Prediksi Motor Baru 2023, Menanti Motor Listrik dari Brand Besar

Honda Benly-e

 

KEY TAKEAWAYS

  • Honda sudah pernah pamerkan motor listrik di GIIAS

    Lalu pantas juga ditunggu Yamaha E01 yang sedang dalam tahap pengujian
  • Tahun ini diprediksikan bakal ada banyak motor baru yang meramaikan industri otomotif. Sebagian merupakan model anyar ataupun berstatus penyegaran. Kuat dugaan ada beberapa unit siap dirilis di Indonesia, karena sudah lebih dulu meluncur di negara tetangga khususnya wilayah Asia Tenggara. Berikut merek otomotif bakal meluncurkan motor baru 2023.

     

    Honda

    New Honda Forza

    Melihat kesuksesan dari saudara-saudaranya, bukan tidak mungkin AHM bakal meluncurkan Honda Scoopy dengan mesin 160 cc. Belum diketahui spesifikasi pasti dari motor ini. Boleh jadi ia menggunakan mesin berkapasitas 156,7 cc, satu silinder, eSP+ mesin, 4 tak dan 4 katup yang sama seperti Honda Vario 160, Honda PCX160, hingga Honda ADV160.

    Masih di kelas skutik, ada kemungkinan AHM segera meluncurkan Forza terbaru untuk melawan Yamaha Xmax Connected. Pasalnya di Thailand Forza 350 sudah rilis lebih dulu. Selain itu, dugaan semakin kuat berkat informasi mengenai pendaftaran di berita resmi Desain Industri Nomor 43/DI/2022 yang dirilis oleh Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Ham Republik Indonesia.

    Kabarnya Forza anyar mendapat ubahan desain, peranti konektivitas atau yang pabrikan sebut sebagai Honda Smartphone Voice Control System (HSVCS). Keseluruhan fungsi bisa operasikan lewat sistem perintah suara lewat gawai dengan aplikasi Honda Road Sync. Fitur ini buat meladeni teknologi konektivitas Y-Connect yang ada di Yamaha Xmax terbaru.

    Ramalan selanjutnya ada New Honda GTR-150. Motor ini masuk kategori bebek sporty. Kehadirannya untuk menandingi populasi Yamaha MX King. Produk serupa sebetulnya sudah dirilis di negara lain. Di Vietnam bernama Winner X150 dan Malaysia mengusung RSZ-150. Di sana ia mendapat penyegaran berupa teknologi anti-lock braking system (ABS) untuk versi tertinggi. Walau kecil kemungkinan meluncur di sini, setidaknya pangsa pasar motor bebek masih ada di Indonesia.

    Selain itu, AHM siap memasarkan sejumlah motor listrik sebagai dukungan realisasi netralitas karbon. Setidaknya ada 2 model meluncur tahun ini dan 2 model lagi pada 2024. Produk yang ingin dipasarkan memiliki opsi pengisian daya ulang langsung melalui listrik (direct charging) maupun melalui baterai yang dapat ditukar (swapping battery).

    Hingga saat ini, AHM sudah menampilkan 3 model motor listrik kepada konsumen Indonesia. Dimulai dari PCX elektrik pada 2019 dan mengenalkan Honda Gyro-e serta Honda Benly-e di pameran IMOS 2022.

    Serta Honda U-Go atau dikenal EM1 e yang sudah dipamerkan di pameran EICMA Milan, November 2022. Untuk spesifikasinya, ditenagai baterai Lithium-ion 48V 30Ah. Bisa menghasilkan daya hingga 800 W. Jika baterai penuh, maka jarak tempuhnya hingga 65 km. Tetapi, bila pakai dua baterai, bisa sampai 133 km.

     

    Yamaha

    Yamaha Grand Filano

    Tahun ini Yamaha bisa jadi menambah line-up Classy. Digadang dengan merilis Grande 125. Model anyar ini sudah meluncur di Vietnam. Ia tampil dengan desain elegan nan mewah, tapi tetap dengan nuansa modern melalui sejumlah fitur kekinian yang disematkan. Masuk di segmen high-end dan target konsumennya adalah kalangan wanita dari kaum Gen Z.

    Di sana, skutik baru dilengkapi dengan mesin Blue Core Hybrid berkapasitas 125 cc. Identik dengan Fazzio Hybrid-Connected. Tenaganya ada di kisaran 8,3 Hp pada 6.500 rpm dan torsinya 10,4 Nm pada 5.000 rpm. Memiliki lubang pengisian bahan bakar yang letaknya di dashboard kiri, seperti FreeGo. Fitur utilitas terdiri dari aplikasi smartphone Y-connect, panel instrumen full digital, sistem kunci keyless, socket charger untuk mengecas smartphone, hingga Start Stop System.

    Semua keluarga Maxi Yamaha mengusung label connected, kecuali Lexi. Tak bisa dipungkiri kalau pabrikan juga siap merilis Maxi terkecil dengan embel-embel Connected. Ia sudah memasuki tahun ke-6 dan belum mendapat sentuhan sejak pertama kali dihadirkan pada 2017. Dengan begitu, Lexi punya pasar potensial untuk mengisi segmen Maxi skutik 125 cc.

    Lebih lanjut Yamaha juga berencana menyegarkan R25. Motor sport full fairing 250 cc belum mendapatkan update sejak 2018. Kehadirannya bisa saja buat menyaingi kompetitor. Kuda besi ini juga kemungkinan mendapatkan fitur terbaru yakni Y-Connect.

    Di Vietnam Yamaha sudah merilis skutik listrik bernama Neo’s. Dijual seharga 50.000 Dong atau setara Rp32.870.000 on the road (OTR). Dibekali dengan dinamo atau Yamaha Integrated Power Unit (YIPU) generasi ke-2. Tipe brushless 2,3 kW atau bertenaga 3 Hp dan diklaim memiliki torsi 138,3 Nm.

    Baterai yang dipakai tipe Lithium-ion/BFM1 berkapasitas 51,1 V 23,2 Ah. Durasi pengisian baterai hingga penuh bisa dituntaskan dalam waktu 8 jam. Jarak jangkau 72 km dalam satu penggunaan baterai. Tak salah jika Yamaha Indonesia memboyong Neo’s ke pasar Tanah Air. Atau setidaknya sambil menunggu program Proof of Concept (PoC) atau tes market E01 selesai.

     

    Suzuki

    Suzuki V-Strom 250

    Pabrikan berlogo ‘S’ ingin meluncurkan secara resmi V-Strom 250. Kuda besi ini sebetulnya sudah dipamerkan di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022. Bisa dibeli dan melakukan pemesanan awal Januari dan pengiriman unit dilakukan pada April 2023.

    Adapun Suzuki V-Strom diimpor secara utuh atau CBU (Completely Built Up) dari India. Kehadirannya buat meramaikan segmen sport adventure yang sebelumnya sudah ada Kawasaki Versys, Honda CRF250R Rally, hingga KTM 250 Adventure.

    motor ini tampil dengan gaya khas adventure didukung oleh windshield berukuran besar dan tinggi, ground clearance yang juga tinggi (205 mm), penggunaan ban dual sport, dan lainnya.

    Menggendong mesin yang sama dengan Suzuki Gixxer SF250. Kapasitasnya 249 cc, SOHC, 1-silinder, 4-katup, 4-tak, pendingin oli, dan sudah berpengabut injeksi. Klaim pabrikan mampu menghasilkan tenaga maksimal sampai 26,1 Hp di 9.300 rpm dan torsi puncak 22,6 Nm di putaran mesin 7.500 rpm. Output tersebut disalurkan lewat transmisi manual kopling 6-percepatan.

    Dari segi fitur, sudah dibekali dengan lampu depan berteknologi LED, panel meter full digital yang berisikan informasi penting kendaraan, USB Port, dan penggunaan windscreen tinggi. Teknologi pengereman ABS (Anti-lock Braking System) 2 kanal juga sudah terpasang.

    Tak mau kalah dengan pabrikan Jepang lain, Suzuki Indonesia juga berencana meluncurkan motor listrik pada 2023 atau 2024. Mereka mengatakan sudah memiliki roadmap, namun sayangnya belum dijelaskan secara detail.

     

    Kawasaki

    Kawasaki Ninja EV

    Kawasaki hadirkan produk prototipe Ninja EV dan Z-EV di EICMA 2022, Milan, Italia. Kabar baiknya, kedua motor listrik ini siap diproduksi pada 2023. Keduanya merupakan produk global. Dan siap memenuhi kebutuhan komuter di negara-negara Eropa, Amerika dan Asia. Ini merupakan bagian dari visi perusahaan yang fokus pada netralitas karbon.

    Ninja dan Z series EV siap memenuhi peraturan lisensi kendaraan ramah lingkungan. Keduanya ditanamkan baterai ganda yang sama dan kapasitas maksimum 3,0 kWh. Sama seperti konsep naked bike Z, Ninja elektrik full fairing baru juga mendapatkan desain set bar berkendara santai. Bagian batok depannya mengingatkan pada model Ninja 650.

    Di event yang sama Kawasaki memboyong Ninja HEV. Mengenakan huruf HEV (Hybrid Electric Vehicle) di fairing samping Ninja 250. Kawasaki mengungkapkan bahwa motor barunya menggabungkan motor listrik dengan mesin bakar.

    Tidak banyak detail tentang Ninja dan Z series EV serta Ninja HEV. Namun, sosoknya didasarkan pada mesin paralel-twin baik dari Ninja 250 atau Ninja 400 yang baru dihidupkan kembali. (Bgx/Odi)

     

    Baca Juga: Deretan Mobil yang Bakal Meluncur Tahun 2023

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Motor Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Motor dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test