Mesin Nissan Magnite Tersisip Teknologi Sportscar GT-R, Ini Kehebatannya

nissan magnite engine

Nissan Magnite menawarkan mesin turbo tapi tetap bertenaga. Ukurannya memang kecil, hanya bervolume 1,0 liter dengan tiga silinder. Dimensi bore stroke 72,2 mm x 81,3 mm, diklaim hemat bahan bakar mencapai 20 km/liter. Angka efisiensi itu mirip kendaraan LCGC. Walau berenjin mungil, ia tetap memiliki lontaran daya dan momen puntir cukup besar. Bahkan didalamnya tersisip teknologi yang dipinjam dari sportscar macam GT-R.

Mesin berkode HRA0 turbo ini mengadopsi teknologi mirror bore cylinder coating dari mobil sport kondang seperti Nissan GT-R. Menurut pabrikan, formulasi itu sanggup mereduksi resistensi di dalam mesin. Bisa mengurangi bobot, meningkatkan manajemen panas dan pembakaran. Sehingga memberi akselerasi tangkas nan mulus. Plus, efisiensi dalam menengak bahan bakar.

Enjin mungil ini dilengkapi enam peningkatan teknis agar emisi gas buang CO2 kian rendah, hingga menyentuh level 118,5 g/km. Selain tuurt diklaim akselerasi responsif dan lebih cepat. Banyak hal telah disempurnakan menyoal kebisingan, getaran dan kekasaran. Jadilah kondisi kabin makin tenang, juga nyaman. Mesin HRA0 1,0 liter turbo dikatakan memberikan akselerasi hingga 50 persen lebih baik dibandingkan dengan jantung mekanis yang disedot secara alami (naturally aspirated). Terutama dari kondisi mulai bergerak dan menyalip kendaraan lain.

Baca Juga: Tengok Spesifikasi Detail Nissan Magnite, Crossover Kompak nan Kaya Fitur

Sabuk elastis mesin HRA0 turbo terbuat dari bahan khusus. Yang memungkinkannya bekerja tanpa penegang, mengurangi bobot dan gesekan. Kepala silinder dirancang lebih presisi dan kompak. Kemudian dilengkapi dengan manifold buang dan penutup plastik terintegrasi. Kalau dari segi visual, tatanan itu memberikan pengemasan mesin kian baik. Dan mengurangi jumlah saluran untuk pemanasan katalis yang lebih bagus maupun cepat.

Nissan Magnite 2020

Pemompa daya ini memberikan tenaga maksimum 100 PS di 5.000 rpm dan torsi maksimum 160 Nm sejak 2.800 rpm. Baik untuk pasar India maupun Indonesia disambungkan dengan opsi girboks lima percepatan serta CVT X-TRONIC. Di sisi lain, sisipan cruise control pada varian matik. Memberi kinerja Nisan Magnite yang mulus untuk berselancar, sembari menjaga putaran mesin optimal. Lalu ia memiliki perangkat lunak D-STEP logic control computer. Sistem menggunakan berbagai input dinamis. Amsal kecepatan kendaraan, posisi pedal akselerator dan kecepatan untuk menentukan rasio gigi ideal yang diperlukan. Sehinga menyuguhkan sensasi berkendara menyenangkan, kata mereka.

“Renault Nissan Automotive India Pvt Ltd (RNAIPL) bangga telah memulai produksi HRA0. Yakni mesin pertama pertama dari segmen ini yang menawarkan kinerja yang begitu kuat. Sungguh, Nissan Magnite yang baru adalah bukti DNA SUV global Nissan atas inovasi tanpa henti, teknologi canggih dan Japanese engineering,” ucap Biju Balendran, MD & CEO, Renault Nissan Automotive India Pvt Ltd.

Baca Juga: NJKB Nissan Terra Facelift 2021 Tertera di Samsat DKI, Kapan Meluncur?

Terlepas dari mesin yang dibilang mumpuni. Urusan safety selayaknya diapresiasi di kelas crossover mungil di bawah 4 meter. Versi Indonesia memiliki dual airbags sebagai peranti dasar. Penghela laju kendaraan pakai imbuhan Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD). Hebatnya, Magnite disisipi Vehicle Dynamic Control (VDC) dan Traction Control System (TCS) guna mengurangi sejumlah risiko selip. Selain itu, terpasang Hill Start Assist (HAS). Bantu pengemudi dalam kondisi stop and go di tanjakan.

Di sini, Magnite ditawarkan dalam enam varian. Harga termurah Upper MT, Single Tone Rp 208,8 juta. Lantas kasta tertinggi, Premium CVT Two Tone dilepas Rp 240,8 juta. "Berani tampil beda ada dalam DNA Nissan kami. Debut all new Nissan Magnite di Indonesia menunjukkan komitmen kami. Khususnya untuk menghadirkan produk dan teknologi yang berbeda dan inovatif kepada pelanggan di Tanah Air," ucap Presiden Direktur PT Nissan Motor Distributor Indonesia, Evensius Go. (Alx/Odi)

Sumber: Nissan

Baca Juga: Nissan Magnite Raih Empat Bintang ASEAN NCAP

Jelajahi Nissan Magnite

  • Tampak Depan Bawah Nissan Magnite
  • Tampak samping Magnite
  • Tampak Depan Nissan Magnite
  • Tampak atas Magnite
  • Tampak Grille Magnite
  • Fog lamp depan Magnite
  • Lampu depan Magnite
  • lampu belakang Magnite
  • Nissan Magnite Drivers Side Mirror Front Angle
  • handle pintu Magnite
  • Pelek Magnite
  • Semua pintu Magnite terbuka
Nissan Magnite
Rp 277 - 308 Juta Cicilan : Rp 6,32 Juta

Model Mobil Nissan

Mobil Nissan
  • Nissan Livina
    Nissan Livina
  • Nissan Magnite
    Nissan Magnite
  • Nissan Serena
    Nissan Serena
  • Nissan Ariya
    Nissan Ariya
  • Nissan Kicks 2024
    Nissan Kicks 2024

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Nissan Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Nissan Magnite dari Carvaganza

  • Ramai Segmen SUV Kecil Banyak Fitur; Pilih Sonet, Magnite, Raize atau Rocky
    Ramai Segmen SUV Kecil Banyak Fitur; Pilih Sonet, Magnite, Raize atau Rocky
    Ahmad Karim . 19 Mei, 2021
  • FIRST DRIVE: Nissan Magnite 2021, Begini Sensasi SUV Rp 200 Jutaan
    FIRST DRIVE: Nissan Magnite 2021, Begini Sensasi SUV Rp 200 Jutaan
    Wahyu Hariantono . 14 Jan, 2021

Artikel Mobil Nissan Magnite dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Batch Baru Nissan Magnite Mulai Diekspor dari India, Kapan Konsumen Indonesia Kebagian?
    Batch Baru Nissan Magnite Mulai Diekspor dari India, Kapan Konsumen Indonesia Kebagian?
    Ahmad Karim . 02 Jul, 2021
  • Ada Antrean Panjang di India, Kapan Nissan Magnite Bisa Sampai Ke Konsumen Tanah Air?
    Ada Antrean Panjang di India, Kapan Nissan Magnite Bisa Sampai Ke Konsumen Tanah Air?
    Ahmad Karim . 12 Jan, 2021
  • Nissan Magnite Raih Empat Bintang dalam Uji Tabrak ASEAN NCAP
    Nissan Magnite Raih Empat Bintang dalam Uji Tabrak ASEAN NCAP
    Ahmad Karim . 05 Jan, 2021
  • Mengenal Mesin Nissan Magnite Turbo 1.0L yang Pinjam Teknologi Sportscar GT-R
    Mengenal Mesin Nissan Magnite Turbo 1.0L yang Pinjam Teknologi Sportscar GT-R
    Anjar Leksana . 04 Jan, 2021
  • Kupas Spesifikasi Nissan Magnite, Tampil Kompak dan Penuh Fitur Kekinian
    Kupas Spesifikasi Nissan Magnite, Tampil Kompak dan Penuh Fitur Kekinian
    Helmi Alfriandi . 21 Des, 2020
  • Adu Crossover Bermesin 1.000 cc Turbo Paling Murah, Pilih Daihatsu Rocky atau Nissan Magnite?
    Adu Crossover Bermesin 1.000 cc Turbo Paling Murah, Pilih Daihatsu Rocky atau Nissan Magnite?
    Ahmad Karim . 18 Mei, 2021
  • Mengorek Fitur Keselamatan SUV Mungil Kia Sonet dan Nissan Magnite, Selengkap Apa?
    Mengorek Fitur Keselamatan SUV Mungil Kia Sonet dan Nissan Magnite, Selengkap Apa?
    Ahmad Karim . 02 Feb, 2021
  • Lima Alasan Mengapa Nissan Magnite Pantas dijadikan Mobil Pertama
    Lima Alasan Mengapa Nissan Magnite Pantas dijadikan Mobil Pertama
    Ahmad Karim . 30 Des, 2020
  • Bujet Rp 250 jutaan atau Kurang, Pilih Kia Sonet Smart atau Nissan Magnite Premium?
    Bujet Rp 250 jutaan atau Kurang, Pilih Kia Sonet Smart atau Nissan Magnite Premium?
    Ahmad Karim . 29 Des, 2020
  • First Drive Nissan Magnite 1.0L Premium CVT: Mencari Jawaban atas Kualitas dan Kenyamanan
    First Drive Nissan Magnite 1.0L Premium CVT: Mencari Jawaban atas Kualitas dan Kenyamanan
    Ahmad Karim . 14 Jan, 2021