Pilihan Skutik Honda dengan Data Konsumsi BBM Hasil Pengujian Pabrikan

Harga Honda PCX 160


Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik sebagai upaya mengurangi anggaran subsidi energi yang semakin membengkak. Tentu menjadi beban bagi masyarakat yang sangat berimbas ke pengeluaran sehari-hari. Beralih ke skutik bisa jadi solusi. Namun harus cari yang terbukti irit. Astra Honda Motor (AHM) rajin menguji berbagai model andalan meraka. Seperti skutik berikut ini, memiliki data efisiensi bahan bakar berdasarkan klaim dari mereka sendiri.

 

Honda Beat Series

Honda beat 2021

All New Beat Series menggunakan mesin 110 cc SOHC generasi terbaru. Ia mampu menghasilkan tenaga 8,89 hp pada 7.500 rpm dengan torsi tertinggi di 9,3 Nm di kitiran 5.500 rpm. Masih dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power).

Mesinnya sudah berteknologi alternating current generator (ACG) starter. Dikombinasikan dengan idling stop system (ISS). Kedua fitur unggulan di bagian dapur pacunya itu berguna untuk membuat mesin lebih irit. Dapat mematikan mesin secara otomatis, saat skutik berhenti lebih dari tiga detik. Untuk menyalakannya kembali, cukup putar handle gas saja.

Pabrikan mengklaim All New Beat Series irit bahan bakar dan ramah lingkungan karena sudah Euro 3. Melalui tes internal dengan metode ECE R40, skutik ini menghasilkan 60,6 km/liter (fitur ISS on). Karena kapasitas tangkinya 4,2 liter, maka ia mampu menempuh jarak 254,52 km dalam sekali pengisian bahan bakar. Hasil itu tentu saja bisa berbeda pada setiap orang. Banyak faktor yang menentukan. Jadi angka di tersebut tidak bisa dijadikan patokan.

Generasi baru yang dilabeli All New ini dipasarkan dengan harga Rp17,620 juta (tipe CBS), Rp18,326 juta (CBS ISS), Rp18,472 juta (Deluxe) dan Rp Rp18,276 juta (Street) OTR DKI Jakarta.

Fiturnya ada bagasi penyimpanan barang sebesar 12 liter, kemudian ada dua rak kecil lagi di bawah stang. Sektor pencahayaan utamanya sudah berteknologi LED, panel meter menggabungkan digital dengan analog, dan di dalamnya diberikan fitur indikator ECO. Kunci kontak sudah terintegrasi dengan pembuka jok, lebih praktis. Di bawah rumah kunci diberikan power charger (khusus versi CBS-ISS).

Tak lupa juga Combi Brake System (CBS), Side Stand Switch serta Parking Brake Lock yang berguna saat motor berhenti di tanjakan atau turunan, sehingga lebih aman.

 

New Honda Genio

New Honda Genio 2022

Pakai basis mesin yang sama dengan Beat Series. Mengandalkan 110 cc, satu silinder, 4-langkah SOHC eSP, pendingin udara dan PGM-FI. Dibenamkan pula teknologi ACG starter yang membuat starter mesin lebih halus. Dan bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas. Output tenaga Genio sendiri ada di angka 6,6 kW (9,0 PS) pada 7.500 rpm dengan torsi mencapai 9,3 Nm di putaran 5.500 rpm.

Berdasarkan hasil tes internal dengan metode WMTC, konsumsi bahan bakar New Genio menunjukkan angka 59,1 km/liter (fitur ISS on), sehingga mampu menempuh jarak hingga 248 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar. Mesin ini juga memastikan hasil pembakaran yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3.

Volume bensin berkapasitas 4,2 liter dan bagasi 14 liter. Untuk fitur keamanan ditunjang secure key shutter, brake lock atau rem parkir, combi brake, dan side stand switch yang menjadi fitur standar Honda Genio.

Teknologi lampu depannya sudah menggunakan LED. Panel Meter digital menyajikan berbagai informasi termasuk penunjuk kecepatan, odometer, bahan bakar, dan indikator ECO sebagai panduan berkendara efisien.

New Honda Genio dipasarkan dengan dua tipe, yaitu CBS dan CBS-ISS. Tipe CBS dijual Rp18,880 juta dan CBS-ISS dilego dengan harga OTR Rp19,475 juta OTR DKI Jakarta.

Baca Juga: Pilihan Skutik Paling Murah, Cukup Siapkan Bujet Mulai Rp12 Jutaan

 

All New Honda Scoopy

Honda Scoopy 2022

Sama seperti Beat Series dan New Genio, All New Honda Scoopy juga punya mesin identik. Pakai mesin generasi terbaru, 110 cc 4-langkah SOHC, pendingin udara dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Tak lupa pula eSP (enhanced Smart Power) yang hemat bahan bakar, sekaligus sanggup menyuguhkan performa optimal. Teknologi eSP terintegrasi dengan ACG Starter, serta Idling Stop System (ISS) menjadi peranti standar.

Output tenaga Scoopy anyar ada di angka 6,6 kW (9,0 PS) pada 7.500 rpm dengan torsi mencapai 9,3 Nm / 5.500 rpm. Honda mengklaim konsumsi bahan bakarnya irit. Berdasarkan data internal Honda, konsumsi bahan bakar Scoopy baru mencapai 59 km/liter (ISS on). Sementara daya tampung bensin jadi 4,2 liter.

Beragam fitur canggih juga ada padanya. Pencahayaan LED projector di depan, Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti-Theft Alarm, USB Charger model terbaru, bagasi 15,4 liter hingga kombinasi panel meter. Lainnya ada Multi Function Hook, pijakan kaki yang terintegrasi dengan bodi, standar samping otomatis (Side Stand Switch) serta tuas pengunci Brake Lock.

AHM membanderol All New Scoopy varian Sporty dan Fashion sebesar Rp21,353 juta. Sedang Stylish dan Prestige dibanderol Rp22,115 juta OTR DKI Jakarta.

 

All New Honda Vario Series

harga vario 160

Vario punya dua varian, ada versi 125 cc dan terbaru ada All New Honda Vario 160. Perbedaannya tentu pada sektor mesin, dimensi dan penyematan fitur. Soal harganya, Vario 160 punya dua tipe, yaitu versi ABS yang dijual Rp29,064 juta, dan CBS Rp26,339 juta OTR DKI Jakarta. Sedang buat trim bawah dilego Rp22 juta (CBS), Rp22,920 juta (CBS-ISS) dan Rp23,081 juta (CBS-ISS Special Color).

Vario 160 mengusung mesin generasi terbaru dengan kapasitas 160 cc 4 katup berpendingin cairan. Ia menghasilkan tenaga maksimal hingga 15,4 PS pada putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm pada putaran 7.000 rpm. Bagian dapur pacunya disematkan teknologi eSP+, yang mampu menghasilkan pembakaran efisien dan minim gesekan untuk mengurangi resiko terbuang percuma.

Menurut klaim pabrik dengan metode WMTC, konsumsi bahan bakar All New Vario 160 tercatat 46,9 km/liter (fitur ISS on), sehingga mampu menempuh jarak hingga 257 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar. Mesin ini juga memastikan hasil pembakaran yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3.

Fiturnya ada pencahayaan LED depan-belakang serta sinyal belok, Side Stand Switch, Brake Lock System, double inner rack yang multifungsi, Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti-Theft Alarm dan panel instrumen full digital dan pakai teknologi negative display serta ABS untuk varian tertinggi.

Sementara Vario 125 mengandalkan mesin 124,8cc eSP 4-langkah, SOHC dengan pendingin cairan dan sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Ia bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,1 hp di 8.500 rpm dan memuntahkan torsi sebesar 10,8 Nm di kitiran 5.000 rpm. Dengan mengaktifkan fitur ISS, Vario 125 tergolong irit di kelasnya, sebesar 51,7 km/liter (metode ECE R40) dengan hasil emisi gas buang yang lebih baik dari standar emisi EURO 3.

 

All New Honda PCX160

review Honda PCX 160

PCX160 menggendong mesin berkapasitas 160 cc, SOHC, 4-katup, berpendingin cairan dengan teknologi anyar bernama eSP+. Dirinya bisa menghasilkan tenaga maksimal hingga 15,8 Hp pada 8.500 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm di putaran 6.500 rpm. Dengan metode pengetesan ECE R40 Euro 3. Alias Idling Stop System (ISS) terus dinyalakan. Angka segitu boleh dibilang masih terjaga, mengingat tenaganya bertambah.

Buat fiturnya ada sistem pencahayaan full LED, panel meter digital. Data yang disajikan meliputi indikator baterai, perawatan v-belt, serta indikator HSTC dan sensor ABS khusus dua seri termahal. Lubang pengisian di laci kiri pakai tipe jadi soket USB type A.

Menggunakan smart key system. Didalamnya mengemas 3 fitur sekaligus yakni Immobilizer, Answer Back dan Alarm anti-theft (anti maling). Teknologi dapat memberikan rasa aman dan nyaman kala memarkirkan motor kesayangan.

AHM memasarkan All New Honda PCX 160 dengan harga Rp32 juta (CBS) dan Rp35,510 juta (ABS) OTR DKI Jakarta.

 

Honda ADV160

Honda ADV160

Skutik berperawakan tualang ini hadir dalam 2 varian berbeda yakni CBS dan ABS. Keduanya dijual masing-masing dengan banderol Rp36 juta dan Rp39,250 juta yang sudah berstatus OTR DKI Jakarta.

New ADV160 mengemas enjin serupa dengan Honda PCX 160. Performanya lebih Tangguh dibanding model sebelumnya. Menurut data pabrikan, dirinya menggendong mesin 156,9 cc (dibulatkan 160 cc), 4 katup, pendingin cairan, dan sudah berteknologi eSP+ (enhanced Smart Power plus) dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI.

Untuk konsumsi bahan bakarnya, berdasarkan pengetesan internal AHM menggunakan metode WTMC-Euro 3 didapat angkat 45 kilometer per liter dengan fitur ISS (Idling Stop System) menyala, sehingga mampu menempuh jarak hingga 364 kilometer dalam sekali pengisian penuh bahan bakar.

Fiturnya sudah pakai teknologi full LED, headlamp sudah dilengkapi DRL, Emergency Stop Signal (ESS), panel meter digital, dan kontrol traksi atau HSTC (Honda Selectable Torque Control) buat varian tertinggi. (Bgx/Odi)

 

Baca Juga: Pilihan Naked Bike 150 cc Murah Rp20 Jutaan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Artikel Motor Honda dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test