Quadro Qooder: Skutik Empat Roda Pertama di Dunia Tertangkap Kamera di Jaksel
JAKARTA, 10 Oktober 2019 - Ada banyak skutik roda tiga di dunia, perkembangannya juga pesat di Eropa. Namun, ibarat trend, kini skutik roda empat mulai menancapkan pengaruhnya. Quadro, perusahaan asal Swiss menjadi yang pertama di dunia merilis skuter matik roda empat bernama Qooder. Dibekali empat roda, skutik ini mirip dengan ATV, namun memiliki mekanisme kemudi yang sama dengan skuter matik roda tiga lainnya (Piaggio MP3 dll).
Menariknya, Quadro Qooder tertangkap kamera, dan menurut sumber kami, skutik itu sedang diuji di wilayah Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Jika benar, artinya ada pihak yang segera memasukkan skutik roda empat ini ke Indonesia. Siapa yang akan memasukkannya ke Indonesia? Saat ini semua informasi masih temaram, namun rumorsnya skutik empat roda itu telah lulus uji tipe. Inilah yang kemudian Quadro Qooder menarik untuk dibahas.
Kita mulai dari segi desain. Skuter Qooder merupakan gagasan Lucio Marabese, perancang Yamaha Tesseract dan Piaggio MP3. Dengan desain seperti lebah, Qooder menyerupai jet ski yang dibuat untuk jalan raya. Bodinya yang kokoh dan kursi yang besar direkayasa untuk perjalanan jauh.
Sumber: Istimewa
Lalu, siapa yang membutuhkan skuter dengan empat roda? Tentu jawabannya bisa bermacam-macam, namun salah satunya adalah mereka yang menginginkan pengalaman berkendara berbeda melalui grip melimpah dari sebuah skutik. Sudah menjadi rahasia umum, empat roda tentu menyajikan grip dua kali lebih banyak.
Mengamplifikasinya, Qooder dirancang memiliki sistem kemiringan hidrolik (HTS) internal yang memungkinkan keempat roda memberikan derajat kemiringan yang sama secara bersamaan pul. Sistem ini membuat setiap roda menyajikan grip kuat ketika menikung, hingga saat melahap gundukan. Motor ini juga dapat miring ke samping hingga 45 derajat jadi sebenarnya cukup mampu diajak menikung.
Selain itu, platform datar dan frame step-through yang diusung Qooder memudahkan pengendara untuk menaikinya termasuk kaum hawa. Skutik ini juga memiliki loker yang berguna di bagian belakang untuk helm Anda. Qooder hadir dalam beberapa pilihan warna yakni Glossy Snow white, Glossy Swiss red, Matte Ceresio blue, Matte Titanium grey, and Matte Raw black.
Di sektor mesin, Quadro Qooder berkonfigurasi satu silinder, empat langkah, empat katup, berkapasitas 399 cc, berpendingin cairan. Tenaganya mencapai 32,5 hp pada 7.000 rpm, dengan torsi 38,5 Nm pada 5.000 rpm. Transmisinya CVT, dengan kopling Automatic dry centrifugal.
Quadro meniagakan tiga varian Qooder di Eropa, yakni Qooder, kedua EQooder (mesin listrik) dan XQooder (4x4) untuk medan offroad. Akankah ketiga motor itu masuk ke Indonesia? Menarik menunggu kabar selanjutnya.
REZA ERLANGGA
Spesifikasi Quadro Qooder
Tinggi: 1.360 mm/53,54" (1.600 mm/62,99" termasuk windshield)
Panjang: 2.200 mm/86,61" (2.350 mm/92,51" termasuk top case)
Tinggi total: 840 mm / 33,07"
Tinggi jok: 780 mm / 30,70"
Sumbu roda: 1.580 mm / 62,20"
Front track: 550 mm / 21,65"
Rear track: 450 mm / 17,71"
Steering angle: 35°
Kerb weight (full tank) 281 Kg / 619,49 Lbs
Rangka: Frame Steel tubes
Suspensi depan: HTS Hydraulic Tilting System™ (hydro-pneumatic system)
Suspensi belakang: Suspension HTS Hydraulic Tilting System™ (hydro-pneumatic system)
Sistem pengereman: Tuas dan pedal. Tuas kiri dan pedal: rem all-wheels, tuas kanan: rem depan
Rem depan: Cakram ganda 240 mm dengan hydraulic calipers
Rem belakang: Cakram ganda 240 mm dengan hydraulic calipers
Kapasitas tangki: 14 liter
Ban depan: 110/80 - 14 M/C 53P
Ban belakang: 110/80 - 14 M/C 53P
Velg depan: 2,75 x 14"
Velg belakang: 2,75 x 14"
Mesin: Satu silinder, 4 tak, 4 katup
Kapasitas: 399cc
Diameter x Langkah: 84x72mm / 3,30x2,83"
Pendingin cairan
Tenaga puncak: 32,5 hp @ 7000 rpm
Torsi maksimum: 38,5 Nm @ 5000 rpm
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test