MV Agusta Gandeng Alpine Ciptakan Edisi Spesial

MV Agusta Alpine

Ada detail berbeda saat MV Agusta merilis gambar teaser model baru. Tampak mengumbar kolaborasi dengan pabrikan mobil asal Prancis, Alpine. Identitas ‘A’ sebagai logo Alpine terlihat jelas, Société des Automobiles Alpine SAS. Belum terungkap fakta baru dari foto itu, namun tampaknya menjadi edisi khusus dengan skema warna biru dan abu.

Mereka yang akrab dengan dunia olahraga motor pasti pernah mendengar nama Alpine sebelumnya. Pembuat mobil Prancis itu melanjutkan produksi pada 2017 setelah jeda kurang lebih 20 tahun. Pihaknya mengkhususkan diri dalam produksi skala kecil mobil sport dan balap. Ia juga terlibat dalam balap Formula 1 bersama perusahaan induk Renault. Faktanya, mulai 2021 kemungkinan tim F1 Renault yang terkenal akan diganti namanya menjadi Alpine.

Lantas, seperti apa sebenarnya motor MV Agusta dan Alpine? Mempertimbangkan latar belakang merek, kemungkinan besar mereka siap merilis sesuatu yang sporty, premium, dan eksklusif. Bagian motor yang ditampilkan dalam gambar teaser sulit untuk dipastikan, tetapi tampaknya merupakan bagian dari fairing depan motor sport, dan bisa jadi merupakan inlet scoop dari model baru turunan F3 800. Atau mungkin F4 yang ikonik kembali hadir dengan kedok Alpine. Tapi banyak juga yang beranggapan kalau itu adalah varian Superveloce dengan label edisi khusus.

MV agusta superveloce

Baca Juga: MV Agusta Rush 1000, 208 HP dan Hanya 300 Unit

Melihat sedikit fairing yang terlihat pada gambar, bentuknya terlihat konsisten dengan fairing Superveloce. Panel samping bersudut seperti braket yang kontras dengan garis kontur bulat fairing gelembung. Ini bisa menjadi edisi perayaan untuk memperingati hari jadi ke-45 merek Prancis, atau mungkin bahkan rebranding tim Formula 1 pada 2021.

Seiring dengan branding baru tersebut, mobil F1 tim juga mendapatkan corak biru, putih, dan merah anyar yang menggambarkan bendera nasional Prancis. Sementara kita hanya melihat warna biru dan silver pada gambar teaser. Mungkinkah desainnya akan menonjolkan aksen merah seperti pada roda? Ditambah lagi, MV Agusta tidak asing dengan model khusus dan edisi terbatas. Kabar baiknya, kita tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui motor misterius kolaborasi MV Agusta dengan Alpine. Kuda besi ini diperkirakan diluncurkan pada 11 Desember.

Untuk diketahui, MV Agusta Superveloce merupakan kuda besi bertampang klasik. Fairing dan lampu depan dibuat bulat, bodi belakang mirip buntut tawon, seperti motor balap lawas yang terlahir kembali.

Untuk jantung mekanisnya tak ada ubahan. Sesungguhnya mesin yang digunakan mengambil basis dari sportbike bermesin inline 3 silinder MV Agusta F3 800. Tapi engine mapping varian Superveloce telah direvisi, sehingga outputnya semakin fleksibel dan respon gasnya lebih terasa. Berkapasitas 798 cc DOHC 4-stroke 12-valve 3-silinder in-line dengan pendingin cairan. Dengan spesifikasi tersebut, pabrikan Italia ini mengklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 148 Hp pada 13.000 rpm dengan torsi maksimum 88 Nm di 10.900 rpm. Dayanya itu disalurkan ke roda belakang melalui transmisi tipe kopling manual 6-percepatan.

Alpine

Baca Juga: MV Agusta Gandeng Piquadro Hadirkan Aksesori Khusus

Fitur elektronik standar moge ini pun cukup lengkap, termasuk mode kendara yang terdiri dari Sport, Race, Rain, dan Custom Race Mode. Sudah dilengkapi girboks elektronik MV EAS 2.0 plus kontrol traksi 8 level.

Buat kaki-kakinya ditunjang suspensi up-side down 43 mm buatan Marzocchi plus monosok dari Sachs. Dipadukan pelek paduan aluminium dan ban Pirelli Diablo Rosso Corsa II 120/70 - ZR 17 M / C (58 W) di depan dan Pirelli Diablo Rosso Corsa II 180/55 - ZR 17 M / C (73 W) di belakang.

Pengereman mengandalkan cakram ganda 320 mm dengan twin kaliper monoblok radial 4 piston Brembo di depan dan cakram 220 mm dengan kaliper Brembo 2-piston di belakang. Yang spesial, ada tambahan sistem Bosch ABS 9 Plus dengan race mode sebagai perangkat standar, dan fitur Rear wheel Lift-Up Mitigation atau RLM yang menghentikan nosing saat hard braking.

Paket elektronik terdiri dari sistem kontrol traksi 8 tingkat, Quick Shifter dua arah, dan cruise control. Juga disediakan unit dasbor dengan layar warna TFT 5 inci dengan Bluetooth, sistem navigasi (GPS) dan aplikasi navigasi App MVride dan penutup tangki dengan tali kulit. Tinggi sadel 830 mm, sedangkan kapasitas tangki 16,5 liter.

Ini bukan pertama kalinya MV Agusta bekerja sama dengan pabrikan ikonik roda empat. Pada 2016, pihaknya bergabung dengan pelatih legendaris Italia Zagato untuk edisi khusus F4Z. Sepeda itu didasarkan pada motor sport F4, meskipun perubahan pada eksterior dan gaya benar-benar mengubah tampilan motor. Selain itu, ia juga pernah bekerja sama dengan AMG, bahkan juara dunia F1, Lewis Hamilton.

Bagi yang belum tahu, Automobiles Alpine adalah merek Prancis yang terkenal dengan mobil sport dan balapnya yang memulai debutnya setelah perang dunia kedua. Dibeli oleh Renault pada 1973, dan merek tersebut tidak diubah hingga 2017. Dan saat ini mereka memiliki rencana untuk Kejuaraan F1 pada tahun 2021. (Bgx/Odi)

Sumber: Bikes Republic, Ride Apart

Baca Juga: MV Agusta Superveloce 75 Anniversario, Model Terbatas Serba 75

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor MV Agusta Unggulan