Pilihan Motor Bebek yang Masih Eksis untuk Awal 2024

Honda Supra GTR

Motor bebek atau moped sudah kalah populer dibandingkan skutik. Apalagi di daerah perkotaan, pengguna kendaraan bermotor cenderung butuh alat transportasi yang praktis dan mudah digunakan. Motor matik tentu jawabannya. Pilihannya jelas jauh lebih banyak daripada moped. Namun masih ada yang menggemari motor bebek. Biasanya berasalan mudah dalam perawatan dan bisa lebih irit. Karena masih pakai girboks dengan perpindahan manual yang tentu lebih minim perawatan dari CVT.

Nah, di pasar Tanah Air tetap tersedia motor bebek dari berbagai merek. Meski sedikit, setidaknya masih menyisakan sesuai kebutuhan pasar. Ada model yang sudah melegenda yang tampaknya sayang sekali jika dihentikan. Ini dia pilihannya.

Yamaha Vega Force

Yamaha Vega Force

Ketika rilis pada 1999, Yamaha Vega banyak digemari karena ketangguhannya dan irit BBM. Kemudian jadi Vega ZR pada 2010 dan berubah lagi Vega RR di 2013. Dan di 2015 mengusung Force dan tetap menggunakan nama besar Vega yang sudah banyak dikenal orang Indonesia.

Sejak dulu dikenal kencang dan mudah dimodifikasi. Bahkan sekarang memiliki tagline bandel, irit dan bertenaga. Saat ini ia dipasarkan dengan harga Rp17,915 juta on the road DKI Jakarta. Pilihan warnanya ada Black Yellow dan Black Red.

Mesin Vega Force berteknologi SOHC, 4 langkah yang didukung pendingin udara. Kapasitas mesinnya 115 cc silinder tunggal menghasilkan tenaga 8,7 hp di 7.000 rpm dengan torsi 9,53 Nm di 5.500 rpm. Digerakkan oleh sistem transmisi manual 4 percepatan dengan kopling basah otomatis multiplat.

Sistem pembakaran Fuel Injection, membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien. Pakai teknologi forged piston, bikin usia mesin menjadi tahan lama dibanding penggunaan piston konvensional. Untuk menyempurnakan pengapian di ruang mesinnya, sudah menggunakan sistem pengapian Transistor Controlled Ignition atau TCI.

Fiturnya ada kunci starter yang sudah dilengkapi dengan tombol penutup praktis. Bisa meningkatkan dari segi keamanan. Speedometer berdesain modern, menggunakan konsep analog dipadukan dengan fungsi-fungsi yang mudah dipahami.

Konstruksi dasar menggunakan rangka tipe pipa baja dengan sistem tulang bawah atau under bone. Bobotnya cuma 96 kg. Tangkinya dapat menampung sebanyak 4 liter BBM. Bagasinya berkapasitas 9,2 liter terbesar di kelasnya, mampu memuat barang bawaan lebih banyak.

Suspensi depan sistem teleskopik, di belakang model lengan ayun dengan dukungan dual shock. Lalu ditunjang ban depan berukuran 70/90 serta belakang 80/90. Sama seperti varian bebek lainnya, menggunakan pelek berukuran 17 inci. Sedangkan untuk keamanan, dilengkapi sistem pengereman tromol di belakang, serta rem cakram di depan.

Yamaha Jupiter Z1

Yamaha Jupiter Z1

Kuda besi ini punya julukan sebagai ‘Rajanya Motor Bebek 4-tak’, dan slogan “Yamaha Jupiter Z1, Yang Lain Semakin Ketinggalan lagi!” begitu melekat di hati masyarakat. Sekarang dijual Rp19,790 juta OTR DKI Jakarta. 

Ia tetap digemari meski desainnya tak banyak berubah dari dulu. Sekilas mirip versi MX, masih mempertahankan konsep sport bebek modern dengan penggunaan frame tipe Steel Tube Underbone. Itulah yang membuatnya meraih banyak prestasi di ajang balap motor nasional. Seperti Indoprix maupun Motoprix. Pelek racing palang lima yang dipakai juga menambah kental aura balap. Hal itu juga termasuk kedalam salah satu kelebihan motor ini.

Tangki bahan bakar 4,1 liter cukup untuk menempuh perjalanan jauh. Sementara penggunaan suspensi teleskopik serta lengan ayun suspensi ganda, menjadikan motor ini nyaman untuk dikendarai. Ban berukuran 70/90 depan dan 80/90 belakang. Peleknya masih sama seperti bebek lain dengan diameter 17 inci. Pengereman pakai piringan cakram dengan 1 kaliper piston tunggal di depan, dan sistem tromol di bagian belakang.

Jantung mekanisnya 115 cc berteknologi SOHC, 2 valve, berpendingin udara. Mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 10 hp di 7.750 rpm dengan torsi maksimal mencapai 9,8 Nm di putaran 6.750 rpm. Memanfaatkan teknologi penyuplai bahan bakar Fuel Injection System serta didukung dengan Forged Piston yang membuat kinerja mesin kuat, awet dan irit. Apalagi dengan ditanamkan standar emisi gas buang EURO 3, jadi lebih ramah lingkungan.

Yamaha MX King

Yamaha MX King 150

Bebek ini dijuluki The King of The Street. Hal itu berkat gaya yang diadopsinya. Punya desain agresif dengan lekukan tajam. Saat ini dijual Rp25,870 juta OTR DKI Jakarta. Pilihan warna ada Cyan, Red dan Blue.

 

Ukuran tubuhnya sangat ideal dengan dimensi 1.970 x 670 x 1.080 mm (PxLxT), serta memiliki bobot 116 kg. Tinggi tempat duduknya 780 mm dan jarak terendah ke tanah 135 mm, itu untuk memastikan pengendara dapat menapakkan kakinya dengan baik. Kapasitas tangki bahan bakarnya hanya 4,2 liter.

MX King pakai rangka Backbone atau Light Frame Design. Frame yang terbukti mampu menopang beban dan stabil di kecepatan tinggi. Dibekali dengan suspensi depan teleskopik, kemudian bagian belakang menggunakan swing arm dengan monoshock yang sudah teruji kualitasnya. Hasilnya siap melibas berbagai karakter jalanan. Kemudian pijakan kaki pengendara bisa dilipat, membuat semakin nyaman dalam bermanuver hingga cornering.

Jantung mekanisnya masih berkonfigurasi satu silinder tegak, 150 cc, SOHC, 4-tak, berpendingin cairan serta teknologi Forged Piston & DiASil Cylinder yang membuat mesin tiga kali lebih awet dan tahan lama. Mesinnya mampu menghasilkan torsi puncak 13,8 Nm di 7.000 rpm dan tenaga maksimal 15,3 hp di 8.500 rpm. Penyaluran dayanya lewat transmisi manual Full Cluth Centrifugal Wet yang memiliki 5 percepatan. Output yang dikeluarkan terasa sangat responsif, baik untuk berakselerasi atau meraih top speed.

Sebagai bebek sporty, ban pakai tapak lebar. Depan 90/80 dan 120/70 belakang. Keduanya sudah berjenis tubeless yang terpasang di roda berdiameter 17 inci. Sistem pengeremannya sudah menggunakan cakram di kedua rodanya. Tapi belum dipasangkan sistem pengereman ABS.

Honda Revo Series

Honda Revo X

Honda Revo terkenal moped yang tangguh dan tahan banting. Banyak digunakan sebagai kendaraan niaga. Hadir pertama kali di 2007, menemani Honda New Supra Fit untuk melawan kompetitor seperti Yamaha Vega R dan Suzuki Smash.

Sampai sekarang bertahan dengan kapasitas mesin 110 cc. Menggendong mesin SOHC, 4 langkah, silinder tunggal berkapasitas 109,17 cc dan berpendingin udara. Sistem suplai bahan bakar sudah injeksi berteknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Diameter x Langkahnya 50 x 55,6 mm dan punya rasio kompresi 9,3:1.

Daya maksimum yang dihasilkan sebesar 8,9 Hp di 7.500 rpm dan torsi 8,76 Nm di kitiran 6.000 rpm. Tenaganya disalurkan ke roda belakang melalui rantai dengan 4 percepatan. Dalam hal efisiensi, dia tercatat dapat menjangkau 59,8 km dengan 1 liter (metode ECE R40) menggunakan metode pengukuran EURO 3 (EURO 2 = 62,2 km/liter).

Fiturnya memang minim. Cuma memiliki bagasi serbaguna sebesar 7 liter. Dapat menyimpan ‎berbagai kelengkapan pengendara berdimensi kecil. Pijakan pembonceng terbuat dari bahan aluminum sehingga kuat. Terdapat pula sistem kunci kontak berpengaman dengan auto lock (Auto Secure Key Shutter). Namun hanya khusus di New Honda Revo X.

Ada dua varian, New Honda Revo Fit dan New Honda Revo X. Selain sistem auto lock, perbedaan keduanya terdapat di striping dan model pelek, sisanya semua sama. Untuk varian terendah dipasarkan Rp16,020 juta. Sementara tipe termahal dijual Rp17,731 juta OTR DKI Jakarta.

Honda Supra X 125 FI

Honda Supra X 125 2022

Siapa tak kenal Honda Supra. Ia merupakan salah satu motor bebek legendaris di Indonesia. Sejak pertama kali meluncur hingga sekarang, model ini dikenal sebagai motor irit, tarikan responsif, serta mudah perawatan. Secara kasta, dirinya berada di bawah Supra GTR 150.

Dibekali mesin 125 cc 4 tak SOHC yang disertai dengan teknologi Programmed Fuel Injection (PGM-FI). Mampu menghasilkan tenaga sebesar 10 Hp pada 8.000 rpm dan torsi 9,30 Nm di 4.000 rpm. Berdasarkan pengetesan internal perusahaan, satu liter bensin bisa menempuh jarak 57,2 km (EURO 3). Angka yang dihasilkan tersebut masih bisa mengimbangi keiritan motor bertransmisi otomatis.

Seiring perkembangan zaman, desainnya tak lagi dinamis melainkan semakin runcing. Berbekal dual keen winker dan position light yang dilengkapi dengan garis reflektor membuatnya tak kalah menarik dengan skutik saat ini.

Fiturnya ada stoplamp berteknologi LED, soket charger di bawah jok, bagasi sebesar 7 liter, gantungan barang di dek tengah serta Auto Secure Key Shutter with Seat Opener. Sistem penguncian bermagnet dengan penutup otomatis yang dilengkapi dengan pembuka tempat duduk sehingga makin praktis. Ada pula Panel meter modern yang mudah dibaca. Pengereman juga sudah cakram depan dan belakang.

Ditawarkan dengan dua varian. Untuk tipe CW (pelek racing) dipasarkan dengan harga Rp20,215 juta dengan pilihan warna Golden Matte Black dan Energetic Red. Sementara model SW (pelek jari-jari) dengan kelir Quantum Black dijual Rp19,1 juta OTR Jakarta.

Honda Supra GTR 150

Honda Supra GTR150

Honda Supra GTR menyajikan sebuah motor bebek sporty, melalui konsep bodi ala motor berfairing. Desain tubuh agresif, dengan tarikan garis-garis tajam. Dari area tameng, batok hingga buntut memiliki unsur yang mirip dengan motor sport.

Ia dibangun dengan tubuh berukuran: panjang 2.025 mm, lebar 725 mm dan tinggi 1.102 mm. Sangat cocok dengan rata-rata postur masyarakat Asia Tenggara. Tawaran harga Rp25,18 juta untuk tipe Sporty dan Rp25,43 juta untuk Exclusive.

Supra GTR menggendong mesin berkubikasi 149,16 cc DOHC 4-valve, bertransmisi 6 percepatan. Ia mampu memproduksi tenaga sebesar 16 Hp di 9.000 rpm dan torsi puncak 14,2 Nm pada 6.500 rpm. 

Tetap hemat dalam pemakaian bahan bakar. Dirinya mampu menjelajah hingga 42,2 km/liter dengan metode ECE R40 (berdasarkan pengujian internal AHM). Model ini juga ramah lingkungan sesuai standar emisi EURO3. Sedang Vario bisa menghasilkan konsumsi BBM teririt di kelasnya, sebesar 46,9 km/liter.

Tersemat suspensi depan besar untuk kestabilan bermanuver. Jarak terendah ke tanah 150 mm membuatnya bisa melewati berbagai macam medan jalan.  Dirancang pula untuk memberikan kenyamanan penuh saat berkendara dengan jok model menyatu yang tebal. Belakangnya mengandalkan monoshock untuk menyangga bodi. Serta penyematan rem cakram depan dan belakang, menambah kenyamanan dan keamanan saat melesat di jalanan. (Bgx/Odi)

 

Baca Juga: Pilihan Motor Sport Full Fairing 150-250 cc untuk Awal 2024

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Vespa World Day 2024 Dihadiri 30 Ribu Pencinta Vespa
    Vespa World Day 2024 Dihadiri 30 Ribu Pencinta Vespa
    Zenuar Yoga . 26 Apr, 2024
  • Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2024
  • Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Zenuar Yoga . 23 Apr, 2024
  • Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Anindiyo Pradhono . 23 Apr, 2024
  • Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2024
  • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
  • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023