereka bakal meluncur sebelum 2022.

Mahindra Group adalah pabrikan traktor terbesar di dunia dan pembuat mobil terbesar ke-20 berdasarkan penjualan. Perusahaan ini memiliki merek mobil listrik Reva yang memproduksi city car G-Wiz, dan juga produsen kendaraan listrik roda tiga terbesar di dunia.

Baca Juga: MV Agusta Superveloce 75 Anniversario, Model Terbatas Serba 75

Pengalaman dalam menghidupkan merek sepeda motor bukan sekali ini. Pada 2016, mereka mengambil saham kepemilikian Jawa, perusahaan asal Ceko yang sekaligus pemembeli merek BSA. Jawa diluncurkan kembali pada 2018, dengan 50.000 unit penjualan dalam satu tahun pertamanya. Pencapaian inilah yang mereka ingin ulang dengan BSA.

Anupam Thareja, mantan bankir investasi yang juga pendiri CLPL, memimpin proyek untuk menghidupkan kembali merek BSA. Thareja awalnya mengakuisisinya, dan sekarang memiliki rencana untuk mendirikan pabrik BSA di dekat situs Small Heath di West Midlands, South-East Birmingham. Dia berkata ingin melanjutkan pesona motor Inggris yang unik dari perusahaan BSA. Tapi hingga kini ia enggan memberikan komentar mengenai perkiraan produksi tahunan.

Perusahaan BSA yang baru rencananya menjual sepeda motor mesin pembakaran internal tradisional terlebih dahulu. Besar kemungkinan dijual antara £ 5.000 sampai £ 10.000 atau setara Rp 93 juta hingga Rp 187 juta. Sementara untuk suku cadang didatangkan langsung dari berbagai pemasok dari Inggris dan sekitarnya.

The Birmingham Small Arms Company atau BSA awalnya didirikan pada 1861 untuk memproduksi senjata, dan pabrik pengerjaan logam. Kemudian beralih ke sepeda motor pada 1910. Selama 1950-an dan 60-an, BSA menjadi produsen terbesar dan merek sepeda motor Inggris paling populer di seluruh dunia, bersama dengan perusahaan terkenal seperti Triumph, Norton, dan Royal Enfield. Tapi sayang pada 1970-an perusahaan bangkrut dan berhenti berproduksi. (Bgx/Odi)

Sumber: The Guardian, Info Moto

Baca Juga: Royal Enfield Tripper Navigation, Bisa Diaplikasi di Berbagai Motor

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Suzuki Luncurkan Satria Pro 2025, Punya Fitur Canggih dan Teknologi Terkini di Kelas Underbone 150cc
    Suzuki Luncurkan Satria Pro 2025, Punya Fitur Canggih dan Teknologi Terkini di Kelas Underbone 150cc
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Piaggio Medley S Terbaru Tawarkan Performa Efisien dan Gaya Modern
    Piaggio Medley S Terbaru Tawarkan Performa Efisien dan Gaya Modern
    Zenuar Yoga . 07 Nov, 2025
  • GSrek Indonesia Rayakan Satu Dekade dengan The Grand Tour 2 dan Gesrek Festival di Ancol
    GSrek Indonesia Rayakan Satu Dekade dengan The Grand Tour 2 dan Gesrek Festival di Ancol
    Zenuar Yoga . 06 Nov, 2025
  • Aprilia SR GT 400 Debut di EICMA 2025, Bawa Mesin 36 HP dan Desain Adventure Premium
    Aprilia SR GT 400 Debut di EICMA 2025, Bawa Mesin 36 HP dan Desain Adventure Premium
    Zenuar Yoga . 06 Nov, 2025
  • Alva N3 Hadir di EICMA Italia 2025, Gandeng Kawago untuk Ekspansi Global
    Alva N3 Hadir di EICMA Italia 2025, Gandeng Kawago untuk Ekspansi Global
    Zenuar Yoga . 06 Nov, 2025
  • Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025