Peraturan Baru MotoGP 2020 Ternyata Mengejutkan

JAKARTA, Motovaganza.com - MotoGP musim 2020 akan segera dimulai. Sebagai kelanjutan dari musim kompetisi tahun lalu, sejumlah penyesuaian kecil tapi penting akan ditetapkan untuk musim depan. Tujuannya agar kompetisi MotoGP 2020 lebih seru dan menyajikan pertarungan sengit yang enak untuk disimak. Alasannya mudah saja, dominasi Marc Marquez musim lalu tentu tidak enak untuk dilihat. Apalagi hampir tidak ada yang mampu mengalahkan dan menghentikan langkah Baby Alien itu di MotoGP. Fenomena ini ditakutkan nantinya akan membuat penonton bosan dan lambat laun meninggalkan perhelatan MotoGP. Menghindari kejadian tersebut, secara garis besar perubahan peraturan melingkupi aturan balap, hingga teknis. Termasuk pula pengaturan jadwal sirkuit hingga datangnya pembalap-pembalap baru.

Aturan Balapan dan Teknis

Dimulai dengan sisi jalannya balapan. Penalti jump start MotoGP diubah dari ride through penalty menjadi two long lap penalties. Setelah sukses menerapkan hukuman Long Lap tahun lalu, setiap pembalap yang melakukan jump start di MotoGP, Moto2 dan Moto3 harus menjalani dua penalti Long Lap dalam waktu lima lap setelah diberitahukan. Setiap penalti Long Lap dianggap membebani pengendara antara tiga dan lima detik per putaran, tergantung pada sirkuit, yang berarti total penalti akan sama dengan antara enam dan sepuluh detik yang telah dipilih sebagai hukuman yang lebih adil. Perubahan itu dipicu setelah tiga insiden jump start tahun lalu, dimulai dari Cal Crutchlow di Grand Prix Argentina sebelum Maverick Vinales dan Joan Mir melakukan pelanggaran serupa di Amerika Serikat. Yang membingungkan, Vinales justru menjalani penalti Long Lap sebelum melakukan riding melintasi pit lane.

Penggunaan Black flag dan Orange flag

Jika pembalap terkena black flag atau orange flag, maka dia memerlukan izin resmi dari steward teknis motogp untuk kembali ke lintasan. Meski demikian, peraturan inti baru akan dimulai tahun 2022. Sementara itu, penggunaan knee slider logam dilarang di MotoGP karena berbahaya. Bagi ajang Moto 2 dan Moto 3, pembalap yang bisa melaju dari kualifikasi 1 ke kualifikasi 2 akan diberikan ban depan tambahan untuk melengkapi tambahan ban belakang. Michelin juga sudah memperkenalkan konstruksi ban baru untuk musim 2020. Ban baru itu sebenarnya telah diuji pada musim kompetisi tahun 2019. Melengkapi peraturan teknis yang ada, aturan penggunaan perangkat aerodinamika juga berubah. Tahun ini setiap pengendara hanya diizinkan satu perubahan Aero Body per musim.

Penambahan Sirkuit

Sektor ini menjadi salah satu pembaruan menarik musim ini. Pihak penyelenggara MotoGP telah menyetujui penambahan satu sirkuit baru, yakni KymiRing di Finlandia. Sirkuit ini kembali digunakan setelah 38 absen dari kalender MotoGP. Sirkuit ini memiliki trek lurus 1,2 kilometer. Tahun silam, beberapa pembalap telah terbang ke sana untuk melakukan uji coba. Hasilnya beragam, ada yang suka namun banyak pula tidak menyukainya. Perubahan juga terjadi pada jadwal penggunaan sirkuit. Sirkuit Buriram Thailand kini dipindahkan setelah seri pembuka di Qatar.
Alex Marquez, Moto2 race, French MotoGP 2019

Pembalap Baru

Alex Marquez menggantikan Jorge Lorenzo di tim Repsol Honda. Formasi ini mencetak sejarah dengan menjadi kakak adik pertama yang berada dalam satu tim di MotoGP. Selain dia, Brad Binder dan Ike Lecuona juga menjadi rookie di tim Red Bull KTM, serta Red Bull KTM Tech 3. Nah, mampukah peraturan baru ini membuat perhelatan MotoGP 2019 semakin memikat? Atau mampukah peraturan baru menghambat laju Marquez? Mari kita tunggu perhelatan perdana MotoGP pada 6-8 Maret 2020 mendatang di Qatar. Sumber: Motogp.com | Crash.net REZA ERLANGGA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Federal Oil Kembali Raih Penghargaan Bergengsi, Wujud Konsistensi dan Kepercayaan Konsumen Nasional
    Federal Oil Kembali Raih Penghargaan Bergengsi, Wujud Konsistensi dan Kepercayaan Konsumen Nasional
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • Ducati Scrambler Nightshift Hadir dengan Warna Emerald Green
    Ducati Scrambler Nightshift Hadir dengan Warna Emerald Green
    Zenuar Yoga . 15 Okt, 2025
  • Puluhan Skutik Yamaha Tampil Unik di CustoMAXI Jabodetabek 2025, Dari Batik hingga Gaya MotoGP
    Puluhan Skutik Yamaha Tampil Unik di CustoMAXI Jabodetabek 2025, Dari Batik hingga Gaya MotoGP
    Zenuar Yoga . 15 Okt, 2025
  • Tak Bisa Pakai Nomor 54, Ini Petunjuk Nomor Baru Toprak Razgatlioglu di MotoGP
    Tak Bisa Pakai Nomor 54, Ini Petunjuk Nomor Baru Toprak Razgatlioglu di MotoGP
    Zenuar Yoga . 14 Okt, 2025
  • Yamaha Indonesia Buat Pelatihan Off-Road Pakai WR155R dan YZ125X
    Yamaha Indonesia Buat Pelatihan Off-Road Pakai WR155R dan YZ125X
    Bangkit Jaya Putra . 14 Okt, 2025
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Ducati Panigale V4 R 2026: Teknologi MotoGP dalam Balutan Motor Jalan Raya
    Ducati Panigale V4 R 2026: Teknologi MotoGP dalam Balutan Motor Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Yamaha XMax, Sembilan Tahun Menjadi Ikon Skutik Premium di Indonesia
    Yamaha XMax, Sembilan Tahun Menjadi Ikon Skutik Premium di Indonesia
    Zenuar Yoga . 19 Sep, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025