MV Agusta Rush 1000, 208 HP dan Hanya 300 Unit

JAKARTA, Motovaganza.com – Penggemar motor super cepat, MV Agusta mendapat kabar gembira. Pabrikan asal Italia itu mengumumkan secara resmi rencana produksi hyper naked MV Agusta Rush 1000 mulai Juni mendatang. Sejak dipamerkan di ajang EICMA Show 2019 di Milan, motor ini memang menarik perhatian. MV Agusta mengatakan model ini akan diproduksi di Lake Varese dan dipasarkan terbatas hanya 300 unit. Harganya ditaksir lebih mahal dari Ducati Streetfighter V4, yakni 34.250 Euro atau sekitar Rp 553 juta. Di atas lawannya yang dijual 19.990 Euro. Secara basis, MV Agusta Rush 1000 terlihat seperti Brutale 1000. Namun sedikit berbeda. Perawakannya lebih radikal. Tidak hanya sekadar penampilan yang berbeda, beberapa komponen untuk penunjang performa juga ditingkatkan. Tidak tanggung-tanggung, pihak pabrikan menyematkan part premium dari merek ternama. Lampu depan yang digunakan menjadi hal pembeda dari saudara Brutale lain. Bentuknya bulat dan terpasang pencahayaan modern dari JW Speaker model 8791 Adaptive LED Headlights. Sorot sinarnya bisa mengikuti arah motor dan terdapat 16 titik lampu yang punya fungsi masing-masing. Soal rangka, sama dengan Brutale lain. Namun Rush, menggunakan sasis berbahan alumunium dan titanium. Kerennya, semua unsur bodi dari plastik ABS diganti serat karbon. Peleknya juga pakai material ringan dan kuat serta model palang berbeda dengan saudaranya. Roda belakang menempel di single arm diberikan cover carbon fiber sebagai peranti penunjang aerodinamika. Pabrikan menyebutnya sebagai "drag-racing aesthetic". Penggunaan tutup berbahan ringan itu sebagai solusi teknis untuk mengurangi koefisien drag. Baca juga: VIDEO: Begini Jika Kawasaki Ninja ZX-25R Dimodifikasi

Knapot SC-Project

Komponen premium lain yang menempel yaitu penggunaan knalpot SC-Project tipe tertinggi dengan bagian ujung berlubang ganda. Suspensi upside down Ohlins EC yang diadopsi dari Brutale 1000 RR pada bagian depan, dan monosok merek serupa bisa diatur tingkat kekerasannya. Pengereman dipercayakan unit kaliper Brembo Stylema 4 piston yang menjepit cakram 320 mm di bagian depan dengan Bosch 9-plus ABS, serta 2 piston kaliper dengan disc 220 mm di belakang. Seperti dilansir dari Cycleworld, model ini menggunakan mesin berbasis inline 4-silinder Brutale 1000 RR. Rush disebut mampu menghasilkan tenaga 208 hp pada 13.000 rpm, dengan torsi 116 Nm di putaran 11.000 rpm. Beda sedikit dari musuhnya yang menyemburkan power maksimum 208 hp pada 12.750 rpm, dan torsi 123 Nm pada putaran 11.500 rpm. Namun jika Rush digabungkan dengan Racing Kit, dayanya meningkat menjadi 212 hp. Silinder mesinnya diklaim berteknologi seperti Formula 1. Baca Juga Motovaganza: Royal Enfield Siapkan Scrambler Twin 650

Opsi Racing Kit

Untuk opsi part racing kit terdiri dari sistem pembuangan dengan peredam ganda berbahan titanium ultralight. Sistem kontrol engine dirancang untuk mengoptimalkan dan meningkatkan daya, serta subframe yang menopang jok belakang terbuat dari serat karbon. Model edisi terbatas ini juga memiliki fitur kontrol traksi yang dapat diprogram dalam 8 tingkat aktuasi, sistem antiwheelie, launch control, quick shifter up maupun down sebagai piranti standar. Berkat penerapan komponen ringan, bobot kering MV Agusta Rush hanya 185 Kg. Belum termasuk penampung bahan bakar sebesar 16 liter. Warna tersedia ada dark Metallic matt gray, Mamba red matt carbon, and Metallic bronze.

2020 MV Agusta Rush 1000 Specs

MSRP: $37,200
Engine: 998cc, liquid-cooled inline 4-cylinder; 16-valve
Bore x Stroke: 79.0 x 50.9mm
Claimed Horsepower: 208 hp @ 13,000 rpm
Claimed Torque: 86.1 lb.-ft. @ 11,000 rpm
Fuel System: Integrated ignition-injection system w/ eight injectors
Transmission: 6-speed constant mesh; electronic quickshift
Clutch: Wet, multiplate
Frame: CrMo and tubular steel w/ aluminum alloy swingarm
Front Suspension: 43mm fully adjustable inverted fork; 4.7-in. travel
Rear Suspension: Fully adjustable single Öhlins shock; 4.7-in. travel
Front Brake: 4-piston Brembo Stylema calipers, floating 320mm discs, w/ Bosch 9-plus ABS
Rear Brake: 2-piston caliper, 220mm disc
Wheels, Front/Rear: 17 x 3-in. aluminum/17 x 6-in. aluminum, w/ carbon fiber cover
Rake/Trail: N/A /3.8 in.
Wheelbase: 55.7 in.
Seat Height: 33.3 in.
Fuel Capacity: 4.2 gal.
Claimed Dry Weight: 406 lb.
Availability: June 2020
Contact: mvagusta.com
Sumber: Cycleworld Baca juga OTO: MV Agusta Rush 1000, Harganya Lebih Mahal dari Ducati Streetfighter V4 ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Omoway Siapkan Motor Listrik Pintar Buat Indonesia: Bisa Jalan Sendiri dan Punya ADAS!
    Omoway Siapkan Motor Listrik Pintar Buat Indonesia: Bisa Jalan Sendiri dan Punya ADAS!
    Ardiantomi . Hari ini
  • Terbukti "Kuat No Debat": Empat Media Uji Ketangguhan Yamaha Gear Ultima (Part-1)
    Terbukti "Kuat No Debat": Empat Media Uji Ketangguhan Yamaha Gear Ultima (Part-1)
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Shell Indonesia, Rilis Pelumas City Scooter untuk Skutik Harian
    Shell Indonesia, Rilis Pelumas City Scooter untuk Skutik Harian
    Alvando Noya . 18 Jun, 2025
  • Gebyar BLU CRU Yamaha Sunday Race di Sirkuit Mandalika, Suguhkan Balapan Sengit dan Pesta Komunitas
    Gebyar BLU CRU Yamaha Sunday Race di Sirkuit Mandalika, Suguhkan Balapan Sengit dan Pesta Komunitas
    Zenuar Yoga . 18 Jun, 2025
  • Gaungkan Pariwisata Lokal Lewat Touring, Motul Ajak Bikers Jelajahi Keindahan Sulawesi Selatan
    Gaungkan Pariwisata Lokal Lewat Touring, Motul Ajak Bikers Jelajahi Keindahan Sulawesi Selatan
    Zenuar Yoga . 18 Jun, 2025
  • Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 10 Jun, 2025
  • Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Zenuar Yoga . 09 Jun, 2025
  • 5 Hal Kenapa Yamaha Gear Ultima Menarik Dijadikan Skutik Cari Cuan
    5 Hal Kenapa Yamaha Gear Ultima Menarik Dijadikan Skutik Cari Cuan
    Bangkit Jaya Putra . 27 Mei, 2025
  • New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
    New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 15 Mei, 2025
  • Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Zenuar Yoga . 14 Mei, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025