Penampakan Suzuki Ertiga Facelift di India, Perubahannya Sedikit

Maruti Suzuki Ertiga facelift 2022

Sepertinya tinggal menunggu waktu versi facelift Suzuki Ertiga keluar. Paling cepat awal tahun depan, bisa untuk pasar Indonesia atau India duluan. Setidaknya sinyal itu kian kuat ketika model penyegaran berkeliaran di jalanan India. Tanpa menutupi banyak bagian tubuh, hanya porsi penting yang mengalami ubahan saja. Menandakan tak ada perombakan signifikan dibanding model eksis.

Gambar yang diabadikan GaadiWaadi menunjukkan itu. Bagian disembunyikan hanya grille depan. Kalau mau diteliti lebih detail, seperti tidak mengalami perubahan bentuk. Namun mudah diprediksi desainnya berubah. Bisa saja memakai gaya mengalir seperti Baleno menggantikan garis-garis horizontal monoton terlapis kromium. Meneliti lampu dan bemper sama saja tidak mengalami perubahan.

Maruti Suzuki Ertiga facelift 2022

Tangkapan foto bukan tampak depan saja, melainkan keseluruhan bodi. Melihat ke sisi hingga belakang, nihil ubahan. Bentuk lampu belakang tak direvisi begitu pula pola pendaran lampu. Bahkan bemper pun tetap sama. Bila menilai model facelift yang ingin dilakukan Maruti Suzuki, sepertinya sangatlah minor.

Sayang tidak ada foto interior. Ada harapan berubah sedikit atau setidaknya penambahan fitur untuk pasar Indonesia. Misalnya mengganti head unit yang lebih canggih lagi. Ukuran membesar dan dilengkapi fitur Apple CarPlay dan Android Auto. Lalu bisa menambahkan wireless charging di sekitar area center stack. Ini bisa untuk melawan kehebatan fitur milik All New Toyota Veloz. Nilainya akan semakin tinggi apabila diberi peranti cruise control. Tentunya untuk menghadang perlawanan New Mitsubishi Xpander Ultimate.

Baca Juga: Suzuki Indonesia Setop Produksi Karimun Wagon R, S-Presso Bisa Jadi Pengganti

Maruti Suzuki Ertiga facelift 2022

Waktunya Penyegaran di Indonesia

Apakah perubahan ini juga diikuti Suzuki Indonesia? Mungkin saja. Sudah waktunya ada penyegaran setelah terakhir dua tahun yang lalu. Saat itu Ertiga tipe GX paling mendapat revisi. Seperti mengganti desain pelek, interior berubah hitam dan beberapa gimik kecil.

Paling tidak, model facelift nanti ada penambahan fitur seperti disebutkan tadi. Meski dari tampang tidak ada yang signifikan berubah. Karena pertarungan di kelas LMPV makin berat. Semua sudah berbenah dan semakin berani menawarkan teknologi mutakhir. Sekarang saja, Ertiga tampak makin terbelakang soal kelengkapan.

Tidak ada rumor soal perubahan mekanikal. Di India, sepertinya tetap mengandalkan opsi mesin yang sudah ada. Sementara di Indonesia, kalau masih tetap mempertahankan transmisi matik konvensional 4-speed tentu sudah tertinggal dari para pesaing yang beralih ke CVT.

 

Ertiga Mild Hybrid?

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pernah menyebut kalau akan masuk ke era elektrifikasi melalui teknologi hybrid. Hal ini disampaikan Shodiq Wicaksono, Managing Director Suzuki Indonesia, dalam rilis pers. “Kami sedang bersiap mengenalkan kendaraan elektrifikasi kepada masyarakat. Namun, kami juga harus jeli melihat daya beli konsumen Indonesia secara umum saat ini. Untuk itu, dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak. Suzuki akan masuk ke era elektrifikasi melalui teknologi hybrid.”

Ertiga bisa jadi model dimaksud untuk pasar Indonesia. Karena barangnya sudah ada dan sempat dipajang di pameran mobil listrik di Monas 2019 silam. Teknologinya masih SHVS seperti Ertiga diesel dulu. Jenis mild, berupa tambahan Integrated Starter Generator (ISG) plus baterai lithium ion 12 volt berdaya 36 Wh. Kata Suzuki, teknologi ini bisa meningkatkan efisiensi dan menurunkan emisi. Memungkinkan juga berjalannya fungsi start dan stop otomatis ketika mobil berhenti sementara.

Apakah Ertiga facelift 2022 nanti akan berubah seperti itu. Tentu bakal membawa keunggulan unik tersendiri dibandingkan lawan-lawannya. Kita tunggu saja pergerakan SIS tahun depan. (Odi)

 

Sumber: GaadiWaadi

Baca Juga: Suzuki Siapkan Kendaraan Elektrifikasi Ringan, Barang Sudah Ada di Indonesia

Jelajahi Suzuki Ertiga

  • Tampak Depan Bawah Suzuki Ertiga
  • Tampak Depan Suzuki Ertiga
  • Tampak Grille Ertiga
  • Fog lamp depan Ertiga
  • Lampu depan Ertiga
  • lampu belakang Ertiga
  • Suzuki Ertiga Drivers Side Mirror Front Angle
  • handle pintu Ertiga
  • Pelek Ertiga
  • Tampak wiper Ertiga
  • Tampak depan medium Suzuki Ertiga
  • Suzuki
Suzuki Ertiga
Rp 201,9 - Rp 268,15 Juta Cicilan : Rp 4,61 Juta

Model Mobil Suzuki

Mobil Suzuki
  • Suzuki Ertiga
    Suzuki Ertiga
  • Suzuki XL7
    Suzuki XL7
  • Suzuki Jimny
    Suzuki Jimny
  • Suzuki Ignis
    Suzuki Ignis
  • Suzuki Vitara
    Suzuki Vitara

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Suzuki Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren MPV

  • Yang Akan Datang