REVIEW: Suzuki GSX-R150 ABS, Lengkap Speknya Murah Harganya

REVIEW: Suzuki GSX-R150 ABS, Lengkap Speknya Murah Harganya
JAKARTA, Motovaganza.com -- Suzuki GSX-R150 ABS menjadi varian tertinggi dari keluar GSX-R. Entah kenapa ia seolah kalah pamordibandingkan opsi standar ataupun tipe keyless. Salah satu penyebabnya, tentu saja lantaran harga jualnya yang paling mahal. Padahal jika dilihat, banderol tersebut berselisih jauh dibanding kompetitor. Coba kita bandingkan dengan harga jual Honda CBR150R ABS. PT Astra Honda Motor (AHM) sudah menjualnya mulai dari Rp 39,3 juta. Belum lagi jika Anda dihadapkan dengan pilihan lain macam Racing Red atau edisi MotoGP, sudah tembus Rp 40 juta. Sementara GSX-R150 ABS hanya dipatok Rp 34,6 juta. Mengenai kelengkapan, kedua brand sudah mengaplikasi pengereman Antilock Braking System itu di kedua roda. Namun, pembeli CBR150 harus merogoh kantong lebih dalam jika ingin mendapatkan varian tertinggi seperti edisi MotoGP. Sementara pada GSX-R150 ABS, versi itu (livery MotoGP Suzuki Ecstar) hadir tanpa selisih harga. Sedikit kelebihan CBR150R, hanya ketambahan fitur ESS (emergency stop signal) saja. Pun bila menyandingkannya dengan Yamaha R15. Dari segi harga, kuda besi garpu tala dibanderol lebih mahal, Rp 36,080 juta. Itupun tanpa keberadaan ABS seperti motor buatan Suzuki Indonesia. Meski begitu, nominalnya masih terbilang wajar lantaran R15 punya fitur Assist & Slipper Clutch (ASC). Dan jangan lupa, kubikasi mesinnya paling besar dari GSX-R150. Baca juga: Menghitung Peluang Suzuki Saluto Diproduksi di Indonesia

Sistem Pengaman

Satu yang perlu diingat, baik R15 maupun CBR150R masih memakai sistem kunci berpengaman magnet. Berbeda dengan GSX-R150 tipe termahal, pengoperasian kontaknya justru sudah keyless. Dan dengan banderol yang lebih bersahabat tadi, pembelinya sudah mendapati tampilan panel meter full digital. Cukup atraktif lewat dominasi penyajian informasi kecepatan, transmisi dan putaran mesin. Ya, penawaran mirip-mirip yang juga diberikan oleh kedua rival. Nilai tambah dari GSX-R150 pun tak lepas dari sektor handling. Dimensi 2.020 x 700 x 1.075 mm (PxLxT), kompak untuk ukuran motor sport. Kelebihan lain dari motor ini adalah jok paling rendah, yaitu 785 mm. Aura racingnya pun tertuang dari posisi setang yang lebih pendek. Buat beberapa orang, mungkin agak mengganggu karena riding position-nya kepalang nungging. Tapi, dengan bobot 131 kg, mestinya menjadi toleransi karena ia tak seberat CBR150R (135 kg) maupun R15 (137 kg). Baca juga: Terinspirasi Kilat, Ini Pemenang Suzuki GSX Series Digital Modifikasi

Spesifikasi Mekanik

Apalagi dengan spesifikasi jantung mekanik. Suzuki GSX-R150 berbekal mesin DOHC satu silinder dengan kapasitas 150 cc. Performa yang dikeluarkan meliputi daya sebesar 18,9 Hp/10.500 rpm dan torsi maksimal 14 Nm/9.000 rpm. Dia pula satu-satunya motor yang punya karakter sport tulen. Terlihat dari racikan mesin overbore (bore stroke: 62 x 48,8 mm). Dengan begitu, GSX-R150 dapat mengail daya di putaran mesin lebih tinggi. Berkat ramuan itu pula catatan tenaganya terpaut sedikit saja dari Yamaha R15 (19 Hp/10.000 rpm), yang notabene punya mesin lebih besar. Kemampuannya juga lebih besar dari CBR150R (16,8 Hp di 9.000 rpm). Namun kelemahan mesin overbore milik GSX-R150, juga mesti mendapat torsi maksimal di rpm tinggi. Berbeda dengan dua pesaing yang sengaja diracik overstroke. torehan momen puntir CBR150R dan R15 dicapai pada putaran mesin lebih rendah dari GSX-R150. Pilihan tentu kembali kepada Anda. Plus-minus GSX-R150 bisa dilihat dari rancang bangun yang dibawa. Mulai dari desain hingga fitur. Tapi lewat perangkat ABS yang ditawarkan dengan harga tak lebih dari Rp 35 juta, jelas menarik bukan? Baca Juga: Mengenal Suzuki GSX-R150 ABS, Varian Tertinggi juga Termurah di Kelasnya ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Clan of Classy, Jurus Yamaha Pererat Konsumen Fazzio Hybrid
    Clan of Classy, Jurus Yamaha Pererat Konsumen Fazzio Hybrid
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • MotoGP Umumkan Regulasi Terbaru, Mesin Turun ke 850 cc Mulai 2027
    MotoGP Umumkan Regulasi Terbaru, Mesin Turun ke 850 cc Mulai 2027
    Zenuar Yoga . 07 Mei, 2024
  • Tes Pasar Motor Listrik Yamaha E01 Sudah 1 Tahun Lebih, Kapan Dijual?
    Tes Pasar Motor Listrik Yamaha E01 Sudah 1 Tahun Lebih, Kapan Dijual?
    Bangkit Jaya Putra . 07 Mei, 2024
  • Ducati Luncurkan Dua Moge Baru di Candi Prambanan
    Ducati Luncurkan Dua Moge Baru di Candi Prambanan
    Zenuar Yoga . 07 Mei, 2024
  • Honda Luncurkan Motor Bebek Spesies Aneh, Masih Saudara dengan Revo
    Honda Luncurkan Motor Bebek Spesies Aneh, Masih Saudara dengan Revo
    Anjar Leksana . 06 Mei, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2024
  • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
  • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023