Produk Kolaborasi Bajaj-Triumph Mundur ke 2023

Triumph-bajaj

Perkenalan produk pertama kolaborasi Bajaj dan Triumph mundur. Awalnya, dijadwalkan rilis 2021 ini. Namun pandemi Covid-19 global membuat penjadwalan menjadi mundur dua tahun ke 2023. Prediksi model tetap sama, kemitraan antar keduanya siap lahirkan motor kelas menengah.

Pabrik Bajaj di Pune yang difungsikan sebagai pusat produksi juga belum bisa bekerja sesuai keinginan kedua perusahaan. Meski begitu, kolaborasi ini terus berjalan untuk mengembangkan berbagai model. Pabrikan Inggris mencoba memanfaatkan kehebatan asli Bajaj di bidang manufaktur untuk menurunkan harga, sedangkan Bajaj dapat memperoleh pengalaman Triumph dalam aspek teknik.

Di sisi Triumph, mereka ingin membuat motor murah agar sesuai dengan pasar Asia. Namun ada spekulasi yang beredar, kalau versi kuda besi dengan harga terjangkau juga ditawarkan di Inggris dan Eropa. Sementara bagi Bajaj, produk yang nantinya diluncurkan bisa melengkapi jajaran yang sudah ada.

Baca Juga: Resmi Mengaspal, Begini Detail Spesifikasi Triumph Trident 660

Tak berlebihan jika banyak anggapan soal duet Bajaj-Triumph dapat menghasilkan motor berkapasitas menengah. Ada kemungkinan versi mungil dari Daytona, Tiger atau baby Bonneville. Apapun yang dimunculkan nanti, tentu tak mengurangi antusiasme para penggemar motor Inggris dan India. Laporan awal mengindikasikan bahwa mereka siap meluncurkan model silinder tunggal di bawah lencana Bonneville.

Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, produk mereka dikabarkan mengadopsi jenis neo-klasik dan berkapasitas antara 300 cc sampai 350 cc. Lantaran sepeda motor model itu sedang naik daun di India. Dan kedua perusahaan berada dalam posisi unik untuk meramaikan persaingan. Maka itu, boleh jadi unit pertama ditujukan untuk bersaing langsung dengan Jawa Classic 350, Royal Enfield Meteor 350 dan Honda CB350 H’Ness.

Triumph street

Kabar untuk produk baru dari Bajaj dan Triumph, terlihat seperti sosok naked classic berjubah Bonneville. Hampir semua yang menempel pada sosok aslinya diterjemahkan di sini. Mengenakan lampu bundar, tangki teardrop, fork teleskopik, jok rata, hingga panel penutup filter udara dan komposisi dual shock.

Untuk bagian tangkinya terlihat agak mengotak mirip kepunyaan Thruxton, hanya lebih kaku. Dihias dengan stripes ala kuda besi Inggris. Sangat proporsional. Belakangnya tampak beda dibanding produk Triumph lain. Ia mengenakan fender tipis lengkap dengan stoplamp bulat dan sein. Di area kaki-kaki, bukan pelek jari-jari yang menghiasi roda. Justru model palang “Y” dengan dua warna. Berikutnya soal jantung pacu, ditempel blok mesin dan sistem pembuangan milik Thruxton.

Baca Juga: Tantang Ducati, Honda Juga Kembangkan Motor Bermesin V4

Meski belum pasti, motor tersebut tampil realistis. Di lain sisi, Bajaj diminta bertanggung jawab pada sektor produksi dan distribusi lokal (India). Berikut menyediakan basis mesin untuk naked classic entry level mereka. Dan paling masuk akal, dipasangkan milik sepupunya Bajaj (KTM 390).

Jika iya, kemungkinan berkonfigurasi satu silinder 373,2 cc. Mesinnya menggunakan DTSI, atau teknologi Digital Triple Spark Ignition. Tidak seperti sepupunya-KTM, ia dikemas dengan teknologi SOHC bukan DOHC. Tenaga yang mampu dihasilkan berkisar 40 Hp dan torsi 35 Nm. Dayanya disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 6-speed. Namun kabarnya, bakal ada sedikit penyesuaian lagi. Terutama di bagian pengapian.

Meski detailnya minim dan sebagian besar masih bersifat spekulatif, kedua brand diyakini bakal mendapat banyak keuntungan dari kolaborasi tersebut. Jika meraih kesuksesan, kerja sama Bajaj-Triumph ini dapat terus naik ke level lebih tinggi pada tahun-tahun mendatang. Dan diperkirakan dapat memproduksi sepeda motor hingga 750 cc untuk pasar India. Sesuai perjanjian, kuda besi anyar haruslah bertitel Triumph namun dengan mesin Bajaj. (Bgx/Odi)

Sumber: Visordown, Bikes republic

Baca Juga: Triumph Rocket 3 Recall Akibat Masalah Rem

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Federal Oil Ungkap Peredaran Pelumas Tidak Sesuai Spesifikasi di Jambi, Konsumen Diimbau Lebih Waspada
    Federal Oil Ungkap Peredaran Pelumas Tidak Sesuai Spesifikasi di Jambi, Konsumen Diimbau Lebih Waspada
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Yamaha Tampilkan Tricera dan Buddy Porter Concept Hidrogen di JMS 2025
    Yamaha Tampilkan Tricera dan Buddy Porter Concept Hidrogen di JMS 2025
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Suzuki Bawa Kembali Burgman Hydrogen ke JMS 2025, Siap Tunjukkan Teknologi Hidrogen Terbaru
    Suzuki Bawa Kembali Burgman Hydrogen ke JMS 2025, Siap Tunjukkan Teknologi Hidrogen Terbaru
    Zenuar Yoga . 17 Okt, 2025
  • Federal Oil Kembali Raih Penghargaan Bergengsi, Wujud Konsistensi dan Kepercayaan Konsumen Nasional
    Federal Oil Kembali Raih Penghargaan Bergengsi, Wujud Konsistensi dan Kepercayaan Konsumen Nasional
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • Ducati Scrambler Nightshift Hadir dengan Warna Emerald Green
    Ducati Scrambler Nightshift Hadir dengan Warna Emerald Green
    Zenuar Yoga . 15 Okt, 2025
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Ducati Panigale V4 R 2026: Teknologi MotoGP dalam Balutan Motor Jalan Raya
    Ducati Panigale V4 R 2026: Teknologi MotoGP dalam Balutan Motor Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Yamaha XMax, Sembilan Tahun Menjadi Ikon Skutik Premium di Indonesia
    Yamaha XMax, Sembilan Tahun Menjadi Ikon Skutik Premium di Indonesia
    Zenuar Yoga . 19 Sep, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025