Quadro Qooder: Skutik Empat Roda Pertama di Dunia Tertangkap Kamera di Jaksel

JAKARTA, 10 Oktober 2019 - Ada banyak skutik roda tiga di dunia, perkembangannya juga pesat di Eropa. Namun, ibarat trend, kini skutik roda empat mulai menancapkan pengaruhnya. Quadro, perusahaan asal Swiss menjadi yang pertama di dunia merilis skuter matik roda empat bernama Qooder. Dibekali empat roda, skutik ini mirip dengan ATV, namun memiliki mekanisme kemudi yang sama dengan skuter matik roda tiga lainnya (Piaggio MP3 dll). Menariknya, Quadro Qooder tertangkap kamera, dan menurut sumber kami, skutik itu sedang diuji di wilayah Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Jika benar, artinya ada pihak yang segera memasukkan skutik roda empat ini ke Indonesia. Siapa yang akan memasukkannya ke Indonesia? Saat ini semua informasi masih temaram, namun rumorsnya skutik empat roda itu telah lulus uji tipe. Inilah yang kemudian Quadro Qooder menarik untuk dibahas. Kita mulai dari segi desain. Skuter Qooder merupakan gagasan Lucio Marabese, perancang Yamaha Tesseract dan Piaggio MP3. Dengan desain seperti lebah, Qooder menyerupai jet ski yang dibuat untuk jalan raya. Bodinya yang kokoh dan kursi yang besar direkayasa untuk perjalanan jauh.
Sumber: Istimewa
Lalu, siapa yang membutuhkan skuter dengan empat roda? Tentu jawabannya bisa bermacam-macam, namun salah satunya adalah mereka yang menginginkan pengalaman berkendara berbeda melalui grip melimpah dari sebuah skutik. Sudah menjadi rahasia umum, empat roda tentu menyajikan grip dua kali lebih banyak. Mengamplifikasinya, Qooder dirancang memiliki sistem kemiringan hidrolik (HTS) internal yang memungkinkan keempat roda memberikan derajat kemiringan yang sama secara bersamaan pul. Sistem ini membuat setiap roda menyajikan grip kuat ketika menikung, hingga saat melahap gundukan. Motor ini juga dapat miring ke samping hingga 45 derajat jadi sebenarnya cukup mampu diajak menikung. Selain itu, platform datar dan frame step-through yang diusung Qooder memudahkan pengendara untuk menaikinya termasuk kaum hawa. Skutik ini juga memiliki loker yang berguna di bagian belakang untuk helm Anda. Qooder hadir dalam beberapa pilihan warna yakni Glossy Snow white, Glossy Swiss red, Matte Ceresio blue, Matte Titanium grey, and Matte Raw black. Di sektor mesin, Quadro Qooder berkonfigurasi satu silinder, empat langkah, empat katup, berkapasitas 399 cc, berpendingin cairan. Tenaganya mencapai 32,5 hp pada 7.000 rpm, dengan torsi 38,5 Nm pada 5.000 rpm. Transmisinya CVT, dengan kopling Automatic dry centrifugal. Quadro meniagakan tiga varian Qooder di Eropa, yakni Qooder, kedua EQooder (mesin listrik) dan XQooder (4x4) untuk medan offroad. Akankah ketiga motor itu masuk ke Indonesia? Menarik menunggu kabar selanjutnya. REZA ERLANGGA Spesifikasi Quadro Qooder Tinggi: 1.360 mm/53,54" (1.600 mm/62,99" termasuk windshield) Panjang: 2.200 mm/86,61" (2.350 mm/92,51" termasuk top case) Tinggi total: 840 mm / 33,07" Tinggi jok: 780 mm / 30,70" Sumbu roda: 1.580 mm / 62,20" Front track: 550 mm / 21,65" Rear track: 450 mm / 17,71" Steering angle: 35° Kerb weight (full tank) 281 Kg / 619,49 Lbs Rangka: Frame Steel tubes Suspensi depan: HTS Hydraulic Tilting System™ (hydro-pneumatic system) Suspensi belakang: Suspension HTS Hydraulic Tilting System™ (hydro-pneumatic system) Sistem pengereman: Tuas dan pedal. Tuas kiri dan pedal: rem all-wheels, tuas kanan: rem depan Rem depan: Cakram ganda 240 mm dengan hydraulic calipers Rem belakang: Cakram ganda 240 mm dengan hydraulic calipers Kapasitas tangki: 14 liter Ban depan: 110/80 - 14 M/C 53P Ban belakang: 110/80 - 14 M/C 53P Velg depan: 2,75 x 14" Velg belakang: 2,75 x 14" Mesin: Satu silinder, 4 tak, 4 katup Kapasitas: 399cc Diameter x Langkah: 84x72mm / 3,30x2,83" Pendingin cairan Tenaga puncak: 32,5 hp @ 7000 rpm Torsi maksimum: 38,5 Nm @ 5000 rpm [gallery link="file" size="medium" td_select_gallery_slide="slide" ids="39218,39217,39209,39207,39208">

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Stok Suzuki Satria F150 di Diler Kosong, Model Baru Mau Meluncur?
    Stok Suzuki Satria F150 di Diler Kosong, Model Baru Mau Meluncur?
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Sepuluh Ribu Biker Ramaikan Satu Dekade Maxi Yamaha di 14 Kota Indonesia
    Sepuluh Ribu Biker Ramaikan Satu Dekade Maxi Yamaha di 14 Kota Indonesia
    Zenuar Yoga . 17 Sep, 2025
  • Daftar Aksesori Resmi New Honda ADV160 dan Harga Lengkapnya
    Daftar Aksesori Resmi New Honda ADV160 dan Harga Lengkapnya
    Zenuar Yoga . 17 Sep, 2025
  • Vespa Rilis Warna Baru untuk Primavera dan Sprint, Makin Trendy di Jalanan Kota
    Vespa Rilis Warna Baru untuk Primavera dan Sprint, Makin Trendy di Jalanan Kota
    Zenuar Yoga . 17 Sep, 2025
  • Ini Alasan Diler Sepeda Motor Indo SunMotor Gemilang Suzuki Bisa Bertahan
    Ini Alasan Diler Sepeda Motor Indo SunMotor Gemilang Suzuki Bisa Bertahan
    Anjar Leksana . 17 Sep, 2025
  • Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Zenuar Yoga . 10 Sep, 2025
  • New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    Zenuar Yoga . 21 Agu, 2025
  • Profil QJMotor SRK 800 RR, Sportbike 4-Silinder Seharga Rp249,9 Juta
    Profil QJMotor SRK 800 RR, Sportbike 4-Silinder Seharga Rp249,9 Juta
    Anjar Leksana . 21 Agu, 2025
  • Duel Cruiser Modern dengan Cita Rasa Klasik: Honda Rebel 500 vs Royal Enfield Super Meteor 650, Pilih Mana?
    Duel Cruiser Modern dengan Cita Rasa Klasik: Honda Rebel 500 vs Royal Enfield Super Meteor 650, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 11 Agu, 2025
  • Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025