Motor Sport Honda Mana yang Mendapat Versi Facelift Besok?

JAKARTA, Motovaganza.com – Isu mengenai model-model baru Honda yang siap diluncurkan di awal tahun ramai dibicarakan. Setelah Honda BeAT di bulan Januari lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan tampilan baru Honda Revo hari ini. Mereka juga siap menggelar acara besar pada Selasa, 4 Februari 2020 besok. Rencananya mereka akan melakukan pengenalan Repsol Honda MotoGP Team 2020, perkenalan tim balap Astra Honda Motor, dan juga meluncurkan satu produk baru. Modelnya memang masih misteri. Perkiraan kuatnya adalah CBR250RR yang mendapat minor change. Maklum, karena acaranya bertemu motorsport, maka diperkirakan model yang meluncur juga dari segmen motorsport. Sementara model inilah yang sangat dekat dengan dunia motorsport. Indikasi ini makin kuat karena direncanakan berbarengan dengan pengumuman tim MotoGP Repsol Honda. Melihat ada kemungkinan peluncuran motor sport, simak dulu line up apa saja yang masih mereka jajakan saat ini. Siapakah yang akan bertransformasi?
Honda CBR150R

CBR150R

Dari jajaran line-up motor fairing Honda, CBR150R adalah yang paling kecil. Model ini diperkenalkan pertama kali pada 2016. Posisi sebagai entry di keluarga CBR tak membuat model ini tampil rendahan. Aura sporty tetap dikumandangkan sebagai sajian utama. Bodinya meski tidak terlalu ramping namun bobotnya mampu dibuat lebih ringan 5 kg dibandingkan model sebelum. Update terakhir model ini dilakukan awal tahun ini. AHM menambahkan pilihan warna baru yaitu Dominator Matte Black serta perubahan detail decal di warna-warna lain. Tak ada utak-atik di sektor mesin. Honda CBR150R tetap menggunakan mesin satu silinder 149,16 cc DOHC empat katup, liquid cooled, berikut injeksi PGM-Fi. Mesin ini menghasilkan tenaga 16,8 Hp di 9.000 rpm serta tersedia daya puntiran maksimum 14,4 Nm di 7.000 rpm. Ditunjang transmisi enam percepatan, spesifikasi ini cocok buat para early riders. Meski tak diperkuat fork up-side down, tampilan model ini tetap sporty. Ada setelan bantingan preload adjuster di kedua sisi. Pengaturan kaku atau lembut sesuai keinginan bisa dilakukan dengan mudah, cukup menggunakan obeng minus. Dengan demikian kita bisa merasakan karakteristik handling sesuai dengan keinginan.
Honda CBR250RR

CBR250RR

Selanjutnya, ada CBR250RR yang mengusung desain agresif futuristis. Bagian firing dihiasi garis-garis tajam yang dilengkapi dengan lampu LED bertumpuk. Desain yang sama mengalir ke bagian samping. Di belakang ada dua selongsong ujung knalpot untuk menekankan jumlah silinder dalam pemacu daya. Motor ini diperkuat mesin dengan kubikasi 249,7 cc dikomposisikan over stroke. Keluaran daya mencapai 38,1 hp pada 12.500 rpm. Torsi meletup di 11.000 rpm dengan besaran 23,3 Nm. Tenaga ini tersalur melalui transmisi enam percepatan. Berbaai teknilogi juga dibenamkan seperti Throttle by Wire. Bukaan katup gas diatur dengan bantuan unit kontrol elektronik. Ada pilihan mode berkendara, baik itu comfort, sport dan sport plus. Untuk menyesuaikan selera, geometri suspensi belakang pro-link didukung fleksibilitas lima setelan. Pergerakan roda depan diredam lewar up-side down. Tapi bukan berat CBR250RR punya kekurangan. Ada beberapa fitur yang tidak dimiliki seperti pada kompetitornya. Sebut saja smart key, Assist & Slipper Clutch guna melindungi rider kala bermanuver, atau Quick Shifter. Tapi jangan khawatir. Kabarnya model baru yang akan meluncur sudah dilengkapi fitur ini. Baca juga: Membandingkan Kecanggihan Honda CBR250RR Vs Kawasaki Ninja 250 ABS
Honda CBR500R

CBR500R

Di jajaran Big Bike ada CBR500R yang menjadi pintu lobi Supersport. Bagi penggemar kecepatan, model ini pas jika ingin upgrade dari segmen 250cc. Mesin dua silinder paralel berkapasitas 471,03 cc DOHC menjadi andalannya. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga 49,6 Hp pada 8.500 rpm. Muntahan torsi 44,6 Nm dicapai pada 6.500 rpm. Dari sisi tampilan motor ini lebih dewasa dibandingkan dua adiknya. Tak banyak garis macam-macam yang dihadirkan. Tampilan bodinya menunjukkan jika model ini masuk segmen mode. Sementara dua buangan knalpot disembunyikan di dalam satu bagian. Kemampuan mesinnya yang besar membuat Honda memperhatikan urusan kaki-kaki. Di bagian depan dipasang showa adjustable telescopic fork meredam gerakan poros depan. Di belakang disematkan Showa monoshock bersistem pro-link. Urusan pengereman dipercayakan pada wave pattern disc brake 320 mm di roda depan dan belakang berukuran 240 mm. Sistem pengereman ini sudah dilengkapi fitur ABS 2 Channel. Baca juga: Bocoran Terbaru Honda CBR250RR
Honda CBR1000RR

CBR1000RR

Di tahta teratas big bike Honda terdapat CBR1000RR. Perangkat yang ditawarkan lengkap. Sebut saja Riding Mode Select System guna menunjang kapabilitas di lintasan. Power Selector dan Selectable Engine Brake. Juga Honda Selectable Torque System yang mengatur pembatasan torsi. Sedangkan untuk menyokong stabilitas di tikungan, tersedia Honda Electronic Steering Damper. Tenaga besar dihasilkan mesinnya. Disebutkan jika semburan tenaga mencapai 188,3 Hp yang dihasilkan unit 1.000 cc DOHC 16 katup empat silinder segaris. Tenaga yang lebih besar dari mobil bermesin 1500 cc sekalipun. Tenaga disalurkan ke roda lewat transmisi enam percepatan dengan quick shifter dan Slipper Assist. Motor ini mempercayakan suspensi canggih milik Ohlins. Ada kontrol elektronik untuk menyesuaikan preload, compression dan rebound. Ini merupakan bagian dari konfigurasi teleskopik (depan) dan unit pro-link (belakang). Peranti pengereman menggunakan Brembo berukuran 320 mm dan 220 mm. Generasi terbaru CBR1000RR pernah ditampilkan membawa nama CBR1000RR-R di EICMA 2019. Di Indonesia sudah mengaspal sejak 2017. Lantas, apakah kasta teratas ini datang menghampiri minggu depan? Atau justru CBR250RR disegarkan agar tetap kompetitif? Tunggu saja kepasiannya besok. Baca juga: Daftar Motor Jenis Sport Honda, Mana yang Disegarkan Pekan Depan?   KARIM | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Tutup Musim IATC 2025, Pembalap Muda Astra Honda Tampil Tangguh di Sepang
    Tutup Musim IATC 2025, Pembalap Muda Astra Honda Tampil Tangguh di Sepang
    Anjar Leksana . 28 Okt, 2025
  • Pelumas Federal Racing Matic Kini Berstandar API SN, Hadir dengan Beragam Keunggulan
    Pelumas Federal Racing Matic Kini Berstandar API SN, Hadir dengan Beragam Keunggulan
    Setyo Adi Nugroho . 27 Okt, 2025
  • Autovaganza 2025: Piaggio Indonesia Bawa 4 Merek Ikonik Italia
    Autovaganza 2025: Piaggio Indonesia Bawa 4 Merek Ikonik Italia
    Setyo Adi Nugroho . 26 Okt, 2025
  • Indonesia Autovaganza 2025 Sajikan Test Ride Beragam Brand
    Indonesia Autovaganza 2025 Sajikan Test Ride Beragam Brand
    Zenuar Yoga . 26 Okt, 2025
  • Tiga Motor Ikonik Harley-Davidson Ramaikan Autovaganza 2025
    Tiga Motor Ikonik Harley-Davidson Ramaikan Autovaganza 2025
    Zenuar Yoga . 25 Okt, 2025
  • Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025